Toko Online Shop

Waspada! Hindari 58 Toko Online Berikut yang Terindikasi Penipu

Toko online kini telah menjadi rujukan banyak orang untuk membeli barang. Hal ini disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan oleh toko-toko ini. Cara membelinya sangat mudah. Cukup dengan mengecek media sosial, situs, atau aplikasinya, barang bisa dicari dan dibeli.

Toko Online Menawarkan Banyak Kelebihan

Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan dari berbelanja ke toko daring. Berikut adalah kelebihan-kelebihan tersebut.

1. Toko Online Mudah Diakses Di Mana Saja Kapan Saja

Anda tak perlu keluar rumah sama sekali hanya untuk berbelanja. Dengan memegang ponsel, Anda sudah bisa mengakses toko online. Hanya, pastikan bahwa Anda memiliki kuota internet yang cukup.

Pilihan barang yang disediakan toko online pun beragam. Anda juga bisa berpindah-pindah toko daring jika perlu. Intinya, semua barang bisa dicari asalkan Anda telaten melakukannya.

2. Sering Ada Diskon dan Promo

Toko online, marketplace, atau e-commerce sering mengadakan diskon atau promo. Tujuannya? Tentu saja menarik perhatian Anda sebagai konsumen agar mau berbelanja. Hanya, Anda juga bakal diuntungkan dengan barang-barang yang bisa dibeli dengan harga yang lebih murah.

Toko Daring Rawan Penipuan

Meski sangat menggiurkan, keberadaan toko daring ternyata bisa memiliki sisi negatif tersendiri. Sebagai contoh, kasus penipuan akibat toko daring abal-abal masih tinggi. Korbannya juga cukup banyak dengan kerugian yang tidak sedikit.

Berdasarkan keterangan dari polisionline.com, jumlah toko daring yang terkait penipuan semakin meningkat. Toko-toko ini bahkan berani membuka akun di e-commerce resmi dan media sosial. Ditambah dengan tingkat literasi internet masyarakat yang belum merata, korban pun semakin banyak.

Situs ini mencatat sudah ada lebih dari 1.000 toko daring yang terindikasi penipu. Mereka memiliki situs dengan domain gratis ataupun berbayar. Barang yang dijual pun bervariasi. Ada yang berupa gawai, pakaian tren terbaru, dan lain-lain. Mereka mampu menarik perhatian korban dengan diskon, iming-iming hadiah, dan lain-lain.

Sebagai contoh, belakangan ini ada toko gawai yang dilaporkan polisi karena ternyata abal-abal. Padahal, iklannya bahkan sampai masuk ke televisi. Di situs toko daring ini, mereka menawarkan harga gawai yang murah. Harganya jauh lebih murah dari pasaran sehingga menarik perhatian banyak orang.

Banyak korban yang tertarik sehingga membeli gawai lebih dari satu. Mereka rela membayar mahal karena berpikir toko ini asli. Logikanya, mana ada toko daring abal-abal yang memasang iklan di mana-mana, bukan?

Sayangnya, toko daring ini ternyata abal-abal. Korban tidak mendapatkan gawai yang diinginkan dan uang mereka menguap begitu saja.

Daftar Toko Daring yang Terindikasi Penipu.

Berikut adalah daftar toko daring palsu yang sebaiknya Anda hindari agar tidak ikut-ikutan menjadi korban.

  1. abadielektroshop.com
  2. senandungelektronik.com
  3. tajuara86.com
  4. batamsquare.com
  5. mulanashop.com
  6. juaraolshop.com
  7. alyashopping.com
  8. garansionline.com
  9. areabelanja.com
  10. nuansarayaolshop.com
  11. rianabelanja.com
  12. putrimallshoping.com
  13. sriwidodoelektronik.com
  14. rhidoponecell.com
  15. dhitamallshoping.com
  16. arizoneonlinestore.com
  17. novitaelektroshop.com
  18. silpanashopping.com
  19. batamcitystore.com
  20. eraonlineshop.com
  21. istanagadgatonline.com
  22. lazorybatamstore.com
  23. reskyonlinestore.com
  24. citramandirionline.com
  25. selvielektroshop.com
  26. riskianggarashop.com
  27. cahayamanhalaelektronik.com
  28. grahashopping.com
  29. rhamaceluler.com
  30. mustikaratu86.com
  31. batampinangjaya.com
  32. central22elektronik.com
  33. megaolshop.com
  34. imforonlineshop.com
  35. lintasjayashop.com
  36. serfihanelektronik.com
  37. markasjayashop.com
  38. gamaelektroshop.com
  39. fujielektroshop.com
  40. mallisebelanja.com
  41. shelaelektroshop.com
  42. mayaonlineshop.com
  43. bentengjayashop.com
  44. ririnstore.com
  45. tokotopelektronik.com
  46. ideabelanja.com
  47. nurmayabelanja.com
  48. dutabelanjaelektronik.com
  49. goodbelanja.com
  50. tokkebelanja.com
  51. mncelectronic.com
  52. mutiarabatamstore.com
  53. rajawalielektro.com
  54. gayangelektronik.com
  55. seruanpromo.com
  56. centraelektronik.com
  57. juarapasau.com
  58. cahayamanggalashop.com

Selain mewaspadai toko-toko online palsu, Anda harus cermat sebelum bertransaksi. Sebelum memutuskan untuk mentransfer uang untuk membeli barang, cek dulu nomor rekening penerima di sini.

Anda pun bisa memastikan apakah nomor rekening ini berpotensi dimiliki penipu atau tidak. Otomatis, Anda tidak akan mudah menjadi korban penipuan, khususnya gara-gara toko daring abal-abal.

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman bertransaksi di toko online penipu? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Sumber: inet.detik.com