Tokopedia

Ciri Penjual yang Berpotensi Melakukan Penipuan di Tokopedia

Meski berbagai marketplace seperti Tokopedia sudah melakukan pengamanan, tetap saja kasus penipuan sering terjadi. Banyak penipu yang pandai mencari celah agar bisa mendapatkan korban, khususnya para pembeli atau buyer yang tidak berpengalaman dan membutuhkan barang.

Berbagai Ciri Penipuan yang Terjadi di Tokopedia

Mengingat banyak korban penipuan di Tokopedia yang mengalami kerugian hingga jutaan Rupiah, kita tentu harus lebih cermat mengetahui ciri-ciri penipu yang beraksi di marketplace ini agar tidak ikut menjadi korban.

Berikut adalah ciri-ciri tersebut.

1. Waspadai Penjual Palsu yang Ternyata Hanya Seorang Dropshipper

Banyak pembeli yang mempermasalahkan barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi toko. Selain itu, terkadang barang yang datang justru rusak. Masalahnya adalah saat pembeli melakukan komplain pada penjual. Penjual tidak bisa melakukan apapun karena statusnya hanya seorang dropshipper atau perantara saja.

Biasanya, kita bisa mengidentifikasi penjual yang merupakan seorang dropshipper lewat alamat toko yang jelas. Jika alamat yang diberikan dalam keterangan akun Tokopedia kurang lengkap dan tidak ada brand atau nama toko yang jelas, besar kemungkinan toko ini hanya dropshipper. Selain itu, resi pengiriman biasanya berasal dari alamat yang berbeda.

2. Deskripsi Barang yang Dijual Kurang Jelas atau Ambigu

Banyak toko online yang ternyata menjual barang dengan deskripsi atau keterangan barang yang tidak jelas. Bahkan, saat kita sudah menggunakan fasilitas chat untuk bertanya lebih lanjut tentang barang tersebut, jawabannya masih kurang jelas dan ambigu. Bisa jadi, penjual ternyata abal-abal dan berpotensi akan melakukan penipuan karena tidak memahami produk yang dijual sama sekali.

3. Penjual Terlihat Jelas Akan Melakukan Tindakan Penipuan

Terdapat beberapa ciri atau gelagat dari penjual yang terlihat jelas akan melakukan penipuan. Sebagai contoh, harga yang mereka pasang di toko online sangat murah dan terlihat tidak masuk akal. Selain itu, deskripsi produk juga tidak jelas. Alamat yang dicantumkan dan reputasi dari toko online tersebut juga terlihat tidak meyakinkan.

Penjual yang melakukan penipuan juga bisa memasukkan resi palsu demi menunda waktu pengiriman. Selain itu, ada penjual yang sengaja mengirim ke alamat orang lain yang sebenarnya adalah rekannya sendiri demi memancing korban untuk mengirim uang karena berpikir jika barang memang sudah dikirimkan.

Selain lebih cermat dalam mengecek ciri-ciri orang yang bisa saja melakukan penipuan di Tokopedia, kita juga sebaiknya mengecek toko online atau rekening yang disediakan oleh toko online disini terlebih dahlu untuk memastikannya aman dan kemungkinannya kecil untuk melakukan penipuan.

Kalau menurut Anda, adakah ciri lain yang menandakan kemungkinan terjadinya penipuan di Tokopedia? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya, terimakasih.

Baca juga: Artificial Intelegence (AI) Solusi Tokopedia Mencegah Penipuan.

One comment

  1. […] Baca juga: Ciri Penjual yang Berpotensi Melakukan Penipuan. […]

Comments are closed.