Instagram Bisnis

Instagram Bisnis dengan Instagram Biasa, Apa Bedanya?

Instagram Bisnis adalah istilah yang masih cukup awam bagi banyak orang. Kebanyakan orang lebih mengenal Instagram biasa sebagai media sosial yang menampilkan foto dan video. Lantas, apa sih beda dari Instagram Bisnis dengan Instagram biasa?

Perbedaannya Apa?

Banyak orang berpikir jika Instagram Bisnis adalah versi berbayar dari Instagram biasa. Padahal, hal ini tidaklah benar. Instagram versi bisnis ini diciptakan bagi mereka yang ingin memaksimalkan usahanya. Platform ini juga menyediakan ruangan bagi mereka untuk menggunakan Instagram untuk berpromosi.

Membuat akun Instagram versi bisnis ini juga dilakukan dengan gratis, bukannya berbayar. Anda hanya tinggal lebih cermat dalam mengelolanya demi mengembangkan usaha.

Lantas, seperti apa sih perbedaannya?

1. Profil Akun Instagram Bisnis

Perbedaan pertama yang akan Anda temukan adalah di bagian profil. Jika Anda sudah lama menggunakan media sosial ini, pasti terbiasa dengan pilihan informasi layaknya nama, situs, hingga alamat e-mail. Memang, ada juga keterangan lain seperti profil pekerjaan atau hobi. Hanya, tidak semua orang memaksimalkan bagian ini.

Anda akan disediakan kategori profil yang lebih besar. Sebagai contoh, Anda bisa memilih kategori bisnis yang Anda geluti. Pilihan ini bisa berupa fesyen, produksi, retail, organisasi, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan keterangan lain seperti alamat atau lokasi perusahaan.

2. Menu Kontak

Di akun Instagram biasa, Anda bisa mengirim pesan ke pengguna Instagram lain lewat pilihan Direct Message atau DM. Sementara itu, di Instagram versi bisnis, Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk berkomunikasi berupa via telepon atau alamat e-mail.

Sebagaimana di ponsel atau aplikasi perpesanan, Anda juga bisa memasukkan nomor telepon dan alamat e-mail pengguna Instagram lain di menu Kontak. Pilihan ini bisa langsung dilihat dalam bagian profil akun penggunanya.

3. Fitur-Fitur Tambahan Instagram Bisnis

Di Anda akan mendapatkan fitur Insight yang terdiri dari Activity, Content, serta Audience. Di fitur Insight Content, Anda bisa mengecek seberapa banyak akun yang melihat konten yang Anda unggah sebelumnya. Anda juga bisa mengecek seberapa banyak akun yang mengecek Stories. Bahkan, Anda bisa meneliti seberapa banyak balasan serta informasi tentang unggahan Anda lainnya.

Sementara itu, di fitur Activity, Anda bisa mengecek interaksi pada akun bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengecek seberapa banyak orang mengecek profil bisnis atau tautan di bio profil. Sangat praktis, bukan?

Sementara itu, di pilihan Audience, Anda bisa mengetahui lebih detail terkait data pengikut akun. Sebagai contoh, usia, jenis kelamin, hingga lokasi followers bisa Anda cek dan pelajari di fitur ini.

Selain memaksimalkan fitur-fiturnya, Anda juga sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan. Pastikan untuk mengecek nomor rekening penerima sebelum Anda mentransfer uang untuk keperluan apapun. Apalagi jika nomor tersebut tidak Anda kenal. Anda pun bisa memastikan transfer bisa dilakukan dengan Aman. CEK DISINI!

Sudah terlanjur jadi korban? LAPORKAN disini!

Kalau menurut Anda, apakah perbedaan fitur di kedua jenis Instagram bermanfaat untuk bisnis Anda? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya?

Baca juga: Tips Menggunakan Instagram Bisnis.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124