Cara Belanja di Amazon

Cara Belanja di Amazon

Cara belanja di Amazon harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Hal ini penting demi memastikan bahwa Anda mendapatkan barang yang dibutuhkan. Lantas, seperti apa sih cara belanja di Amazon yang benar?

Beberapa Tahapan Cara Belanja di Amazon

Amazon kini telah menjadi tempat jual-beli online yang diminati masyarakat. Meski peminatnya tidak sebesar marketplace lokal, tetap saja banyak orang mengunjunginya. Hal ini disebabkan oleh penjual yang berasal dari berbagai negara. Anda pun bisa mendapatkan banyak sekali barang yang belum tentu bisa ditemukan di Indonesia.

Berikut adalah beberapa langkah cara belanja di Amazon yang bisa Anda terapkan.

1. Pastikan Telah Membuat Akun

Sebagaimana saat melakukan belanja di marketplace online lainnya, Anda harus membuka akun. Di Amazon, Anda juga harus memilikinya terlebih dahulu. Jika tidak, transaksi tentu tidak akan bisa dilakukan.

Saat membuat akun, pastikan untuk menyiapkan data diri terlebih dahulu. Data diri ini bisa berasal dari kartu identitas Anda. Pastikan data yang Anda isi sama dengan kartu identitas demi memudahkan Anda. Sebagai contoh, pengiriman barang bisa dilakukan dengan tepat. Komplain jika ada masalah juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Pembuatan akun biasanya juga membutuhkan e-mail atau nomor telepon demi kebutuhan verifikasi. Selain itu, pastikan bahwa Anda memakai password yang kuat agar tidak mudah ditebak orang lain.

2. Memilih Barang dengan Cermat

Berbelanja di Amazon sangat mudah dan cepat. Hal ini mirip sebagaimana saat Anda berbelanja online di marketplace lainnya seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Anda tinggal membuka situs resmi Amazon atau aplikasi di gawai. Khusus untuk aplikasi, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Anda tinggal mengetik nama barang yang Anda cari. Setelahnya, akan muncul banyak sekali pilihan. Anda pun tinggal memilih barang yang sekiranya Anda butuhkan atau cocok. Hanya, khusus untuk produk yang spesifik seperti elektronik, bacalah detail keterangan barang dengan cermat. Jika kurang teliti, bisa jadi barang yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

3. Memilih Metode Pembayaran

Setelah memutuskan untuk memilih barang yang ingin dibeli, Anda pun tinggal memilih metode pembayaran. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pakai. Sebagai contoh, Anda bisa memakai kartu kredit. Anda juga bisa memakai Amazon Store Card. Setiap negara memiliki pilihan pembayaran yang berbeda-beda. Pilihlah yang sekiranya paling sesuai dengan yang Anda bisa lakukan.

4. Memilih Metode Pengiriman

Setelah Anda memilih metode pembayaran, tinggal memilih metode pengiriman. Ada tiga pilihan yang akan Anda temukan. Yang pertama adalah Amazon Global Priority. Kemudian, Anda bisa memilih Standard International Shipping. Yang terakhir adalah Amazon Global Expedited Shipping.

Perbedaan dari ketiga jenis pengiriman barang ini adalah waktu pengiriman. Ada yang hanya beberapa hari, namun ada yang sampai 4 minggu. Semakin cepat pengiriman, semakin mahal biaya pengiriman.

5. Menunggu Pesanan Sampai di Tujuan

Setelah membayar dan memilih metode pengiriman, barang pun akan dikirimkan. Anda tinggal menunggu barang sampai. Hanya, sembari menunggu, Anda juga bisa melakukan pengecekan sampai mana barang telah dikirim. Jika barang berasal dari luar negeri, prosesnya lebih panjang karena melewati Bea dan Cukai.

Satu hal yang pasti, Anda tidak boleh sembarangan mengirim uang ke nomor rekening penjual dimanapun. Cek dulu nomor rekeningnya di sini untuk memastikannya bukan penipu. Anda pun akan lebih aman melakukan transaksi.

Kalau menurut Anda, mudah tidak bertransaksi di Amazon? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Baca juga: Tips Aman Belanja di Amazon.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!