Cara Mengirim Paket JNE

Cara Kirim Paket Mudah Melalui Ekspedisi untuk Pemula

Cara kirim paket mungkin tidak diperlukan bagi pebisnis yang sudah terbiasa mengatasi pengiriman paket setiap harinya. Tetapi informasi ini bisa berguna bagi pemula yang sama sekali belum pernah mengirimkan paket. Berikut ini adalah cara atau langkah yang bisa diikuti bagi pemula saat ingin mengirimkan barang melalui ekspedisi.

Cara Kirim Paket
Source Image: Pixabay

Tips Pengiriman Paket dengan Ekspedisi JNE, J&T dan Lainnya

Sebelumnya ada beberapa hal nih yang harus dipertimbangkan sebelum mengirimkan paket dalam pemilihan ekspedisi, bisa dirangkum sebagai berikut ini:

  1. Estimasi Pengiriman Barang

Saat mengirimkan barang yang paling dijadikan bahan pertimbangan yaitu estimasi waktu pengiriman. Jika barang yang akan dikirimkan mendesak dan harus segera sampai, pastikan jangan salah pilih service. Pastikan pada pihak ekspedisi lama pengiriman sebelum memutuskan menggunakan jasanya.

  1. Jangkauan Area Ekspedisi yang Luas

Memastikan area pengiriman masuk dalam daftar ekspedisi tersebut atau tidak. Jika tidak masuk area ekspedisi tersebut segera cari ekspedisi lain yang menyanggupi pengiriman barang. Jangkauan area juga berhubungan erat dengan estimasi waktu pengiriman. Semakin terpencil lokasinya biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

Tidak semua ekspedisi bisa menjangkau semua area lokasi Indonesia. Pastikan alamat sesuai dan lengkap supaya ekspedisi bisa mengeceknya.

  1. Menggunakan Asuransi

Asuransi digunakan untuk pengiriman barang-barang tertentu yang masuk dalam daftar barang berharga dan mudah rusak. Bisa juga pihak ekspedisi yang memberikan pelayanan asuransi jika terjadi kehilangan barang, barang rusak atau barang sampai lebih lama dari yang seharusnya pada pilihan service.

  1. Memiliki fitur Tracking Resi

Memilih ekspedisi yang memberikan kemudahan tracking pengiriman barang. Hal ini sangat penting karena sebagai pengirim bisa sewaktu-waktu menggunakan fitur yang disediakan. Atau ada juga ekspedisi yang memberi kemudahan dengan mengirimkan pesan singkat melalui sms pengirim.

  1. Tarif Ongkos Kirim

Yang tidak kalah penting adalah pertimbangan harga pengiriman barang. Beberapa ekspedisi mempunyai harga berbeda dengan service yang disediakan. Harga tersebut menyesuaikan area yang bisa dijangkau oleh mereka apakah perlu pihak kedua lagi untuk meneruskan barang atau langsung diantarkan cabang ekspedisi mereka di area tersebut.

Cara Kirim Paket untuk Pemula

  1. Packing Barang Sesuai Standar

Kebanyakan ekspedisi mempunyai standar yang sama dalam hal packing. Ada beberapa ekspedisi yang secara paten memberikan ukuran seperti paket small, medium dan large. Apakah barang perlu di berikan bubble wrap atau kayu? Tergantung dari barang yang akan dikirimkan. Sebelumnya bisa dicek terlebih dahulu seperti tips pengiriman paket diatas.

  1. Menulis Alamat Pengirim dan Penerima

Jangan lupa menuliskan alamat lengkap penerima sebelum berangkat ke ekspedisi. Selain untuk menghemat waktu, Anda jadi tidak perlu berlama-lama antri jika sudah sampai di tempat ekspedisi.

Format Alamat Penerima:

  • Nama Penerima
  • Alamat Lengkap
  • Kecamatan/Kabupaten
  • Kode Pos
  • Nomor HP

Format Alamat Pengirim:

Biasanya cukup memberikan nama dan nomor Handphone supaya lebih mudah untuk dihubungi. Memberikan alamat lengkap pun lebih baik.

  1. Datang ke Kantor Cabang Terdekat

Setelah memilih ekspedisi Anda bisa datang ke ekspedisi terdekat yang sudah dipilih. Pilih service sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa pastikan tanyakan kembali estimasi waktu yang sanggup diberikan oleh pihak ekspedisi. Hal tersebut untuk menghindari adanya kurangnya komunikasi yang menyebabkan barang diterima lebih lama.

Banyak sekali pilihan ekspedisi sehingga sebagai pengirim harus bijak dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan hanya mempertimbangkan masalah harga tapi tidak memperhitungkan estimasi waktu jika memang diperlukan dalam waktu dekat.

Nah, berhubung pengiriman paket sangat erat kaitannya dengan belanja online. Sebaiknya perlu hati-hati mengirimkan barang pada pembeli sebelum menerima sejumlah uang yang sudah disepakati. Banyak kasus yang mengirimkan bukti transfer palsu untuk mengelabuhi penjual. Anda bisa ke website kredibel.co.id terlebih dahulu untuk mengecek apakah pembeli tersebut penipu atau bukan. Ada dua macam opsi yaitu cek rekening penipu dan cek telepon penipu. Be a smart seller yuk!