Home Bisnis Online Tak Punya Modal Untuk Berbisnis? Berikut 6 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal...

Tak Punya Modal Untuk Berbisnis? Berikut 6 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar

162
1
SHARE
Tak Punya Modal Untuk Berbisnis? Berikut 6 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar
Tak Punya Modal Untuk Berbisnis? Berikut 6 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Peluang bisnis di ranah online sangatlah besar, karena zaman sekarang tampaknya masyarakat tidak bisa “hidup” tanpa internet, bahkan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

Bisnis online, bisnis yang tentunya dijalankan melalui media internet ini bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan mereka yang “gaptek” sekalipun bisa belajar bisnis online, hanya dengan syarat mereka harus memiliki koneksi internet dan produk yang ingin dijual secara online.

Dengan bisnis online Anda bisa menjual produk Anda kemanapun, baik lokal maupun internasional, karena dalam bisnis online, target marketnya tidak terbatas.

Sebagai salah satu contoh bisnis “offline go online” yang sudah sukses adalah bisnis menjual rendang oleh Ibu Reno Andam Suri. Dengan bisnis online Ibu Reno bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli sehingga memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dan sekarang Ibu Reno sudah sukses meraup omzet Rp 30 juta perbulannya. Bahkan, penghasilannya akan meningkat menjadi dua kali lipat saat lebaran.

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki modal yang besar untuk mulai berbisnis? Berikut ini 6 peluang bisnis online yang tidak memerlukan modal yang besar, bahkan bisa Anda kerjakan di rumah Anda sendiri, alias lebih “santai” daripada bisnis lainnya.

1. Jasa Menulis / Membuat Konten Website

Jika Anda adalah seorang yang memiliki bakat dalam menulis artikel, membuat/mengedit video, dan desain grafis, mungkin peluang ini cocok untuk Anda.

Ada banyak sekali pemilik website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten untuk website mereka, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa seorang “content creator”.

2. Jasa Pembuatan Website / Blog

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang sudah terbiasa membuat sebuah website/blog yang bagus. Bahkan bagi Anda yang masih pemula pun bisa mencoba peluang ini.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun sebuah website/blog adalah WordPress. Di dalam WordPress ini, terdapat banyak sekali themes/template yang siap pakai dan unik, mulai dari yang gratis, hingga berbayar.

Perlu Anda perhatikan, sebelum menjual jasa ini, sebaiknya Anda juga memiliki website bisnis sendiri dengan tampilan yang meyakinkan, dengan begitu calon pembeli tidak akan berpikir panjang untuk menggunakan jasa Anda.

Anda bisa mengunjungi situs sribulancer.com atau projects.co.id untuk menemukan klien Anda. Dalam bisnis ini, sebaiknya Anda memiliki rekanan penyedia domain dan hosting yang bagus dan berkualitas.

3. Peluang Bisnis Menjual Kembali Produk Orang Lain

Bisnis yang satu ini adalah jenis bisnis yang paling banyak dijalankan oleh para pebisnis online, entah menjadi reseller atau dropshipper.

Keuntungan menjual produk orang lain adalah Anda tidak perlu repot soal stok barang, proses pengemasan, sampai ke pengiriman jika Anda adalah seorang dropshipper. Lain cerita jika Anda seorang reseller.

Ada banyak toko online yang menawarkan program ini. Tetapi Anda perlu hati-hati dan selektif dalam mencari supplier. Pastikan bahwa Anda  bekerjasama dengan supplier yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Baca juga : Perbedaan Reseller dan Dropshipper

4. Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Bila Anda memiliki kemampuan yang sangat baik dalam bidang tertentu, dimana Anda adalah seorang yang profesional dalam bidang yang Anda geluti, bisnis ini cocok untuk Anda

Beberapa contoh untuk bisnis ini diantaranya yaitu konsultasi di bidang SEO (Search Engine Optimization) untuk website, pengembangan bisnis, masalah percintaan, pengobatan tradisional, belajar online, dan masih banyak lagi.

Dahulu, bisnis konsultasi hanya dilakukan secara offline/langsung. Namun saat ini sudah banyak yang menjual jasa ini secara online. Jadi, bagi Anda yang merasa profesional di bidang tertentu, mulailah untuk mencoba bisnis ini.

5. Menjadi Seorang Makelar Online

Seorang makelar adalah orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/jasa kepada calon pembeli. Jaringan yang luas serta kenalan yang banyak harus dimiliki oleh Anda jika ingin memulai bisnis ini.

Beberapa bisnis yang menggunakan jasa makelar online antara lain menjual website, menjual properti, menjual jasa, dan lain-lain.

Sebagai seorang makelar online Anda perlu memperhatikan penentuan harga produk/jasa yang Anda berikan dengan baik. Sebaiknya jangan mengambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, karena hal ini menyangkut keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda.

Anda bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual kembali di situs marketplace berikut :

Selain yang disebutkan di atas, tentu masih banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan. Dan dalam menjalani bisnis online, tentunya kita harus memiliki akses internet yang baik. Untuk media promosi, Anda bisa manfaatkan media sosial, blog/website pribadi, media iklan, email marketing, dan sebagainya.

Peluang kesuksesan sudah di depan mata, pilihlah yang sesuai dengan bakat dan minat Anda, pelajari dengan baik dan jangan pernah menyerah. Take action!

Jika Anda memiliki wawasan lebih luas tentang peluang bisnis online tanpa modal besar, kiranya berkenan untuk berbagi di kolom komentar, terimakasih.