perbedaan mobile banking dan internet banking kredibel

Apa Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking?

Mobile Banking dan Internet Banking merupakan fitur layanan transaksi yang difasilitasi oleh hampir seluruh bank. Fitur ini sama-sama mempermudah kita dalam bertransaksi. Namun seringkali masyarakat masih kebingungan terkait perbedaan mengenai Mobile Banking dan Internet Banking karena layanan ini sama-sama menggunakan internet untuk dapat digunakan. 

Sekilas mungkin fungsi yang diberikan sangat mirip, namun keduanya memiliki perbedaan. Untuk itu, jika Anda merasa butuh pemahaman untuk mengetahui perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking, simak terkait penjelasan berikut ini. 

perbedaan mobile banking dan internet banking
Image Source: Pixabay

Apa itu Mobile Banking?

Mobile Banking merupakan suatu layanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah untuk dapat mempermudah dalam melakukan proses transaksi. Mobile banking hanya dapat digunakan melalui aplikasi pada smartphone

Mobile banking memiliki banyak kegunaan yang bisa Anda dapatkan, mulai dari cek saldo, transfer antar bank, mutasi rekening, dan transaksi pembelian. 

Manfaat Mobile Banking

Layanan mobile banking benar-benar sangat membantu kita dalam kebutuhan transaksi. Hal ini dilihat dari banyaknya manfaat dari mobile banking, terutama untuk kebutuhan transaksi, kita tidak perlu lagi untuk pergi ke bank. Dengan menggunakan mobile banking pada smartphone semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah. 

Cara Menggunakan Mobile Banking

Cara mudah untuk menggunakan Mobile Banking, yaitu Anda hanya perlu memiliki aplikasi mobile banking, lalu masukan PIN atm anda yang telah didaftarkan sebelumnya, kemudian klik menu yang ingin Anda akses. 

Apa itu Internet Banking?

Internet banking merupakan layanan perbankan yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Internet banking dapat diakses melalui situs yang telah dibuat oleh pihak bank. 

Namun lain halnya dengan mobile banking, untuk menggunakan internet banking Anda harus memiliki token yang dimana token tersebut bisa didapatkan dengan mendatangi langsung ke bank terkait. 

Manfaat Internet Banking

Internet Banking memberikan kemudahan bagi kita, transaksi pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jika sebelumnya Anda harus pergi ke bank untuk bertransaksi, dengan Internet Banking hanya dengan ponsel dapat dilakukan dengan mudah. 

Cara menggunakan Internet Banking

Cara menggunakan Internet Banking lain halnya dengan Mobile Banking, untuk menggunakan Internet Banking Anda perlu memiliki token yang sudah diaktifkan. Token merupakan sebuah alat kecil yang berbentuk mirip dengan kalkulator, yang dimana token tersebut nantinya berguna untuk menjamin keamanan ketika bertransaksi serta menghindari adanya penipuan. 

Apabila Anda tidak memiliki token, Internet Banking hanya dapat digunakan untuk fitur non transaksi, yaitu hanya untuk pengecekan saldo tabungan. Untuk mengakses Internet Banking ada harus pastikan bahwa situs yang anda kunjungi merupakan URL situs web yang sudah benar. 

3 Hal Utama Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking

Meskipun sekilas terlihat mirip, Internet Banking dan Mobile Banking memiliki 3 perbedaan utama, berikut 3 hal utamanya:

1. Macam Fitur yang digunakan 

Berdasarkan fitur yang diberikan, Mobile Banking dan Internet Banking memiliki perbedaannya masing-masing, seperti untuk pada Mobile Banking Anda dapat transfer antar rekening dan antarbank, pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan, pembelian voucher dan e-commerce, dan lain-lain. Sedangkan untuk Internet Banking salah satunya Anda dapat  mengecek Informasi rekening dan kartu kredit, seperti cek saldo, histori dari transaksi, daftar rekening, serta rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, salah satunya yaitu 

3. Urgency

Mobile Banking dan Internet Banking juga memiliki perbedaan yang dapat mempermudah dalam bertransaksi, salah satunya seperti keduanya sama-sama mudah dan praktis namun untuk Mobile Banking lebih praktis digunakan karena Anda hanya perlu membuka aplikasinya. 

Inilah merupakan beberapa perbedaan dari Mobile Banking dan Internet Banking yang mudah dipahami. Diharapkan Anda dapat lebih paham akan internet banking. Anda harus tetap waspada akan penipuan online saat ini, Anda dapat melaporkan tindak penipuan online dengan mengunjungi website Kredibel.co.id selain itu, anda dapat mengecek nomor telepon dan nomor rekening yang dianggap mencurigakan untuk menghindari adanya tindak penipuan online