Modus Penipuan Online Whatsapp Kredibel

Modus Penipuan Online Melalui WhatsApp, Kenali macamnya yuk!

Kasus modus penipuan online melalui whatsapp di Indonesia saat ini semakin marak terjadi. Hal ini dikarenakan tak jarang masyarakat Indonesia yang kurang menyadari adanya modus penipuan tersebut. Kemudahan yang tersedia pada layanan aplikasi whatsapp seperti komunikasi pesan melalui chatting, video call dan voice note. Bahkan update story pun bisa dilihat oleh banyak orang dalam kontak pemilik menjadi salah satu modus yang digunakan penipu.

WhatsApp merupakan aplikasi yang memberikan layanan untuk mempermudah masyarakat dalam bertukar pesan dan panggilan secara gratis. Dikutip dari laman kominfo.co.id, WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Modus Penipuan Online Whatsapp
Source Image: pixabay

Pengguna internet di Indonesia mencapai 171 juta atau 64,4% menggunakan internet, di mana 83% dari 171 juta itu adalah pengguna WhatsApp. Melihat tingginya angka penggunaan aplikasi WhatsApp, hal ini menjadi alasan banyaknya oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan penipuan online. 

Untuk itu, berikut beberapa cara mengenali macam-macam modus penipuan online melalui aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Cara Melaporkan Penipuan Online, Cukup Sekali Klik!

Macam Modus Penipuan Online Melalui WhatsApp

  1. Modus Hadiah Uang 

Modus yang sudah tak asing terjadi salah satunya adalah dengan modus hadiah uang. Sering kali masyarakat menganggap bahwa modus tersebut merupakan hadiah yang didapat dari memenangkan undian. 

Biasanya pesan tersebut berisikan bahwa kita telah memenangkan sebuah undian yang berhadiah uang kemudian kita diminta untuk memasukan kode OTP ataupun mentransfer sejumlah uang untuk menebus total hadiah yang tertera pada pesan tersebut.

Nah disini siapa nih yang mudah tergiur dengan di iming-imingi hadiah uang? Jangan berharap itu adalah betul-betul undian yang berhadiah uang ya! Karena sudah pasti itu adalah modus penipuan online. 

  1. Mengirimi Link Berbahaya

Penipuan online dengan modus yang satu ini biasanya para oknum yang tidak bertanggung jawab mengirimkan link berbahaya yang dimana nantinya kita diminta untuk memasukan kode OTP untuk oknum tersebut dapat mengakses data pribadi kita. 

  1. Menyamar Sebagai Teman atau Kerabat

Modus menyamar sebagai teman ataupun kerabat ini kerap terjadi dan tak sedikit pula masyarakat yang menjadi korban dengan modus penipuan ini. Bila pernah merasa mendapatkan pesan ataupun telepon dari teman atau kerabat anda dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal kemudian meminta sejumlah uang, anda perlu berhati-hati dan waspada. 

  1. Penipuan Online atas Nama Bank 

Penipuan dengan modus seperti ini biasanya berpura-pura menjadi pegawai bank, kemudian meminta informasi pribadi nasabah untuk dapat mengakses rekening anda. Untuk itu, segera hubungi pihak bank dengan menggunakan nomor call centre dari bank tersebut untuk menghindari agar tidak menjadi korban penipuan online. 

Jika anda merasa pernah mendapatkan pesan dari nomor yang tidak dikenal, anda harus mulai berhati-hati dan waspada. Anda dapat mengecek nomor telepon tersebut dengan mengunjungi website Kredibel.co.id untuk melihat apakah nomor tersebut tercatat sebagai seorang penipu atau tidak. 

Jangan lupa share ke keluarga, sahabat, maupun kerabat kalian agar tidak ada yang menjadi korban modus penipuan online selanjutnya. 

Baca Juga: Penipuan Berkedok Investasi Saham, Waspada!