Kredibel.co.id Aplikasi untuk Meminimalisir Penipuan Online

Kredibel.co.id adalah sebuah situs yang dapat mengidentifikasi apakah suatu penjual online berpotensi melakukan penipuan atau tidak, berdasarkan keluhan dan laporan pengguna yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut. Misi kami adalah membangun ekosistem berbelanja online yang aman. Pada awalnya startup ini bernama Penipu.id sebelum berganti nama menjadi Kredibel.co.id.

Startup ini didirikan pada tahun 2016 oleh dua anak muda, yaitu Muhammad Ihsan dan Yudhistira Bayu Wryatsongko yang pada saat pendirian sama-sama masih berstatus sebagai siswa kelas 2 SMA. Startup ini dibangun atas permasalahan seringnya seseorang tertipu ketika berbelanja secara online.

“Kami sering melihat orang tertipu ketika berbelanja online, entah itu saudara maupun teman kami. Kami merasa kasihan terhadap mereka, karena tidak jarang kerugian yang dialami nilainya tidak kecil. Sebagai anak muda yang memiliki pengetahuan di bidang teknologi, kami pun mencari cara agar angka penipuan bisa diminimalisir sekecil mungkin. Dan akhirnya berdirilah Penipu.id yang sekarang ini bernama Kredibel.co.id” ujar Muhammad Ihsan, CEO dan Co-Founder Kredibel.co.id.

Muhammad Ihsan menambahkan, “Selama Kredibel.co.id berdiri, kami seringkali mendapatkan ucapan terima kasih, baik itu dari online shopper maupun penjual. Mereka berkata bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat bagi mereka. Dan mereka harap kami (kredibel.co.id) dapat mengembangkan terus aplikasinya. Dan itulah mengapa sampai saat ini kami masih tetap ada, dan memerangi penipuan-penipuan online di Indonesia”.

Layanan Kredibel untuk Cek Penipuan Online

Kredibel memiliki beberapa layanan yang dapat digunakan secara gratis. Seperti, Cek Rekening dan Kredibot, layanan yang dapat mengidentifikasi apakah suatu penjual online berpotensi melakukan penipuan atau tidak. Muhammad Ihsan mengatakan, “Bedanya Cek Rekening dan Kredibot itu jika Cek Rekening pengecekannya harus melalui situs kami di www.kredibel.co.id/search, sementara Kredibot itu chatbot line yang kami buat khusus untuk pengguna Line Messenger. Jadi dengan Kredibot, anda dapat mengecek apakah seorang penjual berpotensi melakukan penipuan atau tidak, semudah chatting dengan teman”. Kredibot dapat digunakan dengan cara men-add official account kredibot di @kredibot.

Hingga saat ini Kredibel.co.id telah melakukan blacklist terhadap 1654 penjual dari 5843 laporan yang masuk, dengan total kerugian yang tercatat sebesar 1,5 Milyar Rupiah.

Tahun ini Kredibel.co.id terpilih sebagai Leading Global Innovator in 2017 Disrupt 100. Kredibel.co.id terpilih sebagai top 100 startups with the potential to disrupt markets globally bersama 2 startup asal Indonesia lainnya. Yaitu Go-Jek pada urutan 51, Arsitag pada urutan 83, sementara Kredibel menduduki peringkat 93.

Baca Juga: Kredibel.co.id Named as a Leading Global Innovator in 2017 Disrupt 100

Post navigation

Kredibel Mengubah Alamat Domain ke Kredibel.com

Kredibel.co.id Named as a Leading Global Innovator in 2017 Disrupt 100