Apa Itu Tokopedia?

Apa Itu Tokopedia, Manfaat, dan Cara Membuat Akunnya?

Apa itu Tokopedia? Bagi sebagian orang, pertanyaan ini wajar muncul. Apalagi jika mereka belum pernah melakukan belanja online sebelumnya. Namun, bagi yang sudah terbiasa melakukan belanja atau berjualan online, Tokopedia sering dijadikan pilihan. Lantas, sebenarnya apa sih kelebihan dari marketplace ini?

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Tokopedia

Tokopedia adalah platform yang disediakan bagi penjual dan pembeli sekaligus untuk melakukan transaksi jual beli. Tokopedia juga menyediakan fasilitas pembayaran. Nah, soal produk, Tokopedia menyediakan beragam produk dari fesyen, kecantikan, kuliner, dan lain-lain. Anda bisa menjual atau membeli produk apapun asalkan memang sesuai dengan ketentuan.

Tokopedia sudah berdiri sejak 17 Agustus 2009. Pendirinya adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Kini, Tokopedia tak hanya menyediakan layanan jual beli. Anda juga bisa membeli tiket kereta api, membayar tagihan PDAM, kartu kredit, pulsa, BPJS, Telkom, dan lain-lain.

Bahkan, Tokopedia juga kini juga dilengkapi dengan OVO sebagai salah satu fitur pembayarannya. Sangat memudahkan untuk transaksi di dunia digital, ya?

Berbagai Manfaat yang Bisa Didapatkan di Tokopedia

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika Anda bertransaksi di Tokopedia. Berikut adalah berbagai manfaat-manfaat tersebut.

  • Aplikasinya cenderung ringan dan mudah untuk digunakan. Khususnya jika Anda ingin membukanya lewat ponsel. Anda bahkan bisa mengunduhnya secara gratis. Saat Anda sudah mengetik barang dan mencarinya, waktu loading­-nya biasanya cukup singkat. Pilihan yang disediakan pun sangat banyak.
  • Pilihan yang disediakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti harga, lokasi, hingga fitur harga grosir. Prakiraan harga total yang harus dibayar juga cukup jelas.
  • Tokopedia menyediakan pre-order untuk barang-barang dari luar negeri. Meski begitu, Anda akan membutuhkan waktu lama.
  • Disediakan fitur kode OTP untuk keamanan transfer. Penipuan pun bisa dicegah. Proses transfer dana juga cendeurng cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.
  • Terdapat fitur blog yang berisi informasi dan tips bermanfaat yang terkait dengan aktivitas yang bisa dilakukan di Tokopedia.

Cara Mendaftar Akun di Tokopedia

Terdapat dua cara untuk mendaftar akun di Tokopedia. Yakni dengan nomor telepon dan lewat e-mail. Berikut adalah keterangannya.

Mendaftar dengan Telepon

  • Pastikan sudah mengunduh aplikasi Tokopedia. Saat sudah terinstal, Anda tinggal memilih opsi daftar dan meneruskan apa yang diperintahkan seperti memasukkan nomor ponsel. Setelahnya, Anda akan masuk ke halaman verifikasi.
  • Jika kode verifikasi sudah masuk lewat SMS atau panggilan, maka proses pendaftaran telah berhasil. Akun Tokopedia pun sudah jadi. Anda tinggal melengkapi profil akun tersebut.

Mendaftar dengan E-mail

Kalau Anda mendaftar lewat e-mail, tak perlu mengunduh aplikasinya. Cukup dengan membuka situs Tokopedia, Anda tinggal masuk ke bagian kanan atas dan mendaftarkannya dengan akun Google. Maka Akun pun tinggal dilengkapi saja profilnya.

Menariknya, Anda juga bisa melakukan hal yang sama secara Mobile. Caranya pun sama. Anda tinggal menghubungkan ikon Tokopedia dengan akun Google Anda.

Waspada Penipuan!

Selain memahami cara kerja Tokopedia, Anda juga harus mengerti cara untuk menghindari penipuan. Khususnya jika Anda harus mentransfer uang secara daring. Caranya mudah kok. Anda tinggal mengecek nomor rekening/nomor telepon penerima di sini. Anda pun bisa memastikan apakah rekening tujuan berpotensi milik penipu atau bukan.

Apakah Anda pernah melakukan pengalaman menggunakan Tokopedia baik itu secara aplikasi atau di situsnya? Berikan pendapatmu tentang kelebihan dan kekurangan platform ini di kolom komentar, ya?

Baca juga: Ciri Penjual yang Berpotensi Melakukan Penipuan.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124