Fakta Tentang Investasi Emas

Fakta Tentang Investasi Emas

Fakta tentang investasi emas harus Anda ketahui jika ingin terjun di bidang ini. Meski dikenal sebagai investasi menguntungkan, jika tidak cermat investasi ini bisa merugikan. Lantas, apa saja sih fakta tentang investasi emas yang sebaiknya Anda ketahui?

Berbagai Fakta Tentang Investasi Emas

Terdapat beberapa fakta tentang investasi emas yang sebaiknya Anda pahami. Berikut adalah fakta-fakta tersebut.

Emas Ternyata Pernah Dijadikan Mata Uang

Banyak orang yang berpikir jika emas hanyalah berfungsi sebagai logam mulia saja. Padahal, emas ternyata juga pernah difungsikan sebagai mata uang, lho. Pada tahun 1800-an, Amerika Serikat memang sudah mengenal mata uang Dolar. Namun, mata uang ini ternyata mengacu pada nilai emas sebagai harga untuk jual atau beli.

Sayangnya, hal ini berdampak pada inflasi Dolar yang sangat tinggi. Dampaknya, penggunaan nilai emas dibatalkan pemerintah setempat pada 1970-an. Hal ini membuat banyak negara penyimpan Dolar menukarnya dengan emas.

Harga Emas Berubah Dua Kali Sehari

Meski secara umum harga emas cenderung stabil, tetap saja harganya mengalami perubahan. Perubahan ini bahkan telah dijadwalkan pengumumannya, yakni dua kali sehari. Perubahan harga emas ini terjadi pada pukul 10.30 dan pukul 15.00 waktu setempat.

Beberapa organisasi yang mempengaruhi perubahan harga adalah Deutsche Bank di Jerman, HSBC di Hongkong, dan Rothschild di Amerika Serikat. Jadwal pengubahan harga ini sudah mulai berlangsung pada 12 September 1919.

Emas Cenderung Tahan Terhadap Krisis

Emas dianggap sebagai investasi yang aman karena memiliki ketahanan yang baik terhadap krisis. Bahkan, meski terjadi inflasi di sebuah negara, bisa jadi harga emas tetap akan bertahan. Selain itu, jika terjadi masalah harga bahan makanan pokok yang melambung tinggi, emas juga harganya tetap stabil. Hal ini tentu membuat orang yang berinvestasi emas bisa tetap tenang.

Menariknya, harga emas ternyata juga tidak dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah setempat. Jika terjadi masalah atau pergolakan politik, harganya juga tidak akan mudah anjlok. Bahkan, jika harga kebutuhan pokok masyarakat juga menurun, harga emas juga bisa saja meningkat.

Harga Emas Ternyata Juga Bisa Fluktuatif

Salah satu alasan yang membuat banyak orang tertarik dengan investasi emas adalah harganya. Banyak orang menganggap harga emas sangat stabil dan cenderung naik. Padahal, dalam realitanya harga emas juga fluktuatif dan sering berubah.

Sebagai contoh, PT Antam setiap hari mengeluarkan daftar harga emas. Hal ini menunjukkan bahwa harga emas juga bisa berubah meskipun perubahannya tidak begitu terlihat. Hanya, kalau Anda mengecek harga emas dalam jangka panjang, memang terlihat harga emas meningkat. Hal ini tentu menguatkan fakta bahwa emas cocok untuk investasi jangka panjang

Pasokan Emas Ternyata Terbatas

Salah satu alasan mengapa harga emas cenderung terus meningkat adalah karena pasokannya yang terbatas. Memang, di masa sekarang pasokannya masih cukup, namun ketersediaan emas sebenarnya semakin sedikit. Bahkan, berdasarkan data dari tahun 2017, produksi emas ternyata semakin menurun. Hal inilah yang berimbas pada terus meningkatnya harga emas.

Jika Anda memiliki emas dan pasokannya semakin langka, tentu harganya akan semakin mahal. Dampaknya, Anda pun akan semakin diuntungkan dengan hal ini.

Jangan mudah percaya dengan tawaran investasi emas abal-abal. Jika investasinya tidak jelas namun Anda diminta segera mengirim uang, cek dulu nomor rekeningnya di sini. Hal ini bisa membantu Anda mencegah terjadinya penipuan.

Berbagai fakta tentang investasi emas ini ternyata sangat mengejutkan. Kalau menurut Anda, apakah investasi emas termasuk dalam investasi yang menguntungkan? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Investasi Emas Untuk Pemula.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124