Peringatan Mengenal Penipuan Scam

Mengenal Penipuan Scam, Apa yang Perlu Diwaspadai?

Mengenal penipuan scam perlu Anda lakukan demi mencegah menjadi korban. Meski terlihat sepele, realitanya ada banyak orang yang sampai kehilangan uang jutaan Rupiah akibat hal ini. Lantas, apa saja sih yang harus dilakukan demi mengenal penipuan Scam?

Mengenal Penipuan Scam, Scammer, dan Aksi Scamming

Sebenarnya, scam bisa diartikan sebagai sebuah tindakan penipuan yang sudah direncanakan. Hal ini dilakukan demi mendapatkan uang dari orang lain dengan cara yang culas atau jahat. Aksi ini cenderung semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Banyak orang yang masih awam dengan teknologi, khususnya smartphone sehingga menjadi sasaran empuk para penipu.

Berikut adalah beberapa modus penipuan scam yang sebaiknya anda waspadai.

Mencuri Informasi Pribadi

Modus scamming yang dilakukan pelaku scammer paling sering adalah mencuri informasi pribadi. Caranya ada banyak. Ada yang meminta korban menyebut one time password demi menguasai akun dompet digital. Ada juga yang mengirim tautan lewat SMS atau pesan Whatsapp. Jika korban mengeklik tautan tersebut, data di smartphone-nya bisa didapat pelaku untuk menguasai akun dompet digital.

Scam di Jual Beli

Kasus scam di transaksi jual beli juga memiliki beragam modus. Sebagai contoh, ada penjual fiktif. Mereka bersikap seakan-akan menjual barang-barang yang ada dan dibutuhkan. Setelah ditransfer oleh korban, pelaku akan menghilang.

Kasus scam di transaksi jual beli tak hanya terjadi di marketplace. Biasanya, penjual meminta transaksi di luar sistem marketplace. Selain itu, penjual di media sosial juga sering melakukan penipuan karena tidak ada sistem yang membatasi mereka.

Kegiatan Amal Palsu

Bisa jadi kegiatan amal atau penggalangan dana justru palsu dan ditujukan untuk mengumpulkan uang saja. Setelah sejumlah uang terkumpul, penyelenggara akan kabur dan tak ada satupun orang yang mendapatkan donasi tersebut.

Sistem Cari Jodoh

Ada banyak pelaku penipuan scam yang memakai sistem cari jodoh. Seseorang yang sudah terlanjur jatuh cinta bisa menyerahkan banyak hal, termasuk harta bendanya. Setelah berhasil ditipu mentah-mentah, korban akan ditinggalkan begitu saja.

Mewaspadai Kasus Penipuan Scam

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda perhatikan demi mencegah penipuan scam. Berikut adalah cara-cara tersebut.

  • Jangan mudah memberikan informasi pribadi. Sebagai contoh, ada telepon atau SMS yang menawarkan Anda hadiah namun memintanya. Sebagaiknya Anda tidak turuti. Data pribadi seperti nomor rekening bank, alamat rumah, nama orang tua, dan lain-lain harus dijaga. Jika tidak, bisa menjadi jalan pembuka untuk kasus penipuan.
  • Pastikan ponsel memiliki antivirus yang rajin di-update. Hal ini bisa mencegah pengambilan data pribadi lewat tautan. (Phishing).
  • Jangan mudah percaya dengan akun media sosial. Bisa jadi akun ini palsu dan menipu Anda. Jika Anda sudah memastikan akun tersebut palsu atau penipu, segera laporkan ke pihak terkait.
  • Selalu cek dan ricek jika Anda ingin bertransaksi jual beli secara daring. Cek gambar di internet untuk mengetahui apakah foto profil atau barang yang dijual palsu atau tidak.
  • Jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah dari telepon atau pesan. Jangan mudah percaya juga dengan diskon besar-besaran yang tidak masuk akal. Apalagi yang dikeluarkan bukan dari informasi resmi.

Selain memperhatikan berbagai hal tersebut, Anda juga sebaiknya tidak mudah sembarangan mengirim uang. Apalagi jika nomor rekening tujuan tidak Anda kenal secara langsung. Sebaiknya Anda, cek dulu nomor rekening di sini demi memastikannya bukan penipu.

Jadi, apakah Anda sudah mengerti tentang penipuan scam? Selalu waspada dan berikan pendapatmu terkait dengan hal ini di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Penipuan Scam yang Sering Terjadi di Indonesia.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124