Jangan Lakukan COD Sebelum Tahu Hal Ini!

Jangan Lakukan COD Sebelum Tahu Hal Ini!

Jangan lakukan COD jika Anda belum benar-benar mengetahui sistem pembayaran ini. Meski terlihat sangat aman bagi pembeli dan penjual, ada saja celah untuk melakukan tindak kejahatan dari COD. Jika hal ini sampai terjadi, bisa jadi Anda justru akan mengalami masalah. Lantas, apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan COD?

Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui saat ingin melakukan COD :

  1. Jangan Lakukan COD Jika Ada Kemungkinan Rawan Kejahatan
  2. Jangan COD Jika Akan Melakukannya Sendirian
  3. Tentukan Waktu yang Tepat
  4. Lakukan di Tempat yang Aman dan Nyaman
  5. Kedua Pihak Membagikan “Live Location”
  6. Membawa Uang Secukupnya
  7. Cek Lebih Dulu Barang yang Akan Dibeli

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan COD

Sebelum melakukan COD antara penjual dan pembeli, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips aman berikut ini :

1. Jangan Lakukan COD Jika Ada Kemungkinan Rawan Kejahatan

COD (Cash on Delivery) adalah sistem pembayaran yang membuat pembeli dan penjual bertemu. Penjual menyerahkan barang, sementara pembeli bisa mengecek barang dan kemudian membayarnya. Kedua pihak bisa puas jika transaksi telah selesai dilakukan. Masalahnya, cara pembayaran ini ternyata rawan tindak kejahatan.

Sebagai contoh, jika salah satu di antara penjual atau pembeli meminta COD di tempat yang sepi, sebaiknya dihindari. Lebih baik COD dilakukan di keramaian. Jika hal ini tetap dilakukan, dikhawatirkan bisa terjadi perampokan atau penipuan.

Selain itu, Anda juga harus mewaspadai COD palsu. Contohnya, ketika calon pembeli meminta COD untuk mengecek barang. Saat pembeli membawa barang tersebut ke lokasi yang ditentukan, dia dijebak. Yang terjadi, barang tersebut dirampok sehingga merugikan dan bisa membahayakan penjual atau kurir ekspedisi yang mengantar barang tersebut

2. Jangan COD Jika Akan Melakukannya Sendirian

Jika penjual dan pembeli bertemu untuk COD di sebuah tempat, sebaiknya tidak sendirian. Bawalah rekan atau anggota keluarga untuk menemani. Baik itu pria atau wanita, sebaiknya menerapkan hal ini agar tidak mudah jadi korban tindak kriminal

Selain itu, keberadaan rekan atau keluarga saat COD bisa membantu memberikan pendapat. Khususnya tentang kualitas barang yang dibeli. Dengan adanya pendamping saat ingin melakukan COD di tempat tertentu, tentunya pembeli akan merasa lebih aman.

3. Tentukan Waktu yang Tepat

Meski terlhat sepele, jangan sembarangan melakukan COD khususnya di waktu-waktu rawan kejahatan. Waktu ideal untuk melakukannya yaitu dari pukul 10.00 hingga 20.00. Di waktu ini, jalanan atau tempat lainnya cenderung masih ramai. Jika dilakukan lebih pagi atau lebih larut, dikhawatirkan rawan terjadi kejahatan.

4. Lakukan di Tempat yang Aman dan Nyaman

Beberapa tempat umum seperti Kafe, restoran, minimarket hingga warung-warung bisa dijadikan pilihan untuk melakukan COD. Tempat-tempat ini biasanya nyaman dan aman untuk dijadikan lokasi pertemuan. Lokasinya juga cenderung ramai sehingga jarang terjadi tindak kejahatan.

Hindarilah tempat-tempat yang gelap, sepi, atau bahkan jauh dari permukiman. Lokasi-lokasi inilah yang paling tidak direkomendasikan untuk COD.

5. Kedua Pihak Membagikan “Live Location”

Di aplikasi perpesanan Whatsapp, ada fitur “Live Location”. Dimana fitur ini bisa dipakai penjual atau pembeli yang akan melakukan COD untuk mengetahui lokasi terkini dalam jangka waktu tertentu. Kedua belah pihak pun bisa saling memantau sehingga bisa mencegah orang-orang yang akan melakukan COD palsu.

6. Membawa Uang Secukupnya

Jika Anda seorang pembeli, sebaiknya bawa uang secukupnya untuk membayar barang yang dipesan. Selain itu, perhatikan juga uang transport untuk menemui sang penjual di lokasi yang sudah disepakati. Jangan bawa uang terlalu banyak karena Anda akan jadi sasaran empuk oknum-oknum pungli dan tindak kejahatan lainnya.

7. Cek Lebih Dulu Barang yang Akan Dibeli

Selalu cek barang yang dijual di marketplace/e-commerce. Anda bisa mengecek kualitas terbaik dari barang tersebut dan atau kekurangannya. Selain itu, Anda bisa saja melakukan tawar-menawar harga dengan lebih baik, jika opsi itu memungkinkan.

Jika Anda kesulitan melakukan COD untuk membayar sebuah pesanan, jangan sembarangan asal mentransfer uang. Pastikan Anda mengecek nomor rekening tujuan terlebih dulu di sini. Dengan melakukan hal ini terlebih dulu, Anda bisa terhindar dari penipuan-penipuan online.

Apakah Anda sebelumnya pernah melakukan sistem pembayaran COD? Kalau sudah, bagikan pengalamanmu dan tips-tips nya di kolom komentar, ya?

Sekian dan semoga bermanfaat!

Sumber : Sahabat Si Cepat

Baca Juga : Apa Itu COD? Berikut Adalah Penjelasannya