Penipuan Jual Beli Emas

Penipuan Jual Beli Emas, Begini Cara Menghindarinya

Penipuan jual beli emas semakin sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang menjadikannya investasi. Mengingat kerugiannya bisa sangat besar, bagaimana cara menghindari penipuan jual beli emas?

Fakta Tentang Penipuan Jual Beli Emas

Pada September 2020 lalu, banyak orang tertipu dengan jual beli emas di Facebook. Akun Facebook bernama Ginceu Iluva (Gina Salsabila) menggelapkan dana miliaran Rupiah dari korban. Para korban mengaku tergiur dengan harga emas yang disediakan oleh penipu. Harganya lebih murah dari harga pasaran.

Sebagai contoh, jika membeli emas sebanyak 10 gram di pasaran bisa mencapai Rp 10 juta. Lewat akun Facebook ini, bisa dibeli Rp 7 jutaan saja. Di samping itu, cara membelinya juga sangat mudah. Pemilik akun Facebook terlihat sangat profesional. Dia sudah menyiapkan format pemberian dan emas dengan barcode yang terlihat sangat meyakinkan.

Bahkan, sang penipu sampai sudah menyiapkan bukti transfer bank palsu kepada para korbannya. Usai korban membayar sejumlah uang tertentu, pemilik akun sudah kabur membawa uang hasil kejahatannya.

Berbagai Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Emas

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan jual beli emas. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Periksa Toko

Toko emas kini tak hanya berbentuk fisik. Realitanya, ada banyak toko emas di pasaran. Jika Anda ingin membeli emas secara online, tentu harus lebih cermat. Kenali terlebih dahulu reputasi dan rekam jejak toko emas online tersebut.

Selain dengan mengecek komentar atau testimoni, Anda juga bisa meminta pendapat teman Anda. Apalagi jika teman atau keluarga tersebut sudah membeli emas di toko tersebut. Anda pun bisa memastikan apakah toko tersebut bisa dipercaya atau tidak.

2. Jangan Sembarangan Membayar Lebih

Jangan mudah tergoda dengan iklan yang seakan-akan menunjukkan potongan harga. Bisa jadi, Anda justru akan membayar lebih karena jumlah emas yang dibeli lebih banyak. Selain itu, bisa jadi ada biaya lain-lain yang justru membebani Anda.

Belilah emas dengan harga yang sesuai atau tidak terlalu berbeda jauh dengan pasaran. Hal ini lebih aman daripada berisiko mengalami penipuan.

3. Cek Kebijakan Toko

Toko emas, baik itu online atau fisik biasanya tidak menerapkan kebijakan yang menyulitkan. Sebisa mungkin, mereka justru memberikan kemudahan. Khususnya dalam membuat konsumen mudah membeli dan mendapatkan emas. Jika toko emas justru memiliki kebijakan yang berbelit-belit, Anda harus waspada. Bisa jadi toko emas ini adalah penipuan.

4. Waspada Penipuan Jual Beli Emas Sebelum Mengirim Uang

Sebelum memutuskan untuk membayar emas ke nomor rekening tertentu, waspadalah. Cek dulu nomor rekening dan nomor telepon penerimanya di sini. Jika pemiliknya adalah penipu, akan segera terlacak dan Anda pun tiadk akan mudah jadi korban.

5. Cek Proses Pengiriman

Cek proses pengiriman, asuransi, dan lain-lain dari toko emas yang Anda beli. Jika tidak ada kwitansi, cara tracking pengiriman, dan lain-lain, bisa jadi toko emas ini adalah penipuan yang sebaiknya Anda waspadai.

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman membeli emas sebelumya, khususnya di toko online? Jika iya, berikan pengalamanmu di kolom komentar agar tidak mudah tertipu, ya?

Baca juga: Investasi Emas Mudah dan Simple!

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124