Fakta Tentang Ebay

Fakta Tentang Ebay, Seperti Apa Situs Belanja Online Ini?

Fakta tentang Ebay sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah di mana-mana. Hanya, banyak orang yang belum benar-benar mengenalnya. Padahal, situs belanja online ini sebenarnya adalah salah satu yang terbesar di dunia. Anda juga bisa dengan mudah mencari barang-barang dari luar negeri di situs ini. Lantas, seperti apa sih fakta tentang Ebay yang perlu Anda ketahui?

Fakta Tentang Ebay, Termasuk Sejarahnya

Jika Anda berpikir Ebay baru muncul baru-baru ini, Anda salah. Situs belanja online ini ternyata sudah berdiri sejak 1995, lho. Awalnya, situs ini hanya diperuntukkan bagi jual-beli online bagi barang-barang langka. Hanya, kini Ebay justru berkembang sebagai pasar online. Kamu pun bisa mencari berbagai macam barang di sini. Menariknya, Anda tak hanya bisa berperan sebagai pembeli. Anda juga bisa lho menjual barang di sini.

Lantas, siapa saja sih yang diperbolehkan untuk berjualan di Ebay? Ternyata siapa saja bisa menjadi penjual di sini. Tak hanya orang pribadi, distributor atau grosir juga bisa mendaftar. Selain itu, produsen, pengimpor, pengecer, atau bahkan orang yang memulai bisnis juga bisa membuka bisnis di sini.

Sistem Pembayaran yang Berlaku di Ebay

Kalau Anda ingin melakukan pembayaran di Ebay, harus menggunakan Paypal. Sebagai informasi, sistem ini dianggap sudah bisa memberikan keamanan bagi pengguna Ebay. Hal ini disebabkan oleh akun Paypal harus diverifikasi demi mencegah terjadinya penipuan.

Meski begitu, ternyata sistem pembayaran di Ebay tidak hanya Paypal. Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Western Union, kartu kredit, Moneybooker, atau Egold. Bahkan, di beberapa negara, Anda juga bisa melakukan transfer bank. Hanya, sistem ini sangat bergantung pada peraturan Ebay di setiap negara.

Satu hal yang pasti, selain harga dari barang yang dibeli, Anda juga harus membayar biaya pengiriman dari barang tersebut. Jika barang yang dibeli berasal dari luar negeri, bisa jadi biaya pengirimannya akan cukup mahal.

Mulai Bertransaksi di Ebay

Sebenarnya, Ebay mirip dengan e-commerce pada umumnya. Sebagai contoh, Anda bisa dengan mudah mencari barang baik itu di situs resminya atau aplikasinya. Hanya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu jika memang ingin melakukan transaksi.

Di sini, Anda bisa berperan sebagai penjual barang. Selain itu, Anda juga bisa menjadi pembeli. Saat mendaftar, Anda harus menyertakan beberapa data pribadi. Sebagai contoh, Anda harus menyertakan nama pribadi, alamat e-mail, nomor telepon, dan lain-lain. Demi melindungi data-data ini, Anda harus membuat password yang kuat.

Kelebihan Ebay

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Ebay, berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Proses pendaftaran di Ebay cenderung sangat mudah dan sederhana. Siapa saja pun bisa mendaftar dengan mudah.
  • Ebay tidak meminta biaya pendaftaran atau keanggotaan.
  • Risiko terjadinya penipuan di Ebay sangatlah minim. Hal ini disebabkan oleh penggunaan Paypal yang sudah memiliki sistem keamanan yang sangat baik.
  • Jenis produk yang ditawarkan sangat beragam dan banyak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang berjualan di sini dari berbagai negara. Anda pun bisa mencari berbagai macam barang yang dibutuhkan.

Meski Ebay cenderung aman dan jarang terjadi penipuan, sebaiknya Anda tetap waspada. Sebelum Anda mengirim uang, cek dulu nomor rekening tujuan di sini. Hal ini diharapkan bisa mencegah terjadinya penipuan.

Apakah Anda tertarik untuk bertransaksi di Ebay atau sudah pernah melakukannya? Berikan pendapatmu tentang marketplace ini di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Belanja di Ebay, Bisa Tanpa Kartu Kredit?