solusi belanja online aman

Belanja Online Aman dan Nyaman, Ini Salah Satu Solusinya

Tentu saja semua orang ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam belanja online. Belanja online aman artinya terhindar dari segala penipuan. Baik itu untuk penjual ataupun pembeli.

Nah, ada salah satu solusi untuk Anda agar terhindar dari kasus penipuan online, yaitu dengan menggunakan jasa rekening bersama/rekber.

Rekber mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering melakukan transaksi di internet. Layanan rekber ini sudah banyak membantu dalam menghindari penipuan jual beli online.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia jual beli online, tidak perlu khawatir jika sampai sekarang belum tahu istilah rekber.

Belanja Online Aman dengan Rekber

Rekber atau rekening bersama adalah sistem pembayaran dalam jual beli barang/jasa yang menggunakan fasilitas pihak ke tiga (penyedia jasa rekber) untuk membantu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Dalam menggunakan jasa penyedia rekber, Anda sebagai pengguna akan ditarik sejumlah fee atau biaya sesuai jumlah uang transaksi dan biasanya dijelaskan dalam aturan perjanjian penggunaan rekber tersebut.

Penyedia jasa rekber biasanya merupakan perusahaan yang dikelola perorangan atau pihak pemilik situs, maupun forum jual beli.

Apakah wajib menggunakan rekber? Tidak! tetapi dengan rekber ini peluang Anda tertipu saat belanja sangatlah kecil. Namun, Anda juga harus waspada dengan pihak penyedia rekber palsu.

Baca juga : Manfaat Rekening Bersama atau Rekber

Bagaimana cara kerja rekber?

cara kerja rekening bersama

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, berikut cara kerja rekber:

  1. Pembeli dan penjual menyepakati deskripsi barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim, siapa yang akan membayar biaya rekbernya, dan sebagainya, serta setuju untuk menggunakan jasa rekber dalam transaksi tersebut.
  2. Lalu pembeli mentransfer dana serta biaya rekber (jika ada dan jika kesepakatan yang bayar biaya rekber adalah pembeli) ke rekber.
  3. Setelah itu pembeli mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan dari pihak penyedia jasa tersebut.
  4. Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi ke penjual bahwa dana dari pembeli telah masuk ke rekber.
  5. Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual untuk segera memproses dan mengirimkan barangnya kepada pembeli.
  6. Pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah sampai tujuan dan sesuai dengan yang diinginkan/disepakati ke penyedia jasa rekber.
  7. Setelah menerima konfirmasi dari pembeli, penyedia jasa rekber mentransfer dana ke penjual yang telah dipotong biaya layanan rekber.

Bagaimana jika barang yang dikirimkan tidak sesuai?

Jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dan kondisinya tidak seperti yang dijanjikan, maka pembeli dapat mengkonfirmasi kepada penyedia jasa rekber, setelah itu dana akan ditahan di rekber.

Dana yang ditahan akan dikembalikan kepada pembeli, jika memang permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan dengan retur/tukar barang. Ini semua tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Rekening bersama atau rekber ini sangat bermanfaat bagi kita yang sering belanja online. Karena layanan rekber sangat ditakuti oleh para penipu. Bagaimana tidak, dana akan ditahan dan dikembalikan lagi ke pembeli jika barang tidak sesuai/tidak dikirimkan.

Secara garis besar berikut keuntungan menggunakan layanan rekber?

1. Bagi penjual :

  • Terhindar dari bukti transfer palsu
  • Toko Anda jadi lebih terpercaya
  • Tak perlu repot-repot mengecek transaksi masuk

2. Bagi pembeli :

  • Terhindar dari penipu
  • Mudah, aman, dan nyaman
  • Jaminan 100% uang kembali apabila barang tidak sampai

Bagi Anda yang belum menggunakan jasa rekber, tidak ada salahnya Anda mencoba demi keamanan dalam bertransaksi online.

Dan jangan lupa untuk selalu cek rekening penjual disini, untuk mengantisipasi penipuan. Anda bisa mengetahui apakah penjual pernah melakukan penipuan atau tidak. Jadi tetap waspada ya!

Semoga bermanfaat, jika Anda punya pengalaman menggunakan jasa rekber, jangan sungkan untuk berbagi cerita di kolom komentar, terimakasih..