Instagram

Instagram Bisnis? Berikut 3 Cara Mudah Membuatnya

Membuat Instagram Bisnis kini semakin diminati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan bisnis yang kini mulai bergeser ke zaman serba digital. Dengan menggunakan akun Instagram Bisnis, diharapkan bisa membuat bisnis menjadi semakin berkembang. Hanya, seperti apa sih cara membuatnya?

Berbagai Fitur yang Dapat Mendukung Usaha

Sebelum jauh membahas tentang cara membuat Instagram Bisnis, sebaiknya Anda ketahui dulu fiturnya. Banyak orang yang berpikir jika Instagram hanyalah media sosial untuk pamer foto atau video saja. Padahal, realitanya Instagram kini juga telah dipakai untuk mendukung keperluan bisnis.

Fitur yang disediakan oleh Instagram bisa memberikan banyak keuntungan. Berikut adalah fitur-fitur tersebut.

1. Content Insight

Fitur ini bisa membuat Anda lebih mudah memonitor aktivitas di akun Instagram Bisnis. Anda bisa mengecek seberapa banyak orang yang tertarik di unggahan yang dibuat. Hal ini membuat Anda bisa melakukan penelitian tentang jenis postingan. Sebagai contoh, tipe postingan tertentu lebih diminati pelanggan. Sementara postingan lain justru sepi. Hal ini bisa dijadikan strategi promosi, bukan?

2. Audience Insight

Fitur Audience Insight bisa membuatmu melakukan studi demografi. Anda bisa mengecek seperti apa jenis-jenis orang yang melihat unggahan, baik itu di lini masa atau Story. Sebagai contoh, Anda bisa mengecek sebaran usia, jenis kelamin, atau lokasi pelanggan. Anda juga bisa mengecek kapan waktu terbaik mengunggah postingan atau promo.

3. Activity Insight

Activity Insight sangat penting bagi kebutuhan bisnis. Anda bisa mengecek seberapa banyak orang yang melihat profil Instagram Bisnismu. Selain itu, profil lain seperti e-mail, lokasi, dan lain-lain juga bisa dicek lewat fitur ini. Anda pun bisa memperkirakan seberapa jauh promosi bisa dilakukan.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Setelah mengetahui fiturnya, Anda bisa langsung mulai membuat akunnya. Caranya tidak begitu sulit kok. Anda tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Log In ke Akun Instagram

Masuk/Log In dulu ke akun Instagram pribadi milik Anda. Setelah itu, masuk ke bagian Pengaturan atau Setting di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, Klik Account.

2. Pilihan Mengubah Akun Instagram Bisnis

Anda akan dihadapkan pilihan untuk mengubah akun menjadi Instagram Bisnis. Pilihannya adalah Switch to Business Account. Setelah itu, pilih Continue. Anda tinggal memilih jenis bisnis yang Anda geluti. Sebagai contoh, Anda memilih Bisnis Lokal, Penyedia Produk atau Servis, atau di Bisnis Seni.

Usai memilih jenis bisnis, Anda tinggal melakukan konfirmasi dengan alamat e-mail atau nomor telepon. Keberadaan kedua hal ini penting demi keperluan transaksi. Jika ada pilihan untuk menyambungkan ke Facebook, bisa Anda pertimbangkan. Apalagi jika Anda ingin menggunakan Facebook untuk berbisnis.

3. Akun Instagram Bisnis Anda Siap

Setelah berbagai langkah di atas dilakukan, akun Anda sudah siap untuk digunakan. Anda bisa melakukan promosi bisnis Anda lewat unggahan Feed ataupun Stories serta Instagram TV. Pastikan bahwa konten-konten yang Anda buat menarik dan bisa viral. Semakin banyak orang melihatnya, semakin besar orang-orang tertarik dengan bisnis Anda.

Dalam berbisnis, Anda juga harus cermat dalam melakukan transaksi. Jangan sembarangan mengirim uang jika belum benar-benar yakin. Jika perlu, cek dulu nomor rekening penerima di sini. Anda pun bisa memastikan penerima bukanlah penipu.

Apakah Anda tertarik menggunakan Instagram Bisnis untuk mengembangkan usaha Anda? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan Aplikasi Whatsapp Bisnis.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124