Home Penipuan Cara Terhindar dari Ancaman Penipuan Berbelanja Online

Cara Terhindar dari Ancaman Penipuan Berbelanja Online

539
0
SHARE
Cara Terhindar dari Ancaman Penipuan Berbelanja Online
Cara Terhindar dari Ancaman Penipuan Berbelanja Online

Keberadaan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari manusia sudah menunjukan banyak manfaat yang dapat diraup oleh penggunanya. Mulai dari sarana berbagi media, aplikasi chatting, sumber informasi, dll.

Kegunaan internet sekarang juga dapat digunakan sebagai sarana berbelanja online. Dengan adanya sarana ini, orang-orang dapat berbelanja dengan instan tanpa perlu repot membelinya keluar rumah. Dengan adanya kesempatan ini, banyak orang mulai beralih menggunakan sarana-sarana tersebut karena kepraktisannya.

Namun, dengan timbulnya sarana tersebut menjadikan proses jual beli barang secara online rentan terhadap penipuan.tidak sedikit korban dan jumlah dana yang raup diambil para penipu yang sudah beraksi di banyak situs.

Banyak motif penipuan yang sering dijumpai pada situs situs tertentu. Berikut adalah cara menghindari penipuan dalam berbelanja online:

 

1. Memastikan situs yang digunakan sudah terpercaya

Saat ini banyak penipu yang menggunakan situs-situs yang tidak jelas asal muasalnya dan terlihat meragukan. Berbagai domain website yang dapat anda hindari saat berbelanja online adalah website-website  yang diawali dengan http bukan https.Mungkin sekilas hanya berbeda S saja, namun S tersebut berarti “Secure” dimana website dengan https berarti sudah aman.

 

2. Perhatikan konten website jual-beli tersebut

Akan ada kemungkinan penipuan jika di dalam website tersebut terdapat konten yang tidak profesional, contohnya konten website tersebut terlihat tidak rapi penyusunannya. Sebab website yang profesional membutuhkan waktu dan uang untuk mengembangkannya. Namun bagi para penipu mereka hanya akan berganti website saja  jika banyak orang yang sudah mengetahui bahwa websitenya tercatat sebagai penipuan online.

 

3. Perhatikan harga yang dipasang di website

Pernahkah anda melihat harga suatu barang pada website tertentu dimana harganya jauh dibawah harga standarnya? Hati-hati, bisa saja itu adalah penipuan. Harga yang dipasang oleh penipu biasanya jauh lebih murah daripada harga asli barang. Hal ini tentu saja mempunyai daya tarik tersendiri karena orang-orang lebih memilih  membeli barang yang sama dengan  harga yang jauh lebih murah.

Dengan majunya teknologi yang pesat, kita harus tetap berhati-hati dengan aksi penipuan yang makin berkembang juga. Jika anda masih khawatir saat berbelanja online, kredibel.co.id siap membantu anda dalam menghindari penipuan.