endorsement

Endorsement: Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya dalam Strategi Pemasaran Bisnis

Endorsement dipandang jadi jalur yang patut dipertimbangkan dalam melakukan strategi pemasaran. Endorse atau dalam praktiknya lebih sering disebut dengan endorsement artinya adalah dukungan atau pengesahan.

Disaat semua serba dalam digitalisasi, endorsement menjadi bagian penting dalam mempromosikan produk ataupun memberikan awareness terhadap brand tertentu.

Pengertian Endorsement

Endorsement adalah suatu bentuk promosi atau rekomendasi yang dilakukan oleh seseorang, biasanya selebriti atau influencer, untuk meningkatkan popularitas produk atau layanan tertentu. Biasanya selebgram yang melakukan endorsement mempunyai rate card atau semacam tarif yang digunakan untuk parameter harga jasanya. Nah, apa yang dimaksud dengan selebgram?

Selebgram adalah istilah untuk seorang individu yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan sering menggunakan platform tersebut untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Endorsement oleh selebgram dapat meningkatkan popularitas produk atau layanan yang direkomendasikan karena selebgram memiliki banyak pengikut yang mungkin tertarik dengan produk tersebut. Namun, perlu diingat bahwa endorsement harus dilakukan dengan jujur dan tidak menyesatkan, agar tidak merugikan pelanggan atau menjatuhkan citra selebgram tersebut.

Jenis-Jenis Endorsement

Saat melakukan Endorsement kepada public figure atau influencer sebaiknya perlu tahu jenis-jenis endorsement yaitu berbayar dan tidak berbayar. Apakah perbedaannya, simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Endorsement Berbayar

Jenis endorsement ini kedua belah pihak mempunyai kontrak dengan nilai sejumlah uang tertentu dan ada rules yang harus dilakukan. Kontrak ini bertujuan untuk memperjelas hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak public figure dan brand. Selanjutnya endorsement bisa dilakukan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Dalam kontrak bisa diperjelas perjanjian mengenai pembayaran, isi konten produk atau layanan, goal yang diinginkan hingga waktu yang dibutuhkan untuk mencoba produk sebelum dipromosikan dan sebagainya.

  1. Endorsement Tidak Berbayar

Endorsement tidak berbayar sering disebut juga dengan iklan gratis. Pihak brand yang sudah approach public figure atau influencer akan ditawarkan dengan produk ataupun jasa terlebih dahulu. Dengan benefit yang didapatkan dari produk atau jasa tersebut pihak influencer sepakat dan akan mencobanya sesuai waktu yang ditentukan. Kemudian influencer bisa memberikan ulasan jika menyukai produk atau jasa yang ditawarkan.

Manfaat Endorsement

  1. Meningkatkan kepercayaan

Endorsement dari individu atau organisasi yang diakui dan dihormati dapat meningkatkan kepercayaan orang terhadap kredibilitas bisnis yang direkomendasikan.

  1. Menarik perhatian

Endorsement dapat menarik perhatian orang terhadap produk atau layanan yang direkomendasikan, terutama jika endorsement tersebut datang dari selebriti atau tokoh terkenal.

  1. Memperluas jangkauan

Endorsement dapat memperluas jangkauan produk atau layanan ke audiens yang lebih luas, terutama jika endorsement tersebut datang dari individu atau organisasi yang memiliki basis penggemar yang besar.

  1. Meningkatkan penjualan

Endorsement yang efektif dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan yang direkomendasikan.

  1. Menciptakan Citra Positif

Endorsement dapat membantu menciptakan citra positif bagi produk atau layanan yang direkomendasikan, terutama jika endorsement tersebut datang dari individu atau organisasi yang diakui dan dipandang kredibel.

  1. Mendorong Inovasi

Endorsement dapat mendorong perusahaan atau individu untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

Endorsement banyak dilakukan oleh sebagian pelaku bisnis untuk mendukung usaha mereka. Tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tergantung pemilihan jenis endorsement. Selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara endorse selebgram karena berhubungan dengan persona sebuah brand. Brand persona yang kurang otentik dapat membangun kepercayaan pelanggan. Apakah benar seperti itu?