Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat WA

Penipuan Pinjaman Online Lewat WA, Beginilah Modusnya!

Penipuan Pinjaman Online Lewat WA atau WhatsApp sedang marak terjadi. Tak sedikit masyarakat kurang menyadari akan penipuan pinjaman online seperti itu. Namun seiring berjalannya waktu modus penipuan online seperti ini cukup meresahkan masyarakat ketika melakukan pengajuan pinjaman secara online. Untuk itu berikut beberapa macam-macam modus pinjaman online melalui aplikasi WhatsApp.

Penipuan Pinjaman Online Lewat WA
Source Image: Pixabay

Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat WA atau Whatsapp

  1. Meminta Akses Lebih dari Camera, Microphone, dan Location 

Maraknya oknum yang tidak bertanggung jawab dengan berkedok sebagai jasa pemberi pinjaman online, biasanya meminta persetujuan akses Lebih dari Camera, Microphone, dan Location. 

  1. Tidak Melengkapi Persyaratan dan Ketentuan

Pihak yang memberikan pinjaman online secara resmi biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipahami oleh pihak yang ingin mengajukan pinjaman online. Apabila pihak peminjam telah sepakat dan mengikuti seluruh syarat dan ketentuan yang diberikan, maka pihak penyedia jasa pinjaman online dapat menyetujuinya dan melakukan pengajuan pinjaman. 

Berbeda halnya dengan pinjaman online yang tidak resmi, biasanya pihak tersebut menawarkan pinjaman tanpa ada persyaratan. Sudah pasti itu merupakan oknum yang tidak bertanggung jawab sedang melakukan tindak penipuan online. 

  1. Modus Pinjaman Online dengan Uang Muka

Modus penipuan pinjaman online seperti ini sering tak disadari oleh masyarakat, namun bila dipikirkan dengan matang, pihak pinjaman online secara resmi tidak akan meminta uang muka kepada pihak peminjam. 

  1. Adanya Unsur Paksaan

Dalam melakukan pinjaman online, kita harus lebih jeli dan pintar dalam melakukan pinjaman. Dikarenakan hal ini dapat memicu adanya penipuan online bila kita tidak sadar terkait dengan prosedur pengajuan pinjaman online. Salah satunya adalah terkait pada pihak penyedia pinjaman ketika menjelaskan mengenai tata cara pengajuan pinjaman online. 

Apabila dalam menjelaskan mengenai cara pengajuan pinjaman online pihak tersebut menunjukkan unsur paksaan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan online

Untuk itu kita perlu lebih berhati-hati dan waspada akan adanya tindak penipuan online.  Anda dapat melaporkan tindak penipuan online dengan mengunjungi website Kredibel.co.id selain itu, anda dapat mengecek nomor telepon dan nomor rekening yang dianggap mencurigakan untuk menghindari adanya tindak penipuan online. 

Baca Juga: Cara Mengamankan Akun Whatsapp dengan Two Step Verification