Cara Melaporkan Penipuan di Shopee

Tips Melaporkan Penipuan di Shopee

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee juga tidak mau berdiam diri saat tahu tentang adanya penipuan yang sering terjadi. Memang, mereka tidak menjadi korban secara langsung, namun tetap saja hal ini bisa merusak reputasi dan kepercayaan pengguna. Karena alasan inilah Shopee juga melakukan berbagai tindakan untuk menurunkan angka penipuan.

Shopee Melayani Pelaporan Penipuan

Ternyata, sejak November 2018, Shopee sudah menyediakan semacam formulir yang bisa dipakai oleh para korban penipu untuk melaporkan kejadian yang dialaminya saat melakukan transaksi. Kamu bisa mencarinya di laman Help atau FAQ di situs resmi Shopee. Cukup dengan mencari pertanyaan tentang cara melaporkan penipuan, kita sudah bisa mendapatkan informasi tentang cara melaporkannya.

Selain dengan mengisi formulir, Shopee juga menyediakan layanan laporan dengan menggunakan SMS. Cara ini memang cukup praktis, namun kita harus cermat dalam mengirim pesan sehingga laporan kita bisa benar-benar ditangani.

Bagi pengguna operator seluler Telkomsel, bisa mengirim pesan ke nomor 1166 dengan format “Penipuan#[nomor ponsel pelaku penipuan]#[kasus yang dilaporkan]”.

Bagi pengguna operator seluler XL, bisa mengirim pesan ke nomor 588 dengan format pesan “Lapor#[nomor ponsel pelaku penipuan]#[kasus yang dilaporkan]”.

Bagi pengguna operator Indosat, mengirim pesan ke nomor 726 dengan format pesan SMS (spasi) nomor ponsel pelaku penipuan (spaso) isi laporan tentang penipuan.

Isi pesan yang menunjukkan tentang informasi penipuan bisa berupa pesan SMS, isi surat elektronik, hingga tautan yang dikirimkan oleh penipu yang mengatasnamakan diri dari Shopee.

Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Indikasi Penipuan di Shopee

Sebagai informasi, Shopee mengeluarkan penyataan yang isinya adalah mereka hanya memberikan informasi terkait promo, undian, atau hal-hal lainnya di situs resminya, aplikasinya, serta media komunikasi resmi milik Shopee. Jika kita mengalami indikasi penipuan, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Jangan pernah memberikan password/kode verifikasi/OTP kepada siapapun, apalagi yang mengirim pesan yang mengatasnamakan Shopee.

2. Waspadai tautan selain dari situs resmi shopee. Selalu cermati tautan karena biasanya sangat mirip dengan tautan yang asli.

3. Jika mendapatkan arahan dari media sosial, pastikan bahwa media sosial tersebut adalah milik Shopee.

4. Jika ragu dengan informasi tertentu, sebaiknya menghubungi customer service dari Shopee.

5. Jika sudah terlanjur mengeluarkan uang, segera hubungi bank yang melayani nomor rekening kamu untuk melakukan pemblokiran.

Selain dengan mengikuti arahan dari Shopee tersebut, sebaiknya kita juga mengecek toko online atau nomor rekening yang diberikan oleh penjual disini terlebih dahulu demi memastikan bahwa kita bisa bertransaksi dengan aman dan tidak mengalami penipuan.

Menurut Anda, arahan yang disediakan oleh Shopee ini sudah baik untuk meminimalisir penipuan atau belum, nih? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya? Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga: Ciri-Ciri Penipuan di Shopee.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Lacak Nomor Rekening Untuk Menghindari Penipuan

Waspada Modus Penipuan Klik APK Melalui Whatsapp, Jangan Asal Klik!