Membangun Kredibilitas Bisnis

Membangun Kredibilitas Bisnis untuk pelaku UMKM, Gimana Caranya?

Membangun Kredibilitas Bisnis penting bagi pelaku usaha agar pelanggan bisa tertarik untuk membeli produk maupun layanan yang sudah ditawarkan. Nah, saat memulai bisnis tentunya akan ada fase pertanyaan seperti: bagaimana caranya agar konsumen mau beli produk ya? 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkecamuk di pikiran Anda, kami akan membahas panduan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan tips dan trik membangun kredibilitas bisnis yang sama sekali tidak mengeluarkan uang sama sekali alias gratis.

Adapun cara berbayar jika memang dirasa diperlukan dan punya modal yang cukup besar. Sebelumnya kami bahas dari yang paling dasar, berikut ini ulasannya. Simak yuk!

Apa itu Kredibilitas?

Menurut KBBI, Kredibilitas adalah perihal yang dapat dipercaya. Bisa diartikan pula kemampuan seperti kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Bagi pemula yang membangun usaha seperti pemilik UMKM, kredibilitas bisnis harus diperjuangkan supaya dapat bersaing dengan usaha kompetitor. Riset produk kompetitor sangat diperlukan saat menggeluti dunia bisnis. Mencari celah kekurangan dan menjadikannya kelebihan untuk mendapatkan value yang lebih tinggi. 

Mengapa usaha Anda perlu memiliki kredibilitas?

Jika Anda sedang merintis sebuah usaha dan tidak mempedulikan kredibilitas brand, maka dipastikan produk atau layanan Anda akan tertinggal oleh kompetitor. Apakah bisnis yang sedang dijalankan bisa diterima konsumen dengan baik? Apakah brand bisa mempengaruhi komunitas masyarakat dalam hal positif? Dan masih banyak lainnya. Bisa digambarkan dengan simulasi berikut:

  1. Brand A 

Mempunyai banyak channel untuk strategi Marketing seperti website official (Bisa purchase lewat website/whatsapp), sosial media (Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter Youtube dll), Marketplace (Jika bisnis berupa produk), Linkedin (Product/service), Verifikasi Toko Online di Kredibel.

  1. Brand B

Hanya mengandalkan salah satu channel seperti whatsapp saja misalnya dan berharap mendapatkan banyak pelanggan. Bahkan tidak ada email profesional atau lokasi yang tidak dapat dideteksi. 

Bisa dilihat keduanya merupakan brand dengan jenis produk dan memulai usaha dalam waktu yang sama. Brand A berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan karena ketika mereka mencari nama brand ada di beberapa channel dan tentu saja membaca review yang positif. Akibatnya pelanggan lebih memilih Brand A karena lebih mudah di deteksi, lebih dikenal dan lebih dipercaya. 

Membangun kredibilitas bisnis memerlukan journey yang cukup panjang untuk mendapatkan sebuah kepercayaan pelanggan. Dibutuhkan usaha dan juga waktu yang tidak sebentar. Gimana masih belum tertarik meningkatkan kredibilitas usaha Anda?

Bagaimana cara membangun kredibilitas?

1. Menawarkan Produk yang berkualitas

Cara yang paling ampuh untuk mendapatkan perhatian konsumen adalah menawarkan produk yang berkualitas tentunya dengan harga yang kompetitif. Jika harga yang ditonjolkan lebih murah namun tidak mempunyai kualitas yang baik juga akan sama saja.

Pelanggan akan lebih memilih produk yang berkualitas. Jika perlu buatkan strategi dengan menunjukkan kelebihan kekurangan produk dibandingkan dengan kompetitor. 

2. Memberikan Solusi

Konsumen mencari produk karena ada masalah sehingga pastikan produk yang dimiliki menawarkan solusi buat mereka. Berhubung konsumen belum pernah menggunakan produk, pastinya mereka akan mencari di internet tentang brand yang diinginkan.

Social proof sangat berpengaruh dalam konsumen mengambil keputusan sebelum membeli. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara yang digunakan yaitu:

  • Membangun Social Media

Dengan membangun channel sosial media konsumen dapat mencari tahu tentang produk. Mereka bisa melihat dari komen di postingan Instagram, facebook atau channel lainnya. Membuat akun sosial media ini gratis dan jika tahu cara mengelola dan memanfaatkannya dengan baik akan menjadi channel yang banyak mendatangkan pelanggan.

