Cara Transfer Bank Muamalat

Cara Transfer Bank Muamalat, Bisa Lewat ATM atau Mobile Banking

Cara transfer Bank Muamalat tidak harus selalu dengan datang ke kantor cabang bank. Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan mesin ATM atau lewat aplikasi mobile banking. Lantas, seperti apa sih detail untuk melakukan transfer dengan cara-cara tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Cara Transfer Bank Muamalat dengan ATM

Cara Transfer Bank Muamalat

Sebagai bank syariah yang pertama di Tanah Air, Bank Muamalat tentu memiliki jaringan ATM yang cukup luas. Anda pun bisa dengan mudah melakukan transaksi, termasuk transfer lewat ATM-ATM tersebut.

Berikut adalah cara transfer di ATM Bank Muamalat.

  • Setelah masuk ke dalam bilik ATM, Anda tinggal memasukkan kartu ATM. Pastikan posisi kartu benar dan sesuai dengan petunjuk yang tertera. Selain itu, cermatlah dengan adanya kemungkinan benda asing di ATM demi mencegah terjadinya pembobolan rekening.
  • Setelah kartu ATM masuk, Anda akan dihadapkan dengan pilihan bahasa. Pilih saja Bahasa Indonesia yang lebih mudah.
  • Masukkan nomor PIN berupa 6 digit angka. Jangan sampai keliru karena jika sampai tiga kali melakukan kesalahan, kartu ATM akan diblokir. Anda tentu harus ke bank untuk membuka blokiran ini.
  • Akan keluar menu di layar utama. Jika ingin mentranser uang, pilihlah Transaksi Lain. Setelahnya, pilih Transfer.
  • Terdapat pilihan berupa Transaksi Antar Muamalat atau Transaksi ke Bank Lain.
  • Jika memilih Transaksi Antar Muamalat, tinggal memasukkan nomor rekening tujuan. Setelah itu, masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Halaman konfirmasi akan muncul. Jika semua sudah benar, tekanlah Ya.
  • Jika memilih Transaksi Antar Bank, cek dulu kode bank tujuan. Setelah mengetahuinya, tulislah kode bank dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Akan muncul halaman konfirmasi, jika semua sudah benar, tekan Ya.
  • Tunggulah laporan bahwa transfer selesai dilakukan. Setelah itu, struk bukti transfer akan keluar. Pastikan untuk mengeluarkan kartu ATM sebelum pulang.

Transfer Menggunakan Mobile Banking

Selain dengan ATM, Anda juga bisa menggunakan fitur mobile banking Bank Muamalat. Hanya, sebelum menggunakannya, harus mendaftar dulu di Customer Service (CS) bank.

Syarat untuk menggunakan fitur ini adalah nasabah perorangan dan mendaftarkan nomor ponsel ke data bank. Jenis ponsel yang dipakai adalah ponsel pintar. Menariknya, fitur ini ternyata bebas biaya administrasi bulanan. Meski begitu, beberapa jenis transaksi dengan mobile banking akan dikenakan biaya.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengecek saldo, transaksi terakhir dan mutasi rekening, bebas biaya. Transfer ke antar rekening muamalat juga tidak dikenakan biaya. Hanya, jika Anda mentransfer ke bank lain, akan dikenakan biaya sebesar Rp 6.500 dari saldo.

Berikut adalah cara melakukan transfer dengan mobile banking Bank Muamalat

  • Setelah mengunduh aplikasi dan mendaftarkannya di CS Bank, Anda tinggal memakai aplikasinya.
  • Di menu utama, terlihat pilihan Transfer. Masuk ke menu tersebut. Ada pilihan menu transfer Antar Muamalat dan Antar Bank.
  • Masukkan nomor rekening tujuan. Jika penerimanya dari bank lain, masukkan pilihan Bank penerima.
  • Cek data rekening asal dan rekening tujuan. Masukkan nominal uang yang akan dikirim. Masukkan nomor referensi nasabah jika ada. Setelahnya pilih tipe transaksi.
  • Setelah semua data benar, masukkan kode verifikasi dan kemudian klik Proses.

Bagaimana, mudah bukan cara mentrasfer uang di Bank Muamalat? Hanya, waspada penipuan ya? Setiap kali sebelum mentransfer, cek dulu nomor rekening di sini demi mencegah penipuan.

Menurut Anda, lebih suka transfer lewat ATM atau mobile banking, nih? Berikan pendapat Anda di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Menutup Rekening Bank Muamalat.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?