Menutup Tabungan BRI Syariah

Menutup Rekening BRI Syariah, Begini Prosesnya

Menutup rekening BRI Syariah harus dilakukan dengan cermat agar prosesnya berjalan dengan lancar. Berbeda dengan proses pembukaan rekening yang kini bisa online, penutupan biasanya harus dilakukan di bank. Lantas, seperti apa sih prosedur menutup rekening BRI Syariah selengkapnya?

Alasan Menutup Rekening BRI Syariah

Sebelum jauh membahas tentang cara menutup rekening BRI Syariah, sebaiknya Anda mengetahui alasan penutupannya. Ternyata, ada banyak sekali hal yang membuat seseorang menutup rekening, lho. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Sudah tidak lagi menggunakan rekening BRI Syariah. Alasannya bisa jadi karena sudah memakai rekening lainnya, faktor payroll pekerjaan, atau berpindahnya tempat tinggal.
  • Perubahan alamat atau kartu identitas yang membuat nasabah malas mengurus informasi data dirinya di bank.
  • Saldo sudah kosong sehingga jika rekening harus diurus kembali akan cukup merepotkan.
  • Sudah memiliki rekening bank lainnya yang lebih dibutuhkan.
  • Pindah ke bank lain karena alasan tertentu seperti kebutuhan pengiriman gaji.
  • Sudah mendapatkan tujuan dari menabung. Sebagai contoh, orang yang selesai berangkat haji bisa saja menutup rekening BRI Syariah.

Proses Menutup Tabungan di BRI Syariah

Cara Menutup Rekening BRI Syariah

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, untuk menutup tabungan, Anda harus ke kantor cabang Bank. Meski cukup merepotkan, Anda memang harus mematuhi prosedur standar ini.

Berikut adalah beberapa prosedur penutupan rekening yang sebaiknya Anda perhatikan.

  • Datanglah ke kantor cabang BRI Syariah terdekat. Ingat, kantor cabang BRI Syariah, bukan BRI konvensional karena secara sistem kedua bank ini sudah berbeda. Anda tak perlu harus ke bank di mana Anda dulu membuka tabungan. Secara sistem, kantor cabang manapun sudah bisa mendeteksi rekening Anda sehingga bisa melakukan penutupan.
  • Pastikan untuk datang ke kantor cabang BRI Syariah di jam kerjanya. Biasanya, jam kerja bank adalah pukul 08.00-16.00. Hanya, jangan datang terlalu sore. Akan jauh lebih baik jika Anda datang di saat pagi atau di jam orang sibuk bekerja. Hal ini akan membuat Anda tidak perlu kerepotan menunggu antrian terlalu lama.
  • Bawalah kartu identitas yang masih berlaku dan sama dengan di buku tabungan. Sebagai contoh, Anda bisa membawa KTP. Hanya, jika alamat KTP berbeda dengan domisili sekarang, sertakan surat dari RT/RW atau setidaknya surat keterangan kerja.
  • Bawalah buku tabungan, kartu ATM tabungan Anda, dan fitur lain seperti token atau sertifikat tertentu.

Setelah sampai di bank, lakukan langkah ini agar proses penutupan rekening bisa lancar.

  • Sapalah petugas keamanan dan utarakan keperluan Anda untuk menutup rekening. Anda akan diberi antrian untuk datang ke Customer Service (CS). Kelengkapan berkas biasanya akan dicek terlebih dahulu. Selain itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir penutupan rekening.
  • Jika sudah dipanggil oleh CS, utarakan maksud Anda. CS biasanya akan menahan agar Anda tidak menutup rekening. Namun, jika Anda sudah mantap, CS akhirnya akan menuruti keinginan Anda.
  • CS akan mengurus penutupan, menghancurkan buku tabungan dan kartu ATM. Anda kemudian diberi slip penarikan untuk mengambil sisa saldo di Teller.

Biaya Penutupan Rekening BRI Syariah

Sebenarnya, biaya menutup tabungan BRI Syariah berbeda-beda untuk setiap jenis tabungan. Hanya, jika Anda adalah pemegang jenis Tabungan Faedah, biasanya hanya akan dikenakan Rp 25 ribu. Jumlah ini setara dengan biaya penutupan tabungan BRI Simpedes. Biaya ini lebih murah dari penutupan tabungan BritAma yang mencapai Rp 50 ribu.

Berhati-hatilah sebelum melakukan transfer, apapun jenis banknya. Cek dulu nomor rekening tujuan di sini agar tidak mudah menjadi korban penipuan, ya?

Bagaimana, proses penutupan rekening BRI Syariah tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Cara Membuka Rekening Tabungan Bank BRI Syariah.

Kredibel

Content Writer at Kredibel

Post navigation

Apa Itu PayPal? Berikut Manfaat dan Cara Mendaftarnya!

Rekening Tabunganku BCA, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?