Lupa PIN ATM? Ini Solusinya

Lupa PIN ATM? Ini Solusinya!

Lupa PIN ATM adalah hal yang wajar dialami siapa saja. Meski biasanya bisa mengingatnya, bisa saja dalam suatu waktu benar-benar lupa. Masalahnya, hal ini bisa saja membuat kartu ATM terblokir. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Berikut poin-poin penting yang harus Anda ketahui ketika lupa PIN ATM.

  1. Cara Mengatasi Lupa PIN ATM
    1. Mengatasi ATM Terblokir di Bank BCA
    2. Jika yang Terblokir adalah Kartu ATM BRI
    3. Mengatasi Kartu ATM BNI yang Terblokir
    4. Jika yang Terblokir adalah Kartu ATM Mandiri
  2. Tips Agar Tidak Mudah Lupa PIN ATM

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM

Kalau Anda lupa PIN ATM dan terus mencoba, maka kartu ATM bisa terblokir. Hal ini disebabkan oleh aturan bank yang membatasi percobaan PIN maksimum tiga kali saja. Jika lebih dari itu maka kartu ATM akan terblokir. Kalau sampai kartu ATM terblokir, maka mau tidak mau Anda harus mengurus ke bank terkait agar bisa dipakai kembali.

Berikut adalah cara mengatasi ATM terblokir, sesuai dengan jenis bank yang Anda pakai.

1. Mengatasi ATM Terblokir di Bank BCA

Jika kartu ATM yang Anda pakai adalah BCA, maka segeralah hubungi Call Center bank-nya jika terblokir. Nomornya adalah 1500888. Hanya saja, pastikan bahwa Anda sudah mengingat kembali PIN lama atau menemukan catatannya.

Saat menelepon Call Center, Anda harus menjawab sejumlah pertanyaan. Contohnya, nomor rekening, sisa saldo, tempat tanggal lahir, hingga nama ibu kandung. Mereka melakukannya untuk menghindari penipuan. Jika Anda sudah dipastikan pemilik sah dari rekening, maka 5 menit kemudian kartu ATM Anda aktif kembali.

2. Jika yang Terblokir Adalah Kartu ATM BRI

Beda dengan BCA, Anda harus segera datang ke kantor cabang BRI jika kartu ATM terblokir. Siapkan buku tabungan, kartu ATM, sekaligus KTP. Temuilah bagian Customer Service. Sebelumnya, berikan penjelasan urusan Anda kepada Satpam untuk mendapatkan nomor antrian.

Setelah mengisi formulir untuk mengaktifkan kembali kartu ATM, biasanya Anda akan dikenakan biaya Rp 5 ribu. Kartu ATM pun akan segera aktif kembali setelah urusan dengan Customer Service selesai.

3. Mengatasi Kartu ATM BNI yang Terblokir

Ketika Anda lupa PIN kartu ATM Bank BNI, Anda bisa melakukan SMS Banking dengan mengirim ke nomor 3346. Caranya adalah dengan mengetik RPIN – spasi – Nomor rekening BNI – Tanggal Lahir. Hanya saja, pastikan bahwa Anda sudah memakai layanan SMS Banking sebelumnya.

Jika belum memakai layanan SMS Banking, hubungilah Call Center BNI di 1500046. Anda bisa meminta bantuan Customer Service untuk memberitahu PIN ATM atau prosedur mengatasi kartu ATM yang terblokir.

Nah, kalau Anda tidak bisa melakukan kedua cara sebelumnya, ada cara lain. Datanglah ke kantor bank BNI sambil membawa Kartu Keluarga, buku tabungan, dan tanda pengenal seperti KTP.

4. Mengatasi Kartu ATM Mandiri yang Terblokir

Jika kartu ATM Mandiri Anda terblokir, sebaiknya datang ke kantor bank-nya. Bawalah Buku tabungan, KTP, dan kartu ATM. Temui bagian Customer Service dan utarakan masalah Anda terkait dengan kartu ATM yang terblokir. Maka Customer Service akan membantu mengatasi masalah terkait kartu ATM Mandiri Anda.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa PIN ATM

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah lupa PIN ATM, diantaranya :

  1. Jangan pernah memakai tanggal lahir atau alamat rumah sebagai PIN ATM.
    Meski mudah diingat, hal ini sangat mudah ditebak. Risikonya, ada orang lain bisa memakai ATM Anda. Anda juga sebaiknya tidak memakai tanggal lahir anak atau pasangan.
  2. Pakailah PIN yang didasari oleh sesuatu yang Anda sukai
    Pakai PIN ATM yang mudah diingat berdasarkan hal-hal apa saja yang Anda sukai. Namun hanya Anda yang tahu. Sebagai contoh, tanggal lahir idola Anda, atau tanggal di mana Anda menikah dan lain-lain.
  3. Simpanlah PIN ATM di catatan.
    Untuk antisipasi, catatlah dan simpanlah PIN ATM Anda di media atau tempat yang dinginkan. Pastikan tidak memasukannya di ponsel. Jika memang ingin memasukkannya di ponsel, gunakan kode yang tidak mudah ditebak. Hanya Anda yang mengerti maksud dari kode catatan tersebut.

Selain cermat dengan PIN ATM, Anda juga harus cermat dalam melakukan transaksi perbankan. Contohnya, jika Anda melakukan jual-beli online, jangan asal mengirim uang. Pastikan untuk mengecek nomor rekening tujuan di sini dulu.

Meski sepele, dengan begitu Anda bisa memastikan apakah rekening tujuan dimiliki penipu atau tidak. Anda pun tidak akan mudah menjadi korban penipuan dan juga mencegah orang lain terhindar dari hal tersebut

Apakah Anda punya trik khusus agar tidak mudah lupa dengan PIN ATM? Jika iya, bagikan di kolom komentar, ya?

Sekian dan semoga bermanfaat!

Sumber : Cermati

Baca Juga : Solusi ATM Tertelan, Harus Bagaimana?