Tokopedia

Modus Penipuan Tokopedia dengan Kode Verifikasi!

Ada banyak sekali modus penipuan yang dilakukan di marketplace seperti Tokopedia. Salah satu yang cukup meresahkan adalah dengan meminta kode verifikasi. Permintaan ini seperti benar-benar asli dan berasal dari Tokopedia sehingga bisa mengecoh banyak orang. Lantas, seperti apa detail modus penipuan yang sebaiknya kita waspadai ini?

verifikasi tokopedia
Source Image: Pixabay

Kenali Modus Penipu di Tokopedia

Setiap kali kita melakukan transaksi, masuk ke dalam akun, atau mengubah informasi akun Tokopedia, akan muncul permintaan kode verifikasi atau one-time password (OTP). Kode ini biasanya berupa angka enam digit yang dikirimkan via SMS, WhatsApp, surat elektronik, atau bahkan lewat panggilan telepon. Satu hal yang pasti, meski kode ini hanya bersifat sementara, harus benar-benar dirahasiakan demi menjaga akun.

Salah satu modus penipuan di Tokopedia dengan menggunakan kode verifikasi adalah adanya panggilan telepon dari seorang penipu. Panggilan ini datang dari nomor yang tidak ada di kontak kita. Biasanya, sang penelepon mengaku dari pelapak di Tokopedia atau berasal dari Tokopedia dan memberitahukan bahwa kita pernah mengikuti promo atau undian tertentu.

Jika yang menelepon mengatasnamakan diri sebagai pelapak, kita akan diberitahu tentang adanya transaksi dengan nilai jutaan rupiah. Kita pun diminta untuk segera menyelesaikan transaksi ini agar barang bisa segera diselesaikan namun bisa dengan mudah diatasi dengan memberikan kode OTP.

Jika yang menelepon menyebut kita pernah mengikuti promo atau undian tertentu, akan mengeluarkan iming-iming dengan kata “segera” atau “sebelum kehabisan”. Hal ini membuat korban seperti diburu dan harus segera mengeluarkan keputusan. Setelahnya, penelepon akan meminta kita untuk segera mengirimkan kode OTP.

Jika sampai penipu sudah mendapatkan kode OTP, maka akan mencuri data kita. Bisa jadi uang digital yang ada di dalam akun kita juga akan ikut ludes. Selain itu, beberapa transaksi yang sebelumnya kita lakukan juga tidak akan lagi bisa dilanjutkan atau bahkan hangus.

Baca Juga: Ciri Penjual yang Berpotensi Melakukan Penipuan di Tokopedia

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Tokopedia

Pastikan untuk cermat dalam memilih toko online sebelum memutuskan untuk berbelanja. Selain memperhatikan detail dengan cermat, sebaiknya mempergunakan fasilitas Chat untuk bertanya-tanya dulu seputar toko, produk yang dijual, atau cara transaksi yang dilakukan.

Selain itu, pastikan untuk tidak memberikan kode verifikasi atau OTP pada pihak lain, termasuk orang-orang yang mengatasnamakan diri dari Tokopedia. Jangan mudah percaya dengan iming-iming promo atau undian karena biasanya hal ini tidak benar.

Meski begitu, jika ada penipu yang sudah berusaha untuk masuk ke dalam akun, biasanya Tokopedia akan mengeluarkan notifikasi tentang adanya orang lain yang memasuki akun. Jika hal ini terjadi, segeralah ikuti petunjuk agar kita bisa segera mengganti kata sandi di akun tersebut.

Cara lain agar tidak mudah menjadi korban penipuan di Tokopedia adalah dengan mengecek toko online yang kita sambangi disini terlebih dahulu. Kita pun bisa memastikan apakah toko ini bisa dipercaya atau tidak.

Punya pengalaman mengalami penipuan atau hampir menjadi korban di Tokopedia? Jika ada, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya, terimakasih.

Baca juga: Tips Aman Menerima Paket di Masa Pandemi Corona.

One comment

Comments are closed.