bisnis online pelajar

5 Ide Bisnis Online Pelajar Terbaik

Ada banyak sekali ide bisnis online pelajar yang bisa dijalankan anak muda. Meski di usia pelajar, hal ini bukanlah halangan untuk mengembangkan bisnis. Asalkan mau telaten menjalankannya, bisnis bisa memberikan keuntungan.

Berbagai Ide Bisnis Online Pelajar

Ide Bisnis Untuk Para Pelajar

Mengapa pelajar sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan bisnis secara online? Hal ini disebabkan oleh kemudahan untuk melakukannya. Modal yang diperlukan juga tidak begitu besar. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang cocok untuk dicoba oleh para pelajar.

1. Membuka Toko Online di Marketplace

Opsi pertama yang bisa dijadikan pertimbangan pelajar untuk memulai toko online adalah marketplace. Di Indonesia, ada banyak marketplace yang berkembang dengan pesat. Semuanya menyediakan kemudahan tersendiri.

Selain itu, kebanyakan marketplace sudah menerapkan peraturan demi meminimalisasi penipuan. Sebagai contoh, marketplace menyediakan rekening bersama atau kemudahan pengiriman barang. Hal ini tentu akan memudahkan para pelajar memulai bisnis.

Hanya, pastikan untuk memilih produk yang tepat untuk dijual. Pastikan produk tersebut juga dicari oleh banyak orang. Jika tidak, bisa jadi bisnis tidak akan berjalan dengan lancar.

2. Menjadi Dropshipper

Kini, banyak orang yang tertarik menjadi dropshipper. Ini juga bisa menjadi ide bisnis online pelajar yang tepat. Hal ini disebabkan oleh jumlah modal yang perlu disiapkan cenderung minim.

Sebagai informasi, dropshipper hanya perlu mencari pelanggan dan mempromosikan produk. Mereka tak perlu membeli stok barang. Pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier.

Hanya, menjadi dropshipper berarti tidak bisa memantau produk sama sekali. Semua dikerjakan oleh supplier. Jika menemukan supplier berkualitas, bisnis akan berjalan lancar. Namun, jika supplier kurang tanggap, bisa menyebabkan masalah.

Sebagai contoh, supplier sulit dihubungi atau tidak memiliki stok barang yang cukup. Padahal, pembeli sudah menanti. Hal ini tentu bisa membuat pelanggan tak lagi mau melanjutkan transaksi.

3. Jasa Desain Grafis Online

Tak perlu harus bersekolah dahulu untuk mempelajari ilmu desain grafis. Banyak orang yang belajar sendiri lewat tutorial di internet atau mempelajarinya secara otodidak. Beberapa aplikasi yang digunakan adalah Photoshop, Corel Draw, After Effect, dan lain-lain.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti mengedit foto, mendesain logo dan banner. Selain itu, Anda juga bisa mendesain template untuk website.

Banyak orang yang membutuhkan desain-desain ini. Asalkan Anda mau membuka portofolio online yang bisa dilihat banyak orang, akan ada banyak orang yang mencari jasanya.

4. Endorse di Media Sosial

Mendapatkan endorse atau tawaran iklan di media sosial memang cukup sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, Anda harus mengumpulkan followers atau pengikut yang cukup banyak. Hanya, asalkan konten media sosial cukup menarik dan laris, biasanya cukup mudah mendapatkan endorse.

Beberapa media sosial yang berpotensi mendatangkan endorse adalah Instagram dan Twitter.

5. Menjadi Youtuber

Sebenarnya, sistem mendapatkan penghasilan Youtube mirip dengan endorse di media sosial. Asalkan konten Youtube menarik dan dilihat banyak orang, tawaran iklan akan berdatangan. Sayangnya, pesaing di Youtube sangatlah banyak. Selain itu, kanal Youtube harus diikuti setidaknya 1.000 orang dan telah memiliki 4.000 jam pengalaman untuk mendapatkan iklan.

Ide-Ide bisnis di atas memang sangat menarik bagi pelajar. Hanya, waspadai juga risiko kemungkinan terjadinya penipuan. Demi mencegahnya, rajin-rajinlah mengecek nomor rekening/telepon di situs ini sebelum bertransaksi online. Di sini, Anda bisa mengecek nomor rekening/telepon yang berpotensi memicu penipuan.

Dari semua ide bisnis tersebut, mana yang dianggap paling cocok untuk pelajar? Berikan saranmu di kolom komentar, ya?

Baca juga: Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa.