Cara Mengaktifkan Two Step Verification WA

Cara Mengamankan Akun Whatsapp dengan Two Step Verification

Cara mengamankan akun Whatsapp perlu Anda ketahui. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya kasus Whatsapp dibajak. Hanya, ada hal lain yang lebih penting sebelum mengetahuinya. Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membajak akun Whatsapp.

Jika kamu ingin mengetahui cara mengamankan akun Whatsapp langsung, klik disini.

Waspada Modus Pembajakan Akun Whatsapp

Akun twitter @MrOngDedy milik Dedy Ong membeberkan sejumlah modus pembajakan akun Whatsapp.  Menurutnya, seringkali hal ini terjadi karena korban membagikan kode one time password (OTP) ke pembajak. Masalahnya, tidak semua orang sadar kalau mereka telah membagikannya.

Kode ini bisa didapatkan dengan modus salah kirim voucher game dengan SMS. SMS ini berisi bahasa dari aksara lain seperti Thailand yang sukar dibaca. Korban pun tidak tahu jika arti dari aksara tersebut adalah membagikan OTP.

Dengan OTP ini, pelaku akan mengambil alih akun Whatsapp korban. Masalahnya, berbagai data pribadi korban bisa saja diambil. Sebagai contoh, pin ATM, dompet digital, dan password lain bisa saja diketahui. Dampaknya, uang-uang korban di rekening atau dompet digital bisa diambil alih.

Meski korban sudah menghubungi [email protected], pelaku bisa saja lebih cerdas. Mereka akan melakukan “Two Step Verification”. Bahkan, bisa jadi mereka akan mengganti e-mail akun Whatsapp. Kalau sudah seperti ini, tentu akan sulit mengambil alih kembali akun Anda.

Cara Mengamankan Akun Whatsapp

Ada sejumlah cara mengamankan akun Whatsapp. Hanya, yang utama adalah sebaiknya Anda melakukan “Two Step Verification”. Setidaknya, meski mereka mengambil kode OTP, masih harus memasukkan PIN. Kode PIN ini sudah Anda tetapkan di “Two Step Verification”.

Two Step Verification bisa Anda temukan di bagian Setting atau Pengaturan. Di bagian “Akun”, Anda bisa menemukannya. Nama lain dari “Two Step Verification” adalah “Pengamanan Dua Langkah”. Tentukan password untuk mengamankan akun Anda dari pembajak.

Berikut adalah tahapan untuk menetapkan “Two Step Verification”.

  • Masuk ke bagian Settings atau Pengaturan. Anda bisa menemukan di bagian tiga titik vertikal di pojok kanan atas Whatsapp.
  • Pilih bagian Akun. Lalu pilih “Two Step Verification” atau “Verifikasi Dua Langkah”.
  • Jika belum aktif, ketuklah pilihan “Enable” atau “Aktifkan”.
  • Masukkan password atau PIN, biasanya berupa enam digit angka. Pastikan angka-angka ini mudah Anda ingat tapi tidak mudah ditebak. Ulangi kode PIN dan konfirmasi.
  • Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi alamat e-mail. Pastikan e-mail ini sudah Anda proteksi. Hanya, jika Anda belum memilikinya, bisa melewati dengan memilih “Lewati”.

Bagaimana Jika Lupa PIN?

Jika Anda sudah menetapkan “Two Step Verification”, terkadang Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Masalahnya, terkadang ada orang yang lupa dengan PIN tersebut. Jika Anda mengalaminya, tak perlu bingung. Ada kok pilihan bagi pengguna yang lupa, yakni reset PIN.

Jika sampai Anda benar-benar lupa dengan PIN dan belum menetapkan e-mail, ada dampaknya. Whatsapp tidak akan bisa memverifikasi ulang Whatsapp hingga 7 hari. Usai tujuh hari, Whatsapp baru akan melakukan verifikasi ulang. Anda pun akan diminta untuk melakukan langkah-langkah verifikasi seperti sebelumnya. Hanya, selama itu pula, jika ada pesan yang tidak terkirim, akan terhapus secara otomatis.

Selain pembajakan Whatsapp, ada banyak kasus penipuan lain, khususnya di dunia maya. Jika Anda mengalaminya dan kehilangan uang karena telah mentransfer uang, jangan diam. Laporkan kasus ini ke kepolisian agar ditangani. Selain itu, laporkan pula kasus penipuan ini di sini lengkap dengan kronologinya.

Apakah Anda pernah mengalami atau mendengar kasus pembajakan Whatsapp? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

Sumber: tekno.kompas.com, techno.okezone.com