Cara Memperpendek Link, Fungsi, dan Manfaatnya

Memperpendek link – (Kaskus/xiaomiintro)

Cara memperpendek link, fungsi, dan manfaat membuat short URL kini semakin banyak dicari-cari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Apalagi jika Anda adalah orang yang sedang menjalankan bisnis. Dengan mengetahui cara memperpendek link, Anda pun bisa dengan mudah mengirim tautan ke rekan bisnis atau bahkan konsumen.

Yang Perlu Diketahui Tentang Memperpendek Link, Fungsi, dan Manfaat Membuat Short URL

Short URL biasanya bisa Anda lihat di media sosial seperti Twitter, Facebook, atau di aplikasi perpesanan Whatsapp. Masalahnya adalah terkadang tautan pendek ini ditujukan untuk mengirim spam atau phising. Padahal, short URL ini bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Membuat Link Lebih Mudah Diingat

Tautan panjang terkadang tidak terlihat cantik dan membuat orang malas untuk membuka atau membacanya. Hal ini berbeda dengan tautan pendek yang tentu terlihat lebih ringkas. Orang juga akan lebih mudah merasa penasaran untuk membukanya.

2. Tautan Lebih Mudah untuk Dibagikan

Tautan yang pendek akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah membagikannya di berbagai media sosial atau e-mail. Sebagai contoh, di Twitter yang membatasi karakter, tautan pendek tentu sangat memudahkan. Anda bisa memberikan keterangan dengan jauh lebih lengkap tanpa khawatir akan kehabisan.

3. Tautan Lebih Mudah Ditracking

Bagi situs-situs bisnis, penggunaan tautan pendek tentu akan lebih mudah di-tracking. Bahkan, ada beberapa situs memperpendek link seperti bit.ly yang bisa membantu Anda melihat statistik. Statistik tersebut bisa berupa seberapa sering tautan tersebut dibuka. Selain itu, Anda juga bisa mengecek di lokasi mana saja tautan tersebut dibuka.

4. Memudahkan Pengguna Mobile

Tautan yang lebih pendek bisa memudahkan pengguna ponsel atau tablet. Karena pendek, melakukan copy, paste, atau mengetik URL akan lebih mudah dilakukan.

Cara Memperpendek Link

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpendek link atau membuat short URL. Berikut adalah cara-cara tersebut.

1. Menggunakan Bitly.com

Bitly.com sudah dikenal luas sebagai situs pembentuk short URL yang sangat direkomendasikan. Anda tinggal menggunakan https://bitly.com untuk mengaksesnya.

Setelah Anda membuka situs tersebut, Anda tinggal memasukkan situs di kolom dan menekan tombol “Shorten”. Setelahnya, Anda akan mendapatkan short URL yang bisa Anda copy dan sebarkan ke siapa saja.

Menariknya, Anda juga bisa mendapatkan opsi mendapatkan Short URL yang Anda inginkan, lho. Meski begitu, Anda sebaiknya mendaftarkan akun dengan alamat e-mail untuk bisa mendapatkan fitur ini.

2. Mengunjungi Tautan S.id

Situs memperpendek link lainnya yang bsia Anda kunjungi adalah S.id. Cara mengunakannya sebenarnya mirip dengan saat Anda menggunakan Bit.ly, yakni dengan memasukkan tautan panjang ke sebuah kolom. Anda juga bisa mendapatkan short URL yang diinginkan dengan mendaftarkan akun tertentu.

3. Memakai Tiny.cc

Jika dibandingkan dua cara sebelumnya, mengunjungi situs ini bisa lebih memudahkan. Hal ini disebabkan Anda tidak perlu mendaftarkan akun. Meski begitu, jika Anda ingin membuat akun juga bisa.

Menariknya, Anda juga bisa mengecek penggunaan dari Short URL custom yang Anda buat sebelumnya. Anda pun bisa mengecek apakah Short URL ini memang efektif atau tidak bagi pemasaran bisnis.

4. Memakai GG.gg

Anda bisa mendapatkan tautan pendek tanpa perlu login terlebih dahulu. Sebagaimana situs-situs sebelumnya, Anda juga bisa mendapatkan tautan sesuai dengan yang Anda inginkan di Customize Link.

Selain memahami cara memperpendek link, sebaiknya Anda juga lebih cermat dalam menghindari penipuan. Sebagai contoh, sebelum Anda memutuskan untuk mentransfer uang, cek dulu nomor rekening tujuan di sini. Anda pun bisa memastikan apakah penerima berpotensi penipu atau tidak.

Apakah Anda memiliki rekomendasi lain yang bisa memudahkan Anda memperpendek link? Berikan saranmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Penipuan Online Berkedok Investasi Saham.