Manfaat Website E-Commerce

Manfaat Website E-Commerce, Apa Saja Ya?

Manfaat website e-commerce ternyata masih belum banyak diketahui banyak orang. Mereka masih meremehkan fungsinya. Padahal, realitanya website e-commerce bisa memberikan dampak yang jauh lebih besar dari yang dibayangkan. Lantas, apa saja sih manfaat website e-commerce tersebut?

Mengapa Harus Memiliki Website E-Commerce?

Banyak orang yang merasa cukup hanya dengan menggunakan media sosial untuk promosi usahanya. Padahal, memiliki website e-commerce bisa memberikan dampak jauh lebih besar. Tak hanya sebagai tempat promo atau informasi produk, website ini bisa Anda jadikan tempat mengatur strategi.

Anda bisa melakukan analisis tentang promosi, penjualan, dan lain-lain dengan lebih baik. Hal ini tentu akan membantu Anda mengetahui produk yang laris atau cara promosi terbaik. Dampaknya, usaha Anda tentu bisa semakin membaik, bukan?

Berbagai Manfaat Website E-Commerce

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

1. Bisa Melakukan Promosi dan Jualan 24 Jam

Sebenarnya, baik itu media sosial ataupun website e-commerce bisa jadi ajang promosi dan jualan 24 jam. Hanya, Anda tidak bisa selalu memantau media sosial dan berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini tentu bisa jadi masalah bukan?

Tidak semua media sosial memberikan pilihan membalas pesan pelanggan secara otomatis. Hanya, jika Anda memakai website e-commerce bisa mengaturnya. Sebagai contoh, jika ada pelanggan yang bertanya, Anda tinggal menyiapkan pesan yang bisa diisi oleh pelanggan. Jika ada pelanggan yang ingin membeli, mereka tinggal memesan sesuai dengan format yang telah diberitahukan sebelumnya.

2. Pemasaran Bisa Lebih Efektif

Membuka website e-commerce mirip dengan membuka toko di tempat yang paling strategis. Siapa saja bisa melihatnya. Jika Anda melakukan promosi yang tepat dan menarik, tentu akan banyak orang yang jadi calon pelanggan.

Selain pemasaran yang jadi lebih efektif, website e-commerce jelas lebih mudah dikelola dibanding memiliki toko fisik. Anda tak perlu memikirkan kebersihan, penjaga, listrik, air, biaya sewa, dan lain-lain. Hal ini tentu membuat Anda bisa menghemat banyak biaya.

3. Pelanggan Lebih Nyaman

Dibandingkan dengan harus pergi ke toko fisik, semakin banyak orang memilih pergi ke toko daring. Di toko fisik, belum tentu barang yang mereka butuhkan bisa ditemukan. Sementara itu, di toko daring atau website e-commerce, tersedia berbagai jenis barang. Anda pun bisa benar-benar mencari barang yang sesuai.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau lansia, keberadaan website e-commerce sangatlah membantu. Mereka tak perlu lagi keluar rumah yang cukup menyulitkan demi mendapatkan barang yang dibutuhkan.

4. Membangun Kredibilitas Usaha

Asalkan website e-commerce dipelihara dengan baik, maka kredibilitas usaha pun akan semakin meningkat. Semakin banyak orang yang percaya dengan bisnis Anda sehingga penjualan pun semakin meningkat. Hanya, menjaga reputasi yang baik memang tidak mudah. Anda harus benar-benar cermat dalam mengurus website e-commerce ini.

5. Kemudahan Bagi Konsumen Termasuk Manfaat Website E-Commerce

Dilansir dari sirclo.com, website e-commerce bermanfaat juga bagi konsumen diantaranya;

  • Pertama konsumen bisa melakukan pengecekan, kemudian perencanaan maupun langsung melakukan pembelian dan pemesanan produk atau jasa pada beberapa usaha tertentu. Beda halnya dengan toko offline yang mana memiliki jam buka dan tutup. Dengan e-commerce ini tentu saja Anda dapat menggunakan layanan selama 24jam dalam 7 hari.
  • Kedua adalah lebih menghemat waktu karena tidak perlu datang ke toko karena konsumen cukup membuka websitenya kemudian cek produk dan jika sudah cocok langsung dipesan dan nantinya akan diantarkan ke rumah konsumen.
  • Terakhir, konsumen juga dapat membandingkan beberapa produk yang ada di beberapa toko tanpa harus mendatangi tempatnya karena tinggal mengeklik di beberapa website saja.

Jika sudah memutuskan untuk membuat website e-commerce, jangan lupa untuk berhati-hati dengan penipuan yaa. Sebelum bertransaksi, pastikan Anda cek nomor rekening tujuan di sini.

Kalau menurut Anda, apakah website e-commerce memang bermanfaat? Berikan pendapatmu terkait hal ini di kolom komentar, ya?

Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Sebelum Membuat Website E-Commerce.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124