Cara Belanja di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba, bisa Pakai Rupiah?

Cara belanja di Alibaba ternyata tidak sesulit yang kita kira, proses pembayaran dapat dilakukan secara cepat dan juga dipahami dengan mudah. Namun bagi Anda yang belum tahu apa itu Alibaba, Alibaba adalah salah satu e-commerce raksasa yang berpusat di China.

Alibaba Group juga memiliki AliExpress yang merupakan aplikasi jual beli secara online, sama halnya dengan Alibaba. Meskipun Alibaba telah memiliki customer dari seluruh dunia, ternyata masih banyak yang belum tahu mengenai Alibaba, sehingga masih banyak juga yang belum memahami cara berbelanja di Alibaba Indonesia. 

Sebelum itu, mari pahami terlebih dahulu mengenai perbedaan antara Alibaba dan AliExpress

Cara Berbelanja di Alibaba dengan Rupiah
Source Image: Pixabay

Perbedaan antara Alibaba dan AliExpress  

Penasaran mengenai perbedaan Alibaba dan AliExpress? Sebenarnya keduanya merupakan dari naungan yang sama, yaitu Alibaba Group. 

Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, salah satunya yaitu ​​Alibaba merupakan e-commerce yang melayani pembelian secara grosir atau dalam jumlah yang besar, sedangkan untuk AliExpress hanya memberi layanan retail/eceran langsung kepada customer atau dalam jumlah yang sedikit. 

Selain itu perbedaan lainnya adalah bila untuk transaksi pada website Alibaba, penjual dan pembeli harus saling berkomunikasi serta melakukan transaksi di luar sistem website Alibaba. 

Sementara untuk AliExpress, proses pembelian dan pembayarannya langsung dilakukan pada website AliExpress. 

Cara Belanja di Alibaba dengan rupiah, bagaimana caranya?

Di Indonesia Alibaba telah memiliki customer yang banyak, namun tak sedikit juga yang belum mengetahui dan memahami mengenai Alibaba, sehingga masih banyak juga yang belum memahami cara berbelanja di Alibaba Indonesia. Berikut simak cara belanja di Alibaba dengan rupiah: 

  1. Buat akun Alibaba

Cara belanja di Alibaba sudah pasti sebelumnya Anda harus membuat akun Alibaba terlebih dahulu, dengan cara :  

  • Pertama-tama, kunjungi halaman website alibaba.com.
  • Kemudian pilih menu ‘join free’ pada bagian atas di halaman utama.
  • Ketika muncul halaman untuk mengisi informasi data diri, silakan lengkapi data diri terlebih dahulu, setelah itu klik agree and register.
  • Selanjutnya masukkan ‘kode verifikasi’ pada kolom yang tersedia, dan jika sudah klik submit.
  • Akun Alibaba sudah dapat digunakan.
  1. Memilih Produk yang Diinginkan

Ketika belanja di Alibaba, untuk memilih produk yang diinginkan website Alibaba memberikan beberapa menu untuk mempermudah menggunakan website dan dalam memilih kategori produk yang diinginkan, yaitu menu Categories dan menu my market.

  1. Melakukan Order

Setelah mendapatkan produk yang diinginkan, segera lakukan pemesanan. 

  1. Memilih Metode Pengiriman Barang

Setelah melakukan pemesanan, Anda perlu melakukan pemilihan untuk metode pengiriman barang yang akan digunakan. 

  1. Melakukan Transaksi Pembayaran

Jika sudah melakukan semua step yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah berikutnya adalah melakukan transaksi untuk pembayaran. 

Kalau Anda ingin membayar dengan Rupiah, maka gunakan Western Union yang dapat dilayani di kantor POS Indonesia, Alfamart, Indomaret, dan Pegadaian. 

  1. Menunggu Pesanan Anda Datang

Setelah melakukan semua step diatas, Anda hanya perlu menunggu pesanan Anda datang.

Proses pengiriman akan memakan waktu hingga 1-2 minggu dikarenakan pengiriman barang dari luar negeri, sehingga mengharuskan untuk melewati proses pemeriksaan oleh Bea Cukai. 

Demikian selengkapnya langkah cara belanja di Alibaba menggunakan rupiah yang mudah dipahami. Anda harus tetap waspada akan penipuan online saat ini, Anda dapat melaporkan tindak penipuan online dengan mengunjungi website Kredibel.co.id selain itu, anda dapat mengecek nomor telepon dan nomor rekening yang dianggap mencurigakan untuk menghindari adanya tindak penipuan online.