Penipuan Bukalapak

Cegah Penipuan, Kini Bukalapak Sediakan Jalur Khusus Penyedia Alat Kesehatan

Pandemi corona yang melanda Indonesia memicu perubahan di Bukalapak. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya transaksi jual beli alat-alat kesehatan, baik itu berupa masker, multivitamin, hand sanitizer, hingga peralatan yang dibutuhkan oleh tenaga medis. Masalahnya, kasus penipuan alat-alat kesehatan juga semakin meningkat.

Banyak Kasus Penipuan Jual Beli Alat Kesehatan di Bukalapak

Kita tentu pernah mendengar pembeli yang mendapatkan satu kotak bungkus masker yang isinya adalah potongan kardus. Selain itu, ada yang mengeluhkan hand sanitizer yang dibeli ternyata palsu. Bahkan, ada yang mendapatkan masker yang sudah pernah dipakai orang lain. Masalahnya adalah terkadang yang membeli peralatan kesehatan ini adalah tenaga medis yang membutuhkan perlindungan agar tidak mudah tertular saat menangani pasien Covid-19.

Bukalapak Membuka Jalur Khusus Penyedia Alat Kesehatan

Menanggapi banyaknya kasus penipuan alat kesehatan, Bukalapak memutuskan untuk membuka jalur khusus bagi para supplier atau penyedia peralatan kesehatan layaknya masker, hand sanitizer, disinfektan, alat pelindung diri, alat pengukur suhu tubuh, dan lain-lain. Selain itu, bersama dengan Polri, Bukalapak juga memutuskan untuk menutup ribuan akun penipu alat kesehatan atau mereka yang menimbun alat kesehatan.

Keberadaan jalur khusus ini diharapkan juga bisa membuat harga peralatan kesehatan yang sebelumnya sempat melonjak dengan signifikan bisa kembali terjangkau. Bukalapak juga ingin menjaga ketersediaan peralatan kesehatan agar tidak sampai mengalami kelangkaan. Hal ini tentu bisa membantu menjamin kesehatan masyarakat atau para tenaga medis.

Sebagai informasi, semenjak pandemi corona mewabah di Indonesia, jumlah transaksi jual beli peralatan kesehatan di Bukalapak meningkat hingga ratusan persen. Hal ini disebabkan oleh semakin sadarnya masyarakat dalam hal menjaga kesehatan sekaligus meningkatnya kebutuhan peralatan pelindung bagi tenaga medis.

Selain membuka jalur khusus, Bukalapak juga telah memastikan diri melakukan kerjasama dengan penyedia alat kesehatan demi menjamin pasokan alat-alat tersebut dan memastikan bahwa peralatan tersebut bisa didistribusikan ke pihak-pihak yang benar-benar membutuhkn.

Bukalapak Bertekad Mengatasi Phising Demi Mencegah Penipuan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Bukalapak sudah menutup ribuan akun yang melakukan penipuan atau menimbun peralatan kesehatan. Bukalapak akan melakukan patrol dengan lebih selektif demi memastikan hal ini. Mereka bahkan melakukan kerjasama dengan Polri demi memastikan hal ini berjalan dengan baik.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin juga mengaku sedang menangani kashus phising dan pengiriman bodong yang kerap terjadi, khususnya saat permintaan tinggi peralatan kesehatan belakangan ini. Sebagai informasi, phising adalah pencurian data-data pribadi dari pelanggan yang tujuannya adalah peretasan yang bisa saja berujung pada pencurian tabungan atau barang-barang berharga lainnya.

Jika Anda ingin membeli peralatan kesehatan di Bukalapak namun khawatir menjadi korban penipuan, bisa mengecek nomor telepon atau nomor rekening yang diberikan pelapak disini terlebih dahulu untuk memastikan bahwa lapak yang kita beli memang bisa dipercaya.

Jika Anda memiliki pengalaman menjadi korban penipuan di Bukalapak atau marketplace lainnya, bisa berbagi cerita pengalaman Anda di kolom komentar, terimakasih.

Baca juga: Ciri-Ciri Penipuan Online.