Cara Menutup Rekening BCA

Menutup Rekening BCA, Berapa Sih Biayanya?

Menutup rekening BCA bisa dijadikan pilihan jika memang Anda sudah tidak membutuhkannya lagi. Hanya, sebenarnya seberapa banyak sih biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan penutupan tabungan? Yuk simak daftar biaya tersebut.

Biaya Menutup Rekening BCA

Biaya menutup rekening BCA berbeda-beda bagi setiap jenis tabungan. Berikut adalah daftar lengkapnya.

  • Khusus untuk tabungan Tahapan BCA, biaya penutupan rekeningnya mencapai Rp 50 ribu. Hanya, saldo minimum yang ditahan adalah Rp 50 ribu. Hal ini tentu cukup besar, bukan?
  • Jika Anda ingin menutup rekening Tahapan Xpresi BCA, harus membayar biaya sebanyak Rp 10 ribu. Biaya saldo minimum yang ditahan juga sama, yakni Rp 10 ribu.
  • Jika Anda ingin menutup rekening Tahapan Gold BCA, maka perlu menyiapkan uang sebanyak Rp 50 ribu. Selain itu, saldo minimum yang ditahan di bank adalah Rp 50 ribu.
  • Biaya penutupan rekening Tapres BCA adalah Rp 50 ribu.

Langkah Menutup Rekening BCA

Cara Menutup Rekening Bank BCA

Terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk menutup tabungan BCA. Sebagai contoh, Anda harus membawa buku tabungan dan kartu ATM ke kantor cabang bank. Selain itu, Anda juga harus membawa token atau sertifikat jika tabungan yang Anda buka menyertakan kedua hal tersebut.

Cek dulu seberapa banyak biaya penutupan rekening di BCA. Kalau saldo tidak cukup, Anda tentu harus membayarkannya terlebih dahulu. Hanya, jika saldo ternyata cukup, biasanya biaya penutupan ini tinggal dipotong dari saldo tersebut.

Jika semua hal tersebut sudah siap, Anda tinggal melakukan langkah-langkah penutupan rekening BCA seperti sebagai berikut.

  • Datanglah ke kantor cabang bank sesuai dengan hari dan jam kerja. Sebagai contoh, Anda bisa datang di hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00. Sebaiknya Anda datang di pagi hari, bukannya di dekat jam makan siang agar tidak menunggu antrean terlalu lama.
  • Sesampainya di kantor cabang bank, Anda akan disambut oleh petugas. Berikan penjelasan terkait tujuan Anda datang ke sana. Anda pun tinggal mengambil antrean untuk Customer Service atau CS.
  • Jika petugas meminta Anda meminta untuk mengisi formulir penutupan rekening, lakukanlah sembari menunggu panggilan antrean.
  • CS biasanya meminta Anda mengurungkan niat untuk menutup rekening. Kalau Anda sudah tidak lagi tertarik, CS akan memahami dan akhirnya membantu Anda menutup rekening. Patuhi semua tahapan yang diminta oleh CS agar proses penutupan bisa berjalan dengan lancar.
  • Buku tabungan, token, kartu ATM, hingga sertifikat tabungan Anda biasanya akan dihancurkan oleh CS. Hal ini sesuai dengan prosedur penutupan rekening di semua bank.
  • CS juga akan memberikan anda slip pengambilan uang jika ada saldo yang tersisa. Kalau saldo sudah benar-benar kosong, Anda akan diminta untuk membayar penutupan rekening di Teller.
  • Jika semua prosedur sudah dilakukan, rekening Anda pun ditutup.

Mengosongkan Saldo Juga Bisa Menutup Rekening

Anda bisa mengosongkan saldo rekening Anda jika malas melakukan prosedur penutupan tabungan di BCA. Caranya, Anda tinggal mengambil habis sisa uang yang ada lewat ATM atau menariknya di Teller.

Jika saldo sudah kosong, sistem secara otomatis akan menutup rekening. Anda pun tak lagi perlu bersusah payah mengurusnya.

Berhati-hatilah saat melakukan prosedur transfer uang di rekening BCA. Jika perlu, periksa nomor rekening tujuan di sini untuk memastikannya bukan penipu. Hal ini bisa dilakukan saat Anda melakukan belanja online.

Kalau menurut Anda, apakah rekening BCA perlu untuk ditutup mengingat kantor cabang dan ATM-nya cukup banyak dan mudah dijangkau? Tetap waszpada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Membuka Rekening Tabungan Bank BCA.

2 Comments

Comments are closed.