Contoh Penipuan Bitcoin

Penipuan Bitcoin, Ketahui Contohnya

Penipuan Bitcoin tentu bisa sangat merugikan. Hal ini disebabkan oleh nilai satu Bitcoin yang mencapai puluhan atau ratusan juta Rupiah. Karena alasan inilah kita sebaiknya mengenali jenis-jenis penipuan ini agar bisa mencegahnya.

Beberapa Jenis Contoh Penipuan Bitcoin

Meskipun Bitcoin adalah mata uang virtual, tetap saja peminatnya cukup banyak. Banyaknya orang yang kini berinvestasi di Bitcoin membuat para penipu mengincarnya. Mereka juga ingin ikut mendapatkan keuntungan besar.

Berikut adalah beberapa jenis contoh penipuan Bitcoin yang sebaiknya Anda waspadai:

1. Waspadai Skema Money Game

Terdapat sebuah kasus penipuan Bitcoin dengan skema money game pada 2018 silam. Skema ini merugikan 28 ribu orang dengan total uang yang hilang lebih dari 80 juta Dollar AS. Orang-orang yang menjadi korban tertarik untuk mendapatkan keuntungan besar di Bitcoin. Keuntungan ini berupa bunga yang mencapai puluhan persen per bulan. Hanya, mereka dimnta untuk membayar setiap hari Senin.

Setelah mendapatkan sejumlah uang di minggu-minggu pertama, tidak ada lagi keuntungan yang dibagi. Bitcoin juga telah lenyap dan tak bisa didapat.

2. Waspadai Skema Program Investasi Palsu

Terdapat sebuah kasus yang memakan lebih dari 10 ribu korban di Austria. Kasus penipuan Bitcoin ini berskema program investasi palsu dan menghilangkan sekitar 12.000 Bitcoin. Jumlah ini setara dengan lebih dari 100 juta Dollar AS!

Korban diiming-imingi program investasi Bitcoin dengan keuntungan hingga 4 persen per minggu. Mereka pun menyerahkan Bitcoin yang dimiliki untuk diinvestasikan. Sayangnya, Bitcoin mereka kemudian lenyap begitu saja.

3. Waspadai Skema Scam ICO

ICO atau Initial Coin Offering ternyata bisa menjadi tempat para penipu menjalankan scam. Beberapa tahun lalu, ICO Plexcoin melakukan penipuan dan mampu menyedot data korban hingga 15 juta Dollar AS. Sebelumnya, para korban diiming-imingi keuntungan 13 kali lebih besar hanya dalam waktu satu bulan.

Mencegah Terjadinya Penipuan Bitcoin

Sebenarnya, hampir semua penipuan memiliki skema yang mirip, yakni menawarkan keuntungan besar. Hanya, Anda harus benar-benar mewaspadai tawaran keuntungan yang terlihat tidak realistis.  Sebelum memutuskan untuk mengiyakan tawaran, carilah informasi dengan lengkap tentang tawaran tersebut. Anda juga bisa mengeceknya di forum-forum Bitcoin untuk meminta pendapat dari pengguna lainnya.

Satu kunci lain yang bisa dilakukan demi mencegah penipuan Bitcoin adalah mewaspadai phishing. Banyak situs atau email yang mengatasnamakan dirinya sebagai salah satu platform Bitcoin. Padahal, mereka hanya memberikan tautan palsu yang mirip dengan aslinya. Tautan ini jika diklik akan berujung pada pencurian data dan Bitcoin.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mewaspadai dompet digital palsu. Jika sampai Anda menyimpan Bitcoin di dompet digital tersebut, tentu akan rawan dicuri. Selain yang palsu, bisa jadi ada kloning atau penggandaan dompet digital yang dilakukan penipu. Hal ini dilakukan agar pengguna kesulitan membedakan dompet digital yang asli dan yang tidak. Jika sampai salah memilih, Bitcoin pun bisa lenyap.

Jangan ragu untuk meminta saran di forum-forum Bitcoin terkait dengan dompet digital. Anda bisa dengan mudah mendapatkan referensi dompet mana yang aman dari penipuan. Selain itu, pilihlah dompet digital yang memiliki reputasi meyakinkan.

Melihat fakta ini, jangan sembarangan mengirim uang ke nomor rekening orang lain. Apalagi jika mereka menawarkan invesasi Bitcoin yang sangat menguntungkan. Sebelum bertransaksi online melalui trasfer bank, cek dulu nomor rekening/telepon tersebut di sini demi memastikan pemilik nomor tersebut penipu atau tidak.

Ada saran lain agar tidak mudah tertipu saat menggunakan Bitcoin tidak? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Baca juga: Tips Bagi Pengguna Bitcoin Pemula.