Tips Lupa Pin ATM

Lupa PIN ATM? Ini Solusinya

Lupa PIN ATM tentu akan membuat kepanikan tersendiri. Apalagi jika Anda sudah memasukkan kartu ATM dan salah memasukkan PIN. Jika dipaksakan lagi, dikhawatirkan bisa membuat kartu ATM terblokir. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi lupa PIN ATM?

Mengatasi Lupa PIN ATM

Sebagai informasi, Personal Identification Number (PIN) bisa dijelaskan sebagai pengaman dengan kode angka. Kode ini terdiri dari enam digit angka yang harus Anda masukkan untuk menggunakan ATM. Biasanya, sistem bank hanya membatasi kesalahan PIN ATM maksimal 3 kali saja. Jika kesalahan sudah dilakukan sebanyak itu, maka kartu ATM akan diblokir.

Sayangnya, satu-satunya mengatasi kartu ATM yang diblokir hanyalah dengan datang ke bank. Anda harus meminta bantuan Customer Service (CS) untuk mengatasinya. Untuk mengurusnya, Anda juga harus membawa buku tabungan dan tanda pengenal. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik kartu ATM tersebut.

Setelah menemui CS, Anda biasanya akan diminta untuk melakukan perubahan PIN ATM. Biasanya, PIN awal standar adalah 123456. Setelahnya, Anda akan diminta untuk mengubah PIN tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan di mesin EDC. Proses ini dilakukan di meja CS. Meski begitu, hanya Anda yang tahu tentang PIN tersebut.

Setelah PIN diganti, Anda biasanya akan langsung diminta untuk mencobanya di ATM terdekat. Tak harus untuk menarik uang, Anda juga bisa memakainya untuk mengecek saldo. Hal ini hanya dibutuhkan untuk mengecek apakah kartu ATM Anda sudah tidak lagi terblokir.

Hanya, proses pengubahan PIN kembali ini ternyata membutuhkan biaya. Meskipun begitu, biayanya tidak begitu mahal.

Tips Mencegah Lupa PIN ATM

Demi mencegah kamu lupa PIN ATM lagi, lakukan beberapa hal berikut ini. Anda pun tidak akan lagi kerepotan untuk mengurus kartu ATM yang terblokir.

1. PIN Sebaiknya Bukan Tanggal Lahir atau Alamat Rumah

Meskipun hal ini bisa membuat PIN ATM sangat mudah diingat, sayangnya PIN ini sangat mudah ditebak. Jika sampai PIN hilang atau ditemukan oleh orang lain, bisa jadi akan disalahgunakan. Selain tanggal lahir sendiri, jangan pakai tanggal lahir anggota keluarga lainnya. Alasannya juga sama, yakni terlalu mudah ditebak oleh orang lain.

2. Gunakan PIN yang Membuat Anda Ingat Pada Sesuatu yang Hanya Anda Tahu

Sebagai contoh, gunakan tanggal pernikahan Anda atau tanggal pertama Anda memakai PIN tersebut. Tidak semua orang tahu dengan Angka tersebut, namun Anda bisa benar-benar mengingatnya.

3. Gunakan PIN yang Terkait dengan Idola Anda

Jika Anda suka dengan sepak bola atau pemain sepak bola tertentu, bisa kok menggunakannya sebagai PIN. Sebagai contoh, anda suka dengan klub Schalke 04, bisa memakai PIN 504504 yang mirip dengan inisial klub tersebut. Anda juga bisa memakai tanggal lahir penyanyi idola.

4. Simpan PIN Anda

Jangan menyimpan PIN Anda di nomor kontak ponsel. Simpanlah di semacam dokumen di ponsel Anda. Selain itu, jangan berikan informasi bahwa nomor tersebut adalah nomor PIN. Simpanlah dengan penjelasan atau nama lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan PIN di secarik kertas yang disimpan di dalam dompet. Jika lupa, Anda bisa sewaktu-waktu mengeceknya.

Tak hanya cermat mengingat PIN, Anda juga harus cermat sebelum mentransfer uang. Sebelum mengirim uang, cek dulu nomor rekening tujuan di sini demi mencegah terjadinya penipuan.

Anda punya trik tersendiri agar tidak mudah lupa PIN ATM? Berikan tipsmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Jika Tarik Tunai Tapi Uang Tidak Keluar.