Penipuan Belanja online

8 Cara Mengatasi Penipuan Online Shop

Online Shop banyak ditemui semenjak pandemi karena keterbatasan dalam aktivitas di luar rumah. Orang-orang lebih banyak mengandalkan pembelian yang meminimalisir bertemu atau menghindari kerumunan. 

Bagi Anda yang sebelum adanya pandemi lebih sering berbelanja offline, kini pun harus mengikuti jaman dengan belanja online. Belanja online dewasa ini banyak terkadi kasus penipuan. Nah, berikut ini akan jadi tips menarik bagi Anda yang baru di dunia belanja online.

Penipuan Online Shop
Source Image: Pixabay

Cara Mengatasi Penipuan Online Shop 

  1. Melaporkan ke Polisi

Untuk melaporkan tindak pidana secara langsung bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Mendatangi kantor polisi terdekat dari kejadian tindak pidana
  • Mendatangi bagian SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) selaku pelaksana tugas utama di bidang pelayanan kepolisian
  • Penyidikan terhadap suatu tindak pidana dilaksanakan berdasarkan laporan polisi dan surat perintah penyidikan

Beberapa berkas yang perlu dipersiapkan untuk melaporkan, antara lain: 

  • Bukti percakapan pembeli dengan penjual 
  • Bukti transfer. 
  1. Cek Rekening Penipuan Online Shop di Kredibel

Mencegah lebih baik daripada kena kejadian lagi bukan? Sebelum melakukan transaksi sebaiknya cek Rekening penjual atau pembeli terlebih dahulu apakah pernah dilaporkan sebagai pihak penipuan. Jika sudah ada, maka Anda perlu waspada.

Selengkapnya bisa dibaca pada artikel Cara Cek Rekening Penipuan di Kredibel

  1. Cek Nomor Telepon Online di Kredibel

Sama seperti cek rekening, Anda juga bisa mencegahnya dengan membuka situs kredibel. Apakah nomor telepon tersebut sudah pernah dilaporkan sebagai tindakan penipuan atau belum. Tunggu pengecekan dan Anda akan mendapat informasi yang dibutuhkan.

  1. Lapor Penipuan di Kredibel

Hanya dengan beberapa langkah saja Anda bisa mengatasi penipuan supaya tidak berlanjut dialami oleh orang lain. Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah untuk melaporkan penipuan dengan situs Kredibel dengan Cara Melaporkan Penipuan Online.

  1. Melaporkan Akun ke Instagram

Anda bisa melaporkan akun profile instagram penjual pada menu titik tiga bagian pojok kanan atas. 

Akan ada pertanyaan kenapa Anda melaporkan akun tersebut? Kemudian pilih Report Account.

  1. Melaporkan Post ke Instagram

Masih belum berhasil ada tindakan dari pihak instagram, Anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti melaporkan Akun. Bedanya melaporkan melalui postingan yang sudah membuat Anda dirugikan. Pilih Report Post, message or comment.

  1. Melaporkan Rekening pada Bank

Anda dapat melaporkan rekening yang sudah melakukan tindakan penipuan pada customer service bank. Apabila laporan ada bukti yang kuat dan dapat terbukti secara hukum, maka customer service akan meneruskan pelaporan.

  1. Sharing di Social Media

Tindakan penipuan layak dibagikan ceritanya pada orang lain supaya tidak terjadi hal serupa. Dengan menceritakan kronologis kejadian seperti bukti chat atau rekaman pada social media, maka semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Kredibel membantu bagi penjual ataupun pembeli untuk mencegah terjadinya penipuan. Hal yang bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak jika dalam transaksi ada tendensi untuk melakukan penipuan.