Menutup Rekening Bank Syariah Mandiri

Menutup Rekening Bank Syariah Mandiri

Menutup rekening Bank Syariah Mandiri ternyata baru bisa dilakukan dengan pergi ke kantor cabang bank terdekat. Sebenarnya, prosedur ini juga diberlakukan oleh berbagai bank di Indonesia. Lantas, seperti apa sih langkah-langkah untuk menutup rekening Bank Syariah Mandiri?

Cara Menutup Rekening Bank Syariah Mandiri

Persyaratan Menutup Rekening Bank Syariah Mandiri

Ada beberapa alasan yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk menutup rekening Bank Syariah Mandiri. Sebagai contoh, Anda pindah tempat tinggal. Sementara di lokasi baru tidak ada kantor cabang Bank Syariah Mandiri. Selain itu, perubahan kebijakan payroll (gaji) perusahaan juga bisa menjadi penyebabnya. Anda tentu akan memilih untuk menggunakan rekening dari bank yang dipakai saja, bukan?

Sebelum memutuskan untuk pergi ke kantor cabang Bank Syariah Mandiri, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa dokumen untuk menutup rekening. Sebagai contoh, Anda sebaiknya menyiapkan buku tabungan. Siapkan juga identitas diri seperti KTP atau Paspor. Jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan SIM.

Jika Anda memiliki semacam tabungan berencana, biasanya akan mendapatkan semacam sertifikat asuransi. Sertifikat ini sebaiknya juga dibawa agar bisa dipakai untuk pengurusan penutupan rekening.

Baca Juga: Menutup Rekening Bank Mandiri, Begini Caranya

Langkah Menutup Rekening Bank Syariah Mandiri

Berikut adalah beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin menutup tabungan Bank Syariah Mandiri.

  • Datanglah di jam kerja bank. Biasanya, bank sudah mulai dibuka pada pukul 08.00 pagi. Selain itu, jam tutupnya adalah pukul 16.00 sore. Hanya, beberapa bank memiliki waktu tutup lebih awal seperti pukul 14.00 atau 15.00. Jika kamu datang cukup pagi, maka akan dilayani dengan lebih cepat. Selain itu, Anda juga akan dilayani tanpa perlu mengantre terlalu banyak nasabah.
  • Sesampainya di bank, Anda biasanya akan disambut oleh petugas keamanan. Dia akan menyambut dan bertanya tentang keperluan Anda. Sebaiknya Anda mengungkapkan tentang keperluan Anda untuk menutup rekening bank.
  • Biasanya, petugas keamanan akan segera memberikan nomor antrean. Nomor ini ditujukan untuk Customer Service atau CS. Setelahnya, Anda tinggal menunggu untuk dipanggil.
  • Setelah dipanggil, Anda tinggal menjelaskan pada CS tentang keperluan untuk menutup rekening. Biasanya, CS akan meminta Anda untuk mengurungkan niat menutup rekening. Hanya, jika memang Anda sudah tidak membutuhkannya sama sekali, CS akan menurutinya.
  • CS akan melakukan koordinasi dengan kantor cabang di mana Anda sebelumnya membuka rekening. CS juga akan melakukan berbagai prosedur penutupan rekening. Sebagai contoh, buku tabungan dan kartu ATM yang sebelumnya Anda pegang akan dihancurkan.
  • Jika masih ada saldo yang tersisa, maka Anda akan diberikan slip untuk menarik uang tersebut. Uang ini tinggal diambil di bagian teller.
  • Setelah semua prosedur ini selesai, Anda pun sudah berhasil menutup rekening.

Biaya Penutupan Rekening Bank Syariah Mandiri

Jika Anda memilik jenis rekening Tabunganku dan Tabungan Mudharabah, maka akan dikenakan biaya penutupan rekening Rp 20 ribu. Penutupan rekening Tabungan Saham Syariah Gratis. Sementara itu, biaya penutupan tabungan Simpel IB hanya Rp 1.000.

Biaya penutupan rekening tabungan Wadiah adalah Rp 20 ribu. Sementara itu, Tabungan Investa Cendekia bisa ditutup sebelum jatuh tempo meskipun ada biaya administrasinya. Jika ingin menutup Tabungan Mabrur, akan dikenakan Rp 25 ribu. Jumlah yang sama juga akan dikenakan jika menutup Tabungan Mabrur Junior.

Jangan mudah percaya dengan ancaman penutupan rekening bank dari telepon atau SMS tidak dikenal. Jika mereka memaksa untuk mengirim uang, laporkan saja nomor rekeningnya ke sini.

Kalau menurut Anda, apakah proses penutupan rekening di Bank Mandiri Syariah cukup mudah? Berikan pendapatmu di sini, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Membuka Rekening Bank Syariah Mandiri.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?