Manfaat Investasi Saham Bagi Investor Saham

Manfaat Investasi Saham Bagi Investor Saham

Halo pengguna Kredibel, sebelumnya kita sudah membahas mengenai modus penipuan berkedok investasi saham. Di artikel ini kita akan bahas mengenai manfaat investasi saham bagi investor.

Bukan lagi sebuah rahasia kalau investasi saham bisa membuat Anda kaya di masa depan.  Buktinya, banyak milyarder dunia yang jadi kaya raya karena berinvestasi saham sejak lama, seperti Peter Lynch atau John Bogle.

Hal itu tentu saja dikarenakan adanya capital gain atau dividen yang menjadi keuntungan dari para investor saham.

Manfaat Investasi Saham Bagi Investor Saham

Dilansir dari koinworks.com, berikut beberapa manfaat investasi saham bagi investor saham;

1. Wawasan Menjadi Lebih Luas dan Terbuka

Saat terjun menjadi investor saham, Anda akan mempunyai wawasan yang luas. Mengapa? karena Anda dituntut untuk lebih sensitif akan informasi-informasi yang ada di dunia. Caranya tentu dengan banyak membaca semua berita.

Dengan membaca dan mengetahui berita yang ada, Anda akan mendapat informasi-informasi seputar bisnis, industri ataupun politik yang bisa menjadi pemicu para investor dalam membeli saham.

Percaya atau tidak, saat masuk ke dunia saham, baca berita bakalan menjadi kebutuhan untuk Anda. Secara psikologis, Anda akan terus mau tahu berita, karena ingin selalu menganalisis keadaan pasar, khususnya industri dari produk instrumen saham Anda.

2. Dapat Menjadi Warisan dan Dana Pensiun

Tahukah Anda? Kalau saham bisa diwariskan juga, selayaknya uang, rumah, emas atau properti.  Selain itu, manfaat investasi saham, lainnya adalah bisa menjadi simpanan untuk dana pensiun.

Engga percaya? Ini buktinya. Saat Steve Jobs, pendiri apel, meninggal dunia. Isterinya, Laurene Powell Jobs, menjadi perempuan terkaya karena mendapat warisan berupa saham Apple bernilai US$ 560 juta.

Hal ini pun juga berlaku lho di Indonesia, bahkan ada undang-undang yang melatarbelakanginya.

Pasal 833 KUH Perdata berbunyi, Ahli waris dengan sendirinya karena hukum memperoleh hak milik atas segala barang, segala hak, dan segala piutang si meninggal.”

Saat seseorang khawatir akan keberlangsungan hidupnya, ia tidak perlu khawatir untuk menjual seluruh sahamnya, karena pewarisan saham yang diperdagangkan di bursa atau tidak, telah diatur oleh Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) Pasal 87 dan Pasal 88.

Lalu bagaimana saham bisa menjadi dana pensiun?

Saham yang disimpan bertahun-tahun akan menghasilkan capital gain yang signifikan. Tentunya, saat nanti tua, hal itu sangat berguna bagi Anda daripada hanya sekadar menabung dan tergerus inflasi.

3. Manfaat untuk Membentuk Mental Wirausaha

Saat Anda membeli sebuah saham perusahaan, artinya Anda adalah pemilik perusahaan tersebut. Walaupun bukan kepemilikan tapi tentu ada perasaan superior saat mengetahui bahwa Anda memiliki aset sebuah perusahaan.

Saat Anda membeli saham dari sebuah perusahaan, bisnis dari perusahaan tersebut akan memutar uang Anda.

Namanya berbisnis, tentu tak selalu mulus. Ada saatnya berada di atas dan di bawah. Bisa menjadi untung ataupun rugi. Nah, perasaan tersebut juga bakal dirasakan para investor saham. Anda akan membentuk mental wirausaha karena merasakan sebuah capital gain (keuntungan) atau pun capital loss (kerugian).

Seringkali hal ini bikin para investor takut, apalagi jika sudah membeli saham tersebut dengan dana yang banyak. Ada kalanya nilai uang saham kita mengalami penurunan yang drastis. Angka persennya jadi warna merah menyala, dan portofolio bagaikan rapot dengan banyak nilai merah.

Walaupun keadaan seperti itu akan terjadi, tetapi percayalah lambat laun Anda akan beradaptasi dengan itu. Nah, lalu jika Anda berniat untuk terjun sebagai pengusaha, tentunya lebih siap mental dan tidak terlalu kaget saat mengalami kerugian.

4. Investasi Saham untuk Mahar Perkawinan

Sudah banyak berita di google tentang masalah ini lho temen-temen. Memang fenomena ini belum banyak dilakukan orang. Tetapi, bisa menjadi pertimbangan yang menarik bagi Anda yang ingin menikah.

Tentunya, mas kawin berupa saham ini sangat berguna di masa depan. Sebagai salah satu produk investasi jangka panjang, instrumen ini akan terus tumbuh dengan berlalunya waktu.

Tetapi, jika Anda belum siap untuk terjun ke investasi saham, jangan berkecil hati karena banyak juga jenis investasi lain seperti Reksa Dana, Obligasi, atau Peer-to-Peer Lending di KoinP2P dari KoinWorks, Super Financial App, yang sudah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, mulai investasi sekarang! Jangan lagi menunda-nunda, karena masa depan yang lebih baik, dimulai dari apa yang Anda lakukan hari ini. Happy investing!

WASPADA PENIPUAN ONLINE!

Anda perlu berhati-hati dengan tindakan penipuan ini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah Anda bisa cek nomor rekening atau no telepon tujuan sebelum melakukan transaksi di sini. Dengan begini, Anda bisa mengetahui apakah pemilik nomor tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak.

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!