Membuka Rekening Bank Mandiri

Membuka Rekening Bank Mandiri, Begini Caranya

Membuka rekening Bank Mandiri bisa dijadikan pilihan oleh sebagian orang. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan rekening baru untuk kebutuhan gaji atau lain-lain. Hanya, sebenarnya seperti apa sih prosedur dan persyaratan untuk membuka rekening Bank Mandiri?

Cara Membuka Rekening Bank Mandiri

Cara Membuka Rekening Bank Mandiri

Jika Anda ingin membuat rekening Bank Mandiri, sebaiknya datang ke kantor cabang terdekat. Meski tidak selalu ada di pelosok, Bank Mandiri bisa ditemukan setidaknya di setiap kabupaten atau kota. Jika Anda ingin membuka rekening yang sesuai dengan syariat Islam, juga bisa mendatangi kantor Bank Mandiri Syariah.

Sesampainya di Bank, Anda akan disambut oleh petugas keamanan. Segeralah utarakan maksud anda untuk membuka rekening. Sang petugas biasanya akan mengecek persyaratan yang Anda bawa. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir. Setelahnya, Anda juga akan diberi nomor antrian Customer Service (CS).

Sembari menunggu panggilan CS, Anda bisa mengisi formulir untuk membuka rekening. Setelahnya, siapkan semua persyaratan sehingga saat sudah dipanggil, Anda benar-benar sudah siap.

Setelah menghadap ke CS, biasanya Anda akan diberi pilihan tentang jenis tabungan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, ada jenis tabungan perorangan, bisnis, atau bahkan untuk tabungan rencana. Di Mandiri Syariah, Anda bahkan bisa memilih tabungan haji. Hanya, kebanyakan penabung pemula akan disarankan untuk membuka rekening tabunganMU yang telah didukung oleh pemerintah.

Tahapan Membuka Rekening Bank Mandiri

Terdapat beberapa tahapan membuat rekening di Bank Mandiri yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut.

  • Isilah formulir dengan cermat dan hati-hati. Jika memang ada yang harus diisi dengan data pribadi, pastikan tidak ada yang salah. Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke petugas agar isian benar-benar tepat.
  • Berikan KTP dan NPWP pada petugas atau CS. Kartu identitas ini biasanya akan difotokopi. Akan jauh lebih baik jika sebelumnya Anda sudah membawa fotokopi sendiri.
  • Anda tinggal menunggu CS menyelesaikan berbagai hal sebelum memberikan buku tabungan dan kartu ATM. Anda juga akan diminta untuk membuat PIN berupa 6 digit angka untuk kartu ATM yang nantinya akan anda pegang.
  • Buku tabungan dan kartu ATM biasanya ditandatangani oleh nasabah. Anda akan diberi petunjuk di mana harus melakukan tandatangan dengan benar.
  • Anda diminta untuk menyerahkan setoran awal pada Teller. Jumlah setoran di setiap jenis tabungan berbeda-beda. Informasi tentang jumlah setoran ini bisa didapatan di Teller.
  • Jika perlu, Anda bisa meminta CS untuk mengurus fitur layanan seperti mobile banking atau internet banking. Anda juga bisa meminta CS untuk memberitahukan cara menggunakan fitur-fitur tersebut.

Biaya Pembuatan Rekening Bank Mandiri

Biasanya, untuk membuat rekening di Bank Mandiri, dibutuhkan setoran awal sebesar Rp 500 ribu. Angka ini ditujukan bagi nasabah TabunganKu atau tabungan biasa lainnya. Bagi tabungan berjenis bisnis, setorannya bisa mencapai Rp 1juta.

Hanya, untuk tabungan haji, setorannya bisa jadi lebih rendah, yakni Rp 100 ribu. Tabungan Mitra Usaha juga hanya meminta nasabah menyetor uang Rp 50 ribu.

Bank Mandiri buka dari Senin sampai Jumat dengan jam operasional pukul 08.00 hingga pukul 15.00 sore. Pastikan untuk membuka rekening di jam-jam tersebut.

Berhati-hatilah dengan tawaran yang bisa membantu Anda membuka rekening di Bank Mandiri tanpa harus pergi ke kantor cabang. Jika mereka meminta Anda mengirim uang sebagai setoran awal, sebaiknya cek dulu rekening penerima di sini. Anda pun bisa memastikan apakah orang tersebut penipu atau bukan.

Bagaimana pendapat Anda tentang membuka rekening di Bank Mandiri? Tulis di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca Juga: Menutup Rekening Bank Mandiri, Begini Caranya

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?