Apa Itu Aliexpress

Apa Itu Aliexpress dan Apa Saja Kelebihannya?

Apa itu Aliexpress? Pertanyaan ini biasanya muncul dari orang-orang yang belum pernah menggunakannya. Sebagai informasi, Aliexpress adalah salah satu tempat jual-beli online terbesar di seluruh dunia. Di sini, jutaan pedagang dan pembeli melakukan transaksi setiap hari. Lantas, seperti apa sih melakukan jual-beli online di sini?

Mengenal Apa Itu Aliexpress

Kalau Anda masih bertanya-tanya tentang apa itu Aliexpress, sebenarnya situs ini adalah bagian dari Alibaba.com. Aliexpress hanya difungsikan sebagai penyedia situs dan sistem jual-beli online. Di sini, Anda tidak akan menemukan barang yang dijual oleh Aliexpress sendiri. Semua barang yang dijual disediakan oleh pelapak. Pengiriman barang juga dilakukan oleh para pelapak sendiri.

Khusus untuk cara pembayaran, ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan di Aliexpress. Sebagai contoh, pembeli tetap membayarnya ke sistem Aliexpress terlebih dahulu. Setelah itu sistem Aliexpress akan memberitahukan penjual. Penjual pun akan mengirimkan barangnya. Setelah pembeli mendapatkan barang tersebut, barulah penjual mendapatkan uang pembayaran. Jika pembeli belum mendapatkannya atau barang tidak sesuai, bisa melakukan komplain ke sistem Aliexpress.

Satu hal yang pasti, Aliexpress memberikan garansi berupa pengembalian uang penuh. Garansi ini bisa didapatkan jika pembeli tidak mendapatkan barang sesuai atau barang rusak.

Menariknya, pembayaran di Aliexpress sangatlah bervariasi. Anda bisa memakai kartu kredit atau kartu debit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transfer bank atau memakai Western Union. Hanya, Anda juga bisa memakai dompet digital seperti Do-Ku atau milik Aliexpress sendiri, Alipay. Sayangnya, hingga saat ini Aliexpress belum menyediakan layanan bagi pengguna Paypal.

Sementara itu, khusus untuk pengiriman barang, ada banyak sekali variasi yang dipilih. Sebagai contoh, Anda bisa memakai Fedex DHL, EMS, atau bahkan jaringan pos antar negara. Biaya pengiriman juga bervariasi dari gratis hingga berbayar sesuai dengan jarak lokasi pengiriman.

Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja di Aliexpress

Terdapat beberapa kelebihan berbelanja di Aliexpres, berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Anda bisa membeli dalam jumlah banyak tanpa adanya batasan. Jika Anda ingin menjadi reseller, tentu hal ini sangat cocok. Apalagi barang-barang ini biasanya harganya murah sehingga bisa dijual kembali dengan harga lebih mahal.
  • Anda juga bisa menghubungi langsung kontak dari penjual. Hal ini tentu akan memudahkan Anda jika ingin bertanya, melakukan komplain, atau menjalin bisnis.
  • Ternyata, Anda bisa membatalkan pesanan jika memang ada beberapa hal yang kebali dipertimbangkan. Hanya, hal ini baru bisa dilakukan sebelum mengonfirmasikan pembayaran.

Kekurangan berbelanja di Aliexpress adalah sebagai berikut.

  • Harga bisa saja naik turun karena kurs yang digunakan adalah Dollar. Padahal, nilai tukar Rupiah dengan Dollar cukup fluktuatif.
  • Pengiriman barang bisa saja mencapai 1 bulan atau lebih karena jarak yang cukup jauh.
  • Transaksi pembayaran bisa cukup rumit karena tidak melayani pembayaran bank lokal Indonesia. Pemakaian kartu kredit juga memiliki risiko tersendiri.
  • Meski dalam beberapa kasus gratis ongkir, bisa jadi biaya pengiriman cukup mahal. Hal ini biasanya terjadi saat barang masuk ke Indonesia. Bahkan, ada pembeli yang mengaku harga barangnya lebih murah dari biaya pengiriman.

Jangan mudah percaya dengan penipuan yang mengatasnamakan Aliexpress, ya? Jika mereka meminta mengirimkan uang ke nomor rekening tertentu agar barang bisa dikirim, cek dulu di sini. Hal ini demi memastikan nomor rekening tujuan bukan dimiliki oleh penipu.

Apakah Anda sudah pernah berbelanja di Aliexpress? Bagi pengalamannya di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Belanja di Aliexpress.