Manfaat Investasi Saham dan Pasar Modal Bagi Negara Indonesia

Manfaat Investasi Saham Bagi Negara Indonesia

Halo pengguna Kredibel, sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat investasi saham bagi para investor saham. Nah, di postingan ini kita akan membahas manfaatnya bagi Negara Indonesia.

Ada salah satu teori ekonomi pembangunan yang dinamakan dengan Teori Tabungan dan Investasi. Teori ini disampaikan oleh Harrod-Domar dan menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ditentukan dari tingginya tabungan serta investasi. Jika tabungan serta investasinya tinggi maka pertumbuhan ekonomi suatu negara juga akan tinggi, dengan catatan jika kegiatan investasinya adalah kegiatan yang sehat atau menguntungkan.

Sebenarnya investasi penting untuk semua pihak, tidak hanya kepada investor secara individual. Investasi menimbulkan hubungan timbal balik. Saat perusahaan memutuskan untuk menjual sahamnya di bursa efek, maka sudah pasti ada modal yang tengah disuntikkan agar roda industri bisa berjalan. Industri yang berjalan berpotensi untuk berkembang sehingga menghasilkan profit yang diharapkan.

Perusahaan dapat meningkatkan peralatan usaha, menambah karyawan, dan melakukan ekspansi pada usahanya melalui investasi yang dilakukan masyarakat,. Lapangan kerja akan terbuka untuk mencari sumber daya yang unggul. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut mampu memberikan pajak yang lebih besar kepada pemerintah.

Saat perusahaan mampu menghasilkan pajak yang besar, target pertumbuhan ekonomi negara bisa tercapai. Pemerintah bisa membangun infrastruktur, meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas fasilitas kesehatan, dan sebagainya.

Menurut poems.co.id, memiliki lembaran saham suatu perusahaan tidak hanya berdampak kepada laba secara pribadi. Saat saham suatu perusahaan melantai di bursa, perekonomian sedang diserahkan ke tangan kita. Satu keputusan berinvestasi yang kini bisa dilakukan dengan satu sentuhan jari bisa jadi peran serta masyarakat dalam menggerakan roda ekonomi dan menentukan masa depan Indonesia. Menakjubkan bukan?

img
Jakarta Composite Index – 10 Years
Source: poems.co.id

Dari gambar diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam rentang waktu 10 tahun terakhir (2009—2019) pasar modal Indonesia bergerak naik ke atas secara historis. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang bergerak fluktuatif. Tetapi jika ditarik garis lurus, IHSG terus melaju ke arah yang positif.

Manfaat Investasi Saham atau Pasar Modal Bagi Negara

Berikt ini manfaat utama pasar modal bagi negara dikutip dari poems.co.id dan analisafundamental.com.

1. Mengurangi Pengangguran

Pembangunan akan dilakukan dan peluang menambah sumber daya akan terbuka secara lebar dengan modal yang bergulir ke perusahaan dan pemerintahan. Investasi yang kita lakukan akan membangun pabrik, infrastruktur, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, dan secara otomatis membuka banyak lapangan pekerjaan yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan.

Dengan begitu, aktivitas produksi dapat berjalan dengan baik didukung dengan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Meningkatkan Pendapatan Per Kapita

Produk Domestik Bruto (PDB), PDB atau pendapatan nasional merupakan cermin pertumbuhan ekonomi negara yang dihitung melalui empat komponen utama, di antaranya konsumsi (C), investasi (I), belanja pemerintah (G), dan total bersih ekspor (X) dikurangi impor (M).

Investasi memiliki hubungan erat dengan PDB suatu negara. Jika investasi terhadap Indonesia turun, maka PDB-nya akan turun juga. Sebaliknya, jika investasi mengalir deras, maka PDB Indonesia akan memunculkan hasil yang gemilang.

3. Memajukan Negara dalam Jangka Panjang

Perekonomian negara dalam jangka panjang bisa lebih terjamin jika investor domestik memiliki peran yang lebih besar. Investor luar memang membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia dalam jangka menengah. Tetapi dalam jangka panjang, keuntungan yang lebih besar akan mengalir ke negara asal investor tersebut.

Jika investor domestik menyadari hal ini, seharusnya, mengambil peran besar di negara sendiri tidak lagi jadi masalah. Sebab dalam jangka panjang, investasi bisa menghasilkan.

Hal ini bisa juga membantu mendorong perkembangan industri barang ekspor yang non-migas untuk mendapatkan devisa, menjadi salah satu sumber biaya untuk pembangunan berbagai bidang seperti infrastruktur dan lain-lain. Investasi atau penanaman modal asing juga bisa digunakan oleh negara untuk mengembangkan industri substitusi impor sehingga bisa menghemat devisa

4. Membantu Kemajuan Produsen yang Ada di Dalam Negeri

Hal ini dikarenakan penanaman modal asing yang akan diikuti oleh masuknya berbagai produk dari luar negeri ke Indonesia. Nah, dengan kondisi ini, jelas produsen dalam negeri bisa lebih terpacu untuk meningkatkan produktifitas serta kualitas produknya supaya bisa mengimbangi produk asing tersebut.

5. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sebagai contoh, ada perusahaan otomotif Jepang yang membangun perusahaan assembling-nya di Indonesia. Dengan demikian akan banyak ahli otomotif yang berasal dari Jepang untuk turut serta terlibat proses produksi di Indonesia sehingga tidak menutup kemungkinan tenaga kerja Indonesia sendiri mendapatkan ilmu baru dari para ahli Jepang tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat investasi saham atau pasar modal bagi Negara Indonesia.

WASPADA PENIPUAN ONLINE!

Anda perlu berhati-hati dengan tindakan penipuan ini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah Anda bisa cek nomor rekening atau no telepon tujuan sebelum melakukan transaksi di sini. Dengan begini, Anda bisa mengetahui apakah pemilik nomor tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak.

Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Penipuan Berkedok Investasi Saham.