Bahaya Memberitahukan Nomor Rekening Kredibel

Bahaya Memberitahukan Nomor Rekening, Digunakan Sebagai Penipuan?

Di era digital saat ini penggunaan internet semakin meningkat, hampir seluruh aktivitas dilakukan mulai dari bekerja, belajar hingga berbelanja semua dapat dilakukan secara online. Namun, secara tidak sadar masyarakat banyak yang masih kurang memahami dengan adanya bahaya dari penipuan online melalui data dan informasi-informasi yang bersifat sensitif dan pribadi. 
Data pribadi dan informasi tersebut seperti password, nomor rekening, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, foto ktp, hingga kode OTP. Salah satu yang rentan terhadap penipuan online adalah bahaya jika memberitahukan nomor rekening kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bahaya Memberitahukan Nomor Rekening Kredibel Blog
Source Image: Pixabay

Apakah Bahaya Memberitahukan Nomor Rekening?

Sering tidak disadari, memberitahukan nomor rekening kepada oknum yang tidak bertanggung jawab dapat memicu adanya tindakan penipuan online. Di era digital seperti saat ini, keamanan data sangat penting karena hal ini sangat rentan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan tindak kejahatan. 

Tips Menghindari Rekening Agar Tidak Terjebak Penipuan Perbankan

Saat ini penipuan online melalui nomor rekening semakin beragam, meskipun pihak bank selalu meningkatkan keamanan untuk melindungi setiap nasabahnya, kita pun perlu sadar dan berhati-hati agar terhindar dari penipuan online. Berikut beberapa tips untuk menghindari rekening agar tidak terjebak penipuan. 

  1. Jangan memberitahu orang lain jika tujuan untuk transfer 

Jika ingin melakukan transfer, diusahakan untuk tidak memberitahukan kepada orang lain hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya tindak penipuan online. 

  1. Amankan segala Jenis informasi data ATM 
  • PIN ATM

Pin ATM adalah salah satu data yang harus dijaga untuk menghindari adanya penipuan online. Jangan pernah menggunakan PIN ATM dengan angka yang mudah ditebak contohnya seperti nomor yang berturut-turut dan juga tanggal lahir. 

  • Kode OTP

Hindari memberikan kode OTP kepada pihak yang tak dikenal, hal ini karena kode tersebut bersifat rahasia dan sangat rentan untuk terjebak pada modus penipuan online. 

  • Nomor Kartu ATM dan Nomor CVV kartu kredit 

Wajib untuk diketahui, nomor kartu ATM dan nomor CVV pada kartu kredit bersifat rahasia dan jangan pernah memberikan nomor tersebut kepada pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan dari pihak bank. Segera lapor kepada pihak bank bila adanya oknum yang mencurigakan mengatasnamakan bank. 

  1. Jangan upload selfie dengan data diri

Foto selfie dengan data diri khususnya KTP mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat, namun sebaiknya lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam mengupload foto selfie dengan data diri. Hal ini sangat rentan dengan adanya tindak penipuan online. Foto selfie dengan KTP dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab salah satunya untuk pembobolan akun rekening bank. 

Namun ada banyak cara yang harus kita ambil ketika mengalami penipuan dengan modus tersebut, salah satunya yaitu menutup rekening atau memblokir sementara rekening Anda. Tentunya bukanlah hal yang sebentar untuk mengurusnya jika mengalami kejadian tersebut.

Maka dari itu jangan pernah memberikan data pribadi kepada orang lain untuk menghindari adanya tindakan penipuan online. Anda dapat melaporkan tindak penipuan online dengan mengunjungi website Kredibel.co.id selain itu, anda dapat mengecek nomor telepon dan nomor rekening yang dianggap mencurigakan.

Baca Juga: Cara Menutup Rekening BNI