  • Endorsement Influencer

Bekerjasama dengan influencer bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu berbayar dan juga gratis. Terkadang ada beberapa influencer yang mau membantu UMKM tanpa meminta bayaran dan aturannya bisa dari mereka.

Cara ini tidak benar-benar gratis karena pemilik usaha juga mengirimkan beberapa produk dan juga ongkos kirim ditanggung sendiri. Namun, agak sedikit berhemat karena tidak perlu membayar jasa endorsement. Istilahnya yaitu barter.

Selain itu ada pula endorsement berbayar, dimana influencer akan memberikan rate card. Selain pemilik bisnis mengeluarkan uang dengan mengirimkan beberapa produk, juga harus membayar jasa postingan.

  • Review

Penilaian dari pelanggan yang sudah mendapatkan manfaat dari produk Anda. Bisa ditemukan di forum komunitas yang berhubungan dengan produk.

  • Rating

Penilaian yang sudah diberikan oleh konsumen yang sudah pernah menggunakan produk. Hal ini sangat penting karena bisa menjadi salah satu keputusan seseorang tertarik lebih dalam lagi terhadap sebuah produk.

  • Testimoni

Manfaatkan pelanggan yang sudah pernah membeli dan tanyakan bagaimana pengalaman mereka setelah menggunakannya. Apakah ada perubahan, apakah mendapatkan manfaat atau hal positif lainnya.

3. Berani memberikan garansi

Dengan memberikan promosi garansi maka menjawab salah satu kekhawatiran konsumen saat membeli produk. Jika dalam jangka waktu yang masih memungkinkan untuk klaim, maka bisa memanfaatkan garansi yang diberikan.

4. Membuat Bisnis Mudah Ditemukan

Cara yang mudah untuk membuat bisnis bisa ditemukan yaitu dengan mendaftarkan google bisnisku. Ketika calon konsumen mengetik nama brand maka akan muncul namanya di google paling atas jika sangat relevan. Selain itu ada beberapa cara lainnya yaitu:

  • Membuat website official untuk bisnis

Bisa dilakukan secara gratis dengan membuat di platform seperti blogspot, wordpress dll. Tetapi Anda akan membutuhkan biaya untuk membuat halaman bisnis tersebut lebih profesional. Optimasi dan maintenance sendiri. 

  • Membuat halaman bisnis di Kredibel

Untuk membuat halaman bisnis di Kredibel bisa dilakukan gratis. Caranya cukup kunjungi halaman Kredibel for Business. Kemudian lanjutkan klik menu verifikasi. Ada dua pilihan verifikasi yang ditawarkan yaitu business dan account. 

Anda bisa gunakan pilihan gratis dan mendaftarkan bisnis untuk bisa segera di verifikasi. Anda akan mendapatkan lengkap seperti business profile, reply to review (Limit per bulan untuk yang gratis), trust seal dan verified seal.

Pendaftaran account (rekening) untuk memverifikasi bahwa rekening Anda benar berkredibel. Sehingga konsumen tidak perlu ragu atau takut ketika ingin melakukan transfer meskipun bukan melalui rekening bersama.

Dengan adanya halaman bisnis ini, manfaat bagi konsumen adalah bisa mengecek kredibilitas penjual sebelum terjadi transaksi jual beli. Karena konsumen saat melakukan pembelian online akan cek rekening atau nomor telepon dulu di kredibel.

  • Mendaftarkan Google Bisnisku

Dengan mendaftar di Google Bisnisku  akan muncul di google search dan juga google maps.

5. Melayani dan Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Jika Anda mendaftar halaman bisnis berbayar di Kredibel, maka Anda akan mendapatkan tim yang akan mensupport kebutuhan anda di halaman tersebut lebih optimal. Untuk meningkatkan pelayanan dan juga menjaga kepercayaan pelanggan dengan merespon review yang masuk.

Percayalah tidak ada yang mudah untuk membangun kredibilitas bisnis. Diperlukan usaha dan juga waktu yang cukup lama untuk mencapainya. Tetapi tidak ada kesuksesan yang berhasil jika Anda diam saja tidak mengembangkan potensi, inovasi dan juga kredibilitas brand.

Selamat mencoba tips dan trik yang kami berikan, semoga bermanfaat. Sukses selalu!