Cara Blokir Rekening Penipu

Cara Blokir Rekening Penipu, Begini Tahapannya!

Cara blokir rekening penipu harus Anda ketahui, terlebih jika Anda pernah menjadi korban penipuan. Anda harus segera melakukannya demi memastikan uang Anda tidak hilang. Lantas, apa saja tahapan yang harus Anda lakukan untuk memblokir rekening penipu? Simak informasi dibawah ini!

Ini poin-poin yang sangat penting untuk Anda ketahui/

  1. Cara Blokir Rekening Penipu via Online
  2. Cara Blokir Rekening Penipu via Offline

Cara Blokir Rekening Penipu via Online

Anda harus segera melakukan laporan ke bank secepat mungkin usai menyadari adanya bentuk penipuan. Jika lengah dan terlalu lama, bisa jadi uang sudah ditarik dari rekening penipu. Celakanya, Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali uang Anda.

Segera hubungi layanan Call Center bank tempat Anda memiliki rekening. Sampaikan penipuan yang Anda alami secara runtut, lengkap dengan nomor rekening Anda dan milik penipu. Pihak bank pun akan segera melakukan pembekuan rekening sehingga penipu tidak akan bisa menarik uang. Setelah itu, upayakan kepada pihak bank agar uang Anda bisa ditarik kembali dari rekening si penipu.

1. Siapkan Data yang Diperlukan

Akan jauh lebih baik jika kronologi kejadian penipuan ditulis. Dengan begitu Anda bisa memastikan kronologi ini tidak ada yang terlewat. Selain itu, segera siapkan dokumen-dokumen pendukung seperti :

  1. Buku rekening.
  2. Kartu ATM.
  3. KTP.
  4. Bukti transfer ke rekening penipu.
  5. Bukti percakapan korban dengan penipu
    Jika ada rekaman telepon atau tangkapan layar percakapan dengan penipu ponsel, sebaiknya ditulis kemudian cetak. Dua hal ini bisa menjadi barang bukti tambahan kasus penipuan

2. Blokir Rekening via E-mail

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan dalam upaya melaporkan penipuan dan memblokir rekening penipu via online :

  1. Buka akun Email Anda
  2. Kirim email ke [email protected]
  3. Isi Judul: [LAPOR] Penipuan Online/Offline
  4. Isikan keterangan, bukti transfer, kronologi, dan hal lainya.
  5. Maka akan di lakukan pengecekan, kemungkinan prosesnya akan lama kalau secara online.

Namun, cara ini kurang efektif karena seringkali lama mendapat balasan. Sehingga tidak segera mendapat penanganan lebih lanjut. Sangat direkomendasikan untuk mendatangi kantor polisi terdekat.

3. Datangi Polisi

Datangi kantor polisi yang paling dekat dengan posisi Anda tinggal. Bawa semua data dan barang bukti yang diperlukan. Biasanya, polisi sudah menyediakan bagian untuk menangani kasus penipuan. Sebagai contoh, jika kasus penipuan ini adalah online shop, Anda akan diberi formulir khusus.

Meski Anda sudah menceritakan kronologi penipuan, biasanya Anda akan diminta untuk menulisnya dengan tangan di formulir. Catatan kronologi yang sebelumnya Anda bisa disalin. Pastikan tidak ada yang terlewat.

4. Polisi Akan Memberi Tahu Bank

Setelah laporan ini selesai, maka polisi akan segera mengirimkan data kasus penipuan ke bank. Bank yang dimaksud adalah tempat rekening Anda dan rekening sang penipu. Bank akan segera melakukan pemblokiran. Jika hal ini terjadi, maka rekening penipu baru bisa dibuka jika Anda membuat laporan terbaru.

Biasanya, pelaku yang menyadari tidak bisa mengambil uang akan menghubungi Anda selaku korban. Jika hal ini terjadi, polisi akan melakukan tindakan. Uang Anda pun bisa diambil kembali.

Cara Memblokir Rekening Penipu via Offline

Jika posisi Anda dekat dengan bank tempat Anda menabung, tak ada salahnya langsung mendatanginya. Segera laporkan kasus penipuan ini agar nomor rekening penipu bisa diblokir. Berikut adalah tahapan-tahapannya.

  1. Bawalah Kartu ATM dan jika bisa buku tabungan.
  2. Setelah masuk, beritahukan kepada satpam tentang kejadian penipuan yang Anda alami. Anda biasanya akan diarahkan ke bagian Customer Service.
  3. Sampaikan kasus penipuan ke Customer Service dengan jelas. Anda pun akan segera diberi formulir pemblokiran yang ditandatangani dengan materai.
  4. Berikan bukti-bukti dan catatan kronologi penipuan.
  5. Setelah Customer Service melakukan verifikasi terhadap laporan Anda, maka rekening penipu akan terblokir. Penipu pun tidak akan bisa mengambil uang Anda di rekeningnya.
  6. Dalam waktu tiga sampai empat hari, uang Anda biasanya akan kembali ke nomor rekening Anda.

Meski ada prosedur yang jelas terkait dengan pemblokiran rekening penipu, akan lebih baik jika Anda mencegah penipuan.

Sebelum melakukan transfer ke rekening seseorang, pastikan untuk selalu waspada. Anda bisa mengecek terlebih dulu nomor rekening tujuan di sini untuk memastikannya tidak dimiliki penipu. Dengan melakukan hal ini, Anda dan orang lain bisa terhindar dari penipuan.

Apakah Anda pernah melakukan laporan atau permintaan pemblokiran rekening penipu sebelumnya? Jangan ragu untuk menceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

Sekian dan semoga bermanfaat!

Sumber : Lifepal

Baca Juga : Mencegah Pembobolan Dana Rekening, Begini Caranya