kekurangan kartu debit

Kekurangan Kartu Debit, Apa saja sih?

Kartu debit dianggap sebagai salah satu benda yang bisa memberikan banyak kemudahan, khususnya saat berbelanja atau melakukan transaksi lainnya. Tak hanya membuat kita tak perlu membawa uang dalam jumlah banyak, kartu debit juga bisa digunakan untuk menarik uang jika diperlukan. Sayangnya, penggunaan kartu debit ternyata juga memiliki kekurangan tersendiri, lho.

Kekurangan Penggunaan Kartu Debit yang Sebaiknya Kita Ketahui

Terdapat beberapa risiko dari penggunaan kartu debit yang dilakukan dengan sembarangan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Terdapat Limit yang Berlaku Per Hari

Kartu debit bisa membuat kita berbelanja tanpa perlu membawa banyak uang, namun bukan berarti kita bisa berbelanja sesuka hati. Dalam realitanya, kebanyakan kartu debit memberlakukan limit atau pembatasan yang berlaku setiap hari. Hal ini berarti, kita hanya bisa membelanjakan uang dalam jumlah yang terbatas.

2. Tidak Selalu Bisa Digunakan di Sembarang Tempat

Berbeda dengan kartu kredit yang cenderung bisa dipakai di berbagai tempat, kartu debit belum tentu bisa digunakan di banyak tempat. Sebagai contoh, di beberapa hotel atau persewaan kendaraan, hanya menyediakan pelayanan kartu kredit. Beberapa toko juga tidak menyediakan pelayanan bagi kartu debit karena tidak memiliki mesin penggeseknya. Hal ini tentu bisa memberikan kerepotan tersendiri, bukan?

 3. Terdapat Biaya Bulanan

Beberapa bank ternyata mengenakan biaya bulanan bagi pengguna kartu debit. Masalahnya adalah terkadang biaya bulanan ini bisa cukup besar. Jika jumlah tabungan yang kita miliki cukup besar, bisa jadi biaya yang dikenakan juga cukup besar. Hal yang sama juga berlaku jika penggunaan transaksi setiap bulannya cukup besar.

4. Terkadang Tidak Dijamin oleh Bank

Meski disediakan oleh bank, terkadang bank justru tidak memberikan jaminan pada penggunaan kartu debit yang kita gunakan. Apalagi jika terjadi penipuan atau kasus lainnya, bisa jadi kerugian yang kita alami tidak diganti atau mendapatkan jaminan pada bank. Kita pun tidak akan mendapatkan uang kembali.

Kita pun harus benar-benar cermat dalam menggunakan kartu debit agar tidak sampai mengalami hal ini.

5. Bisa Disalahgunakan

Jika sampai kartu debit hilang, maka kartu ini akan rentan disalahgunakan orang lain. Apalagi jika PIN yang dipakai pada cenderung lemah dan bisa ditebak. Bisa jadi uang tabungan kita akan ludes karena diambil oleh orang lain.

Melihat fakta ini, ada baiknya kita mengganti PIN kartu debit kita yang lebih aman. Selain itu, cobalah untuk memakai pengaman lain seperti tanda tangan sehingga jika sampai kartu menghilang, tidak akan mudah menjadi korban penyalahgunaan.

Jika kamu ingin menggunakan kartu debit untuk melakukan transaksi online namun tak ingin menjadi korban penipuan, pastikan untuk selalu mengecek nomor rekening atau toko online disini terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Selain itu, pastikan untuk selalu cermat untuk menggunakannya.

Kalau menurut kamu, apakah kartu debit memang dibutuhkan? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya?

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124