Bisnis Startup

Pengertian Bisnis Startup dan Ciri-Cirinya

Halo pengguna Kredibel, menurut Anda apa itu bisnis startup? Mungkin kebanyakan dari Anda berpikiran bahwa bisnis startup adalah perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi dan digital. Anda tidak salah, namun apa sebenarnya bisnis startup ini?

Startup sendiri adalah salah satu kata serapan dari Bahasa Inggris yang memiliki arti proses atau tindakan dalam memulai sebuah usaha bisnis atau organisasi baru.

Apa itu startup sebenarnya merujuk pada salah satu bisnis yang baru saja didirikan dan masih dalam fase pengembangan. Pengembangan tersebut dilakukan agar memperoleh target pasar yang sesuai dengan keinginan.

Di Indonesia sendiri ada banyak pengusaha muda yang sudah mulai mencoba peruntungannya lewat membangun dan mengembangkan bisnis startup. Hanya saja tidak semuanya bisa sukses dalam waktu bersamaan. Hal ini tentu karena ada beberapa faktor yang mungkin kurang mendukung. Hanya saja perlu adanya mental dan tekad yang cukup kuat, kreativitas, serta inovasi tanpa batas demi mewujudkan sebuah bisnis startup yang besar hingga mampu menyandang gelar unicorn sekalipun.

Apa Itu Bisnis Startup?

Mengutip dari laman jurnal.id, Startup sendiri secara literal, adalah rintisan.  jadi bisnis startup dapat dikatakan sebagai bisnis rintisan. Lantas apa yang membedakan startup dengan usaha kecil menengah? 

Bisnis startup adalah bisnis rintisan yang diharapkan dapat tumbuh dan menguasai ceruk pasar secara cepat dan selanjutnya menjadi perusahaan yang besar. Bisnis startup biasanya lebih mengutamakan ide-ide baru dan memberi solusi permasalahan bagi konsumen.

Bisnis startup juga biasanya mengandalkan teknologi untuk membantu pertumbuhan bisnis, maka tidak salah jika sebagian orang memandang bisnis startup merupakan bisnis yang bergerak di bidang teknologi.

Sedangkan usaha kecil menengah itu bisnis yang tidak memfokuskan usahanya untuk menjadi perusahaan besar dan memiliki skala target pasar lebih terbatas. Misalnya saja tukang cukur, pengrajin tas, pengusaha sepatu, dan lainnya.

Apa itu startup umumnya merujuk kepada perusahaan yang memang belum lama beroperasi. Kebanyakan dari perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan yang baru didirikan sehingga masih dalam tahap penelitian dan pengembangan untuk mendapatkan target pasar yang tepat.

Istilah apa itu startup sendiri diartikan juga sebagai sebuah perusahaan baru yang masih dalam tahap pengembangan. Yakni mulai berkembang di akhir tahun 1990 sampai tahun 2000.

Namun, hingga saat ini istilah apa itu startup cukup diidentikan dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi, internet, web, atau hal lain yang masih ada dalam ranah tersebut.

Beberapa Bisnis Startup yang Berkembang di Indonesia

Dilansir dari idcloudhost.com, berikut beberapa startup yang berkembang di Indonesia. Perkembangan ini tak lain karena peluang pasar yang masih besar.

1. Startup Game

Merupakan salah satu jenis startup yang memiliki perkembangan sangat pesat. Hal ini tak lain karena peluang pasar dan peminat game yang juga besar. Terlebih peminat game tersebut tidak mengenal dengan adanya ekonomi yang sulit. Dengan begitu, membuat para peminat game tersebut selalu ada.

2. Startup Edukasi

Edukasi atau pendidikan adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa tergantikan. Startup yang satu ini juga tergolong sebagai salah satu jenis startup yang memiliki perkembangan pesar. Adapun peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Dengan begitu tak heran jika pangsa pasarnya bisa dibilang cukup besar. Misalnya saja sebuah startup yang menyediakan berbagai macam informasi. Mulai dari kisah inspiratif, motivasi, dan lain sebagainya. Tentunya edukasi ini sendiri sangat bernilai informatif untuk setiap pelanggan.

3. Startup Perdagangan atau E-Commerce

Jika dahulunya seseorang harus keluar rumah berjam-jam untuk membeli barang yang diinginkan. Maka seiring perkembangan yang ada hal tersebut bisa terbantahkan. Pasalnya, jenis startup perdagangan atau e-commerce ini memungkinkan pengguna internet tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli barang-barang yang diinginkan. Dengan adanya startup jenis ini maka setiap orang bisa berbelanja secara online tanpa perlu susah payah pergi ke pusat perbelanjaan.

Ketiga jenis startup di atas tentunya mempunyai peluang yang cukup besar dan potensial di Inonesia. Perkembangan dari ketiga jenis startup tersebut juga sebenarnya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya seperti masyarakat yang semakin terbuka atas adanya perkembangan teknologi, jumlah penduduk yang semakin banyak, serta dukungan para investor ataupun pemerintah dalam memberikan modal usaha.

Memang mendirikan sebuah startup memerlukan sejumlah modal yang sebagiannya perlu didukung dengan merek dan hak cipta sebagai tanda penghargaan ataupun inovasi yang dibuat. Selain itu, hal ini juga demi menjaga merek startup agar tidak mudah dijiplak oleh orang lain. Tentu saja Anda sebagai pendiri startup tidak ingin karyanya ditiru pihak lain yang tidak bertanggung jawab bukan?

Semoga bermanfaat, tetap waspada, dan terima kasih.

Jangan lupa sebelum bertransaksi, cek rekening tujuan di Kredibel.

Baca juga: Cara Mudah Laporkan Penipuan Online.

One comment

Comments are closed.