Aplikasi Investasi Emas Online

Aplikasi Jual Beli/Investasi Emas Online Terpercaya!

Halo pengguna kredibel, pernah investasi emas? pernah melakukannya secara digital/online? Kalau belum, kita akan bahas mengenai aplikasi terpercaya untuk investasi/jual beli emas online.

Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk mulai belajar investasi emas. Salah satunya jual beli emas melalui aplikasi secara online.

Pada Februari 2018 lalu, Kontan.co.id meriset tentang investasi apa yang disukai oleh orang Indonesia. Hasilnya adalah investasi emas masih menjadi primadona di Indonesia ketimbang deposito, properti, reksadana atau saham. Hal itulah yang membuat banyak orang yang lebih memilih untuk mengalokasikan kekayaannya dengan investasi emas.

Aplikasi Jual Beli/Investasi Emas Online

Berikut aplikasi jual beli emas online terpercaya, Anda bisa mulai dengan aplikasi ini.

1. Tokopedia Emas

Salah satu aplikasi investasi emas terbaik adalah Tokopedia. Salah satu fitur Tokopedia ini menawarkan harga emas yang lebih murah.

Anda bisa mulai berinvestasi dari Rp500. Kemudian, Anda akan diberikan ID Pengguna dan nomor rekening emas. Tokopedia emas bekerjasama dengan Pegadaian untuk emas-emas yang dijual. Selain itu, Anda bisa membeli, menabung dan menjual emas sekaligus emas yang ditawarkan adalah emas 24 karat.

Dalam Tokopedia Emas terdapat 2 level Gold. Diantaranya, Gold Prime dan Gold Prestige. 2 level ini memiliki keuntungan yang berbeda-beda.

Kelebihan Tokopedia Emas:

  • Harga lebih murah dibanding aplikasi lain,
  • Satu aplikasi dengan banyak fungsi,
  • Bisa top up saldo emas dari berbagai pilihan ATM.

Kekurangan Tokopedia Emas:

  • Tidak melayani pencetakan emas menjadi batangan.

2. Orori

aplikasi jual beli emas
Source: 99.co

Nah Orori ini agak berbeda temen-temen, Orori dikenal sebagai salah satu platform yang menjual perhiasan secara online. Mulai dari perhiasan biasa hingga paket pernikahan.

Saat ini, Orori bekerjasama dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) untuk melakukan penjualan emas Antam secara online. Bisa dibilang Orori ini reseller emas Antam pertama dari sektor swasta di Indonesia.

Tak hanya itu, Orori bermitra dengan Tokopedia untuk menghadirkan fitur Tokopedia Emas di platform marketplace mereka. Anda bisa melakukan transaksi jual beli emas Antam lewat situs resminya langsung atau melalui aplikasi Orori yang ada di Google Play Store.

Selain itu, Orori juga memasarkannya melalui beberapa platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.com.

Kelebihan Aplikasi Jual Beli Orori:

  • Bentuk fisik emas Antam dapat dimiliki.

Kekurangan Aplikasi Jual Beli Orori:

  • Terdapat biaya tambahan seperti biaya pengiriman, asuransi dan penerbitan sertifikat.

3. Pegadaian Digital Service

Pegadaian (Persero) menjadi salah satu tempat jual beli emas yang sudah terpercaya sejak lama. Karna perkembangan zaman yang semakin melek teknologi ini, Pegadaian mulai berinovasi dengan menghadirkan aplikasi jual beli emas online.

Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak April tahun 2018. Tujuannya agar mempermudah pengguna untuk melakukan investasi emas secara online. Pegadaian Digital Service menawarkan program tabungan emas. Syarat yang diaturpun sangat mudah.

aplikasi jual beli emas
Source: 99.co

Pegadaian termasuk dalam kategori jual beli mas online terpercaya karena mempunyai sistem transaksi serta membuka rekening tabungan emas. Sistemnya mirip dengan tabungan uang biasa namun ini dalam bentuk emas. Jadi saldo Anda yang tercantum dalam sejumlah gram emas.

Anda bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram, yang saat ini dihargai sekitar Rp 80 ribu. Data-data penting yang harus Anda persiapkan seperti, KTP, SIM, atau Paspor dan mengisi formulir pembukaan rekening. Aplikasi ini sudah dapat kamu unggah melalui Google Play Store dan App Store.

Kelebihan Pegadaian Digital Service:

  • Registrasi mudah,
  • Aman dijamin pemerintah,
  • Bisa dicairkan kapan saja, minimal 1 gram.

Kekurangan Pegadaian Digital Service:

  • Jika ingin mencetak emas batangan akan dikenakan biaya khusus,
  • Emas batangan hanya bisa di cetak di pegadaian tertentu.

4. BukaEmas

Cara Investasi Emas di Bukalapak, Cek Syarat Menabung Emas di Bukalapak  Lewat Fitur BukaEmas - Tribun Lampung
Source: lampung.tribunnews.com

Apabila Anda sudah memiliki aplikasi Bukalapak, dengan menggunakan fitur BukaEmas Anda dapat berinvestasi emas. Melalui fitur ini Anda bisa membeli, menjual dan juga mencetak emas batangan mulai dari Rp 3 ribu.

Emas yang Anda investasikan akan disimpan dalam ANTAM dan bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

Bagaimana jika Anda ingin mencetak emas fisik milikmu?

Anda hanya perlu mengajukan pencetakan fisik emas yang nantinya akan dikirim ke alamat rumah Anda. Emas bisa ditarik jika sudah terakumulasi menjadi 1 gram. BukaEmas diluncurkan oleh BukaLapak di tahun 2017.

Kelebihan BukaEmas:

  • Transaksi bisa dilakukan mulai dari 0,0001 gram
  • Harga emas sangat terjangkau dibandingkan harga jual beli emas pada umunya
  • Bisa dicetak ke emas batangan
  • Murah dan mudah

Kekurangan BukaEmas:

  • Harus membayar biaya sertifikat
  • Ada biaya pengiriman termasuk biaya asuransi

5. Tamasia

aplikasi jual beli emas
Source: 99.co

Tamasia merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli emas batangan hasil produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) secara online dengan konsep syariah pertama di Indonesia.

Selain itu, Tamasia juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan menjadi reseller. Keamanannya tidak diragukan lagi temen-temen. Tamasia mulai beroperasi sejak bulan Oktober 2017.

Anda bisa mulai berinvestasi emas dari Rp 10 ribu. Caranya mudah, cukup daftar lewat aplikasi. Jika menginginkan emas batangan, Anda bisa mencetak saldo emas Anda jika sudah memiliki saldo minimal 1 gram. Emas batangan yang Anda dapat merupakan cetakan asli dari Antam.

Kelebihan Tamasia:

  • Menyediakan opsi cicilan mulai dari 3 – 24 bulan (pilihan berat emas mulai dari 1 – 100 gram, selama masa cicilan emas yang dibeli disimpan dan diasuransikan di Antam sebagai coporate partner Tamasia)
  • Memberikan peluang untuk menjadi reseller dengan profit sharing 50:50

Kekurangan Tamasia:

  • Minimal nominal beli emas lebih mahal dari aplikasi lain.

Waspada penipuan online!

Bertransaksi online memang tidak selalu aman. Masih banyak korban penipuan yang mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cek nomor rekening atau nomor HP tujuan di sini. Tujuannya untuk mengetahui apakah nomor terebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak.

Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Melaporkan Penipuan Online.