Penipuan Investasi Properti

Penipuan Investasi Properti, Cegah dengan Lakukan Tips-Tips Ini

Penipuan investasi properti masih marak terjadi. Hal ini disebabkan oleh masih tingginya peminat properti di Indonesia. Masalahnya, korban dari kasus penipuan ini tidak sedikit. Kerugian yang didapat korban juga cukup besar. Lantas, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Berbagai Cara Mencegah Penipuan Investasi Properti

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi mencegah terjadinya penipuan investasi properti. Anda pun tidak akan mudah menjadi korban dan mengalami kerugian. Berikut adalah cara-cara tersebut.

1. Pastikan untuk Selalu Mendapatkan Informasi yang Kredibel

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum terjun di dunia investasi properti adalah informasi. Pastikan bahwa informasi yang Anda dapatkan adalah yang terpercaya dan kredibel. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai macam media, baik itu media cetak, media internet, atau bahkan media sosial.

Hanya, pastikan bahwa pemberi informasi memang kredibel dan terpercaya. Sebagai contoh, Anda bisa mencarinya di situs penyedia informasi jual beli properti. Jika perlu, Anda juga bisa mencari informasi lewat agen properti profesional. Memang, hal ini bisa membuat Anda membayar lebih, namun, Anda tidak akan mudah menjadi korban.

2. Cermat Mengecek Profil Agen Properti

Kalau Anda memilih untuk mencari properti lewat agen, jangan langsung percaya. Pastikan untuk mengenali profil sang agen dengan lebih seksama. Sebagai contoh, jika perlu, Anda bisa mencari tahu alamat rumahnya atau media sosialnya. Di sana, Anda bisa mengecek kesehariannya untuk mengetahui apakah benar-benar agen profesional atau tidak.

Anda juga bisa mengecek kinerja sang agen di perusahaannya tempat bernaung. Pastikan bahwa kinerjanya memuaskan. Jika ada riwayat masalah hukum atau adanya masalah properti sebelumnya, carilah agen lainnya. Tak perlu takut, ada banyak agen properti profesional di Indonesia yang bisa Anda pilih.

3. Survei Langsung ke Lokasi Properti

Kalau Anda tertarik dengan properti baik itu tanah atau rumah, jangan ragu untuk mengeceknya secara langsung. Datanglah ke lokasinya untuk mengetahui kondisinya. Tak hanya mengecek propertinya, cek juga kondisi di sekitarnya. Bisa jadi, gambar yang Anda dapatkan di internet tidak sesuai dengan kondisi di sekitarnya.

Sebagai contoh, ada yang menyebut lokasi properti sudah ramai atau dekat dengan keramaian. Padahal, bisa jadi lokasi ini tidak memiliki akses langsung ke keramaian tersebut. Hal ini tentu bisa merugikan, bukan?

4. Cari Informasi dari Warga Sekitar

Jika Anda tertarik dengan rumah, tanah, atau properti lainnya, sebaiknya juga bertanya ke warga sekitar. Biasanya, warga sekitar memiliki informasi terkait dengan properti tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa bertanya tentang kondisi properti atau bahkan surat-suratnya.

Pendapat yang diberikan warga sekitar bisa jadi Anda gunakan untuk mengetahui apakah properti tersebut memang layak untuk dibeli atau tidak.

5. Jangan Mudah Tertarik Iming-iming Keuntungan Besar

Banyak agen properti yang menjanjikan keuntungan bagi pembeli. Sayangnya, terkadang hal ini hanyalah trik agar properti yang mereka jual laku. Satu hal yang pasti, jangan mudah percaya dengan iming-iming seperti cashback atau diskon besar. Bisa jadi, hal ini adalah tanda dari investasi bodong atau penipuan.

Meski menawarkan keuntungan, biasanya keuntungan ini dalam bentuk yang masih wajar. Logikanya, agen tetap membutuhkan keuntungan dari penjualannya, bukan?

Selain memperhatikan berbagai hal tersebut, Anda juga sebaiknya lebih cermat sebelum membeli properti. Sebelum mentransfer uang ke nomor rekening tertentu demi membayarnya, cek dulu di sini. Anda pun bisa memastikan apakah pemilik nomor rekening tersebut penipu atau tidak.

Kalau menurut Anda, ada tips lain yang bisa dilakukan sebelum membeli properti tidak? Bagikan hal ini di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Tips Membeli Properti.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124