Penipuan di Shopee

Waspada, Berikut Adalah Ciri-Ciri Penipuan di Shopee

Cukup banyak laporan penipuan yang terjadi di Shopee. Masalahnya adalah, meski Shopee sudah berusaha untuk menurunkan angka kasusnya, hal ini masih cukup sering terjadi. Kita pun harus lebih cermat dalam mengenali ciri-ciri penipuan agar tidak ikut menjadi korban saat melakukan transaksi di Shopee.

Ciri Penipuan yang Ada di Shopee

Tidak tanggung-tanggung, ternyata ada banyak sekali korban penipuan di Shopee yang mengalami kerugian hingga jutaan Rupiah. Angka ini tentu tidak sedikit, bukan? Karena alasan inilah kita harus mengetahui ciri penipuan yang biasa terjadi di Shopee agar lebih baerhati-hati.

Berikut adalah ciri-ciri tersebut.

1. Harga Barang yang Ditawarkan Sangat Murah dan Tidak Wajar

Siapa sih yang tidak suka dengan harga mudah? Jika kita bisa mendapatkan sebuah barang dengan harga yang lebih murah, tentu akan memberikan keuntungan dan rasa senang. Sayangnya, banyak penipu yang menggunakan keinginan pelanggan untuk mendapatkan barang murah sebagai trik untuk memancing korban.

Dalam realitanya, harga yang murah memang sangat menggiurkan, namun jika harga yang ditawarkan terlihat tidak wajar atau jauh lebih rendah dari pasaran, bisa jadi hal ini adalah ciri dari penipuan. Kita sebaiknya mengurungkan niat untuk membelinya atau setidaknya mengecek toko online yang menawarkan barang murah ini disini terlebih dahulu untuk memastikannya terindikasi melakukan penipuan atau tidak.

2. Penjual Memilih untuk Menghubungi via Telepon atau SMS

Alih-alih menggunakan fasilitas chat yang disediakan oleh Shopee, penjual yang terindikasi melakukan penipuan justru memilih untuk menghubungi via telepon atau SMS. Mereka juga meminta pembeli untuk langsung mengirimkan uang ke nomor rekening tertentu, bukannya melalui cara pembayaran yang disediakan oleh Shopee. Hal ini menandakan ada maksud tertentu yang bisa saja adalah penipuan.

3. Tidak Mau Melakukan COD

Meski tinggal di wilayah yang sama dengan pembeli atau jaraknya cukup dekat, penjual tidak mau melakukan transaksi dengan COD atau bertemu secara langsung. Berbagai alasan dikemukakan untuk menolaknya meskipun pihak pembeli bahkan mau mengalah untuk mendatangi alamat penjual. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan penjual akan melakukan penipuan. Tetapi Anda bisa tanyakan juga apakah toko tersebut dropshipper atau bukan.

Baca juga: Perbedaan Dropshipper dan Reseller.

4. Produk yang Dijual Adalah Barang Black Market

Barang yang ditawarkan sangatlah murah. Sayangnya, barang murah ini ternyata adalah barang black market atau BM. Meski kualitas barangnya terlihat sama, bisa jadi barang ini ilegal atau sulit untuk digunakan akibat status tersebut. Selain itu, jika mengalami kerusakan, bisa jadi barang ini sulit untuk diperbaiki dan tidak mendapatkan garansi.

Menurut Anda, ada ciri-ciri lain yang menandakan kemungkinan terjadinya penipuan saat melakukan transaksi di Shopee tidak nih? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya? Terimakasih.