Tips ATM Tertelan

Solusi ATM Tertelan, Harus Bagaimana?

Solusi ATM tertelan harus Anda ketahui jika sampai mengalami masalah ini. Maklum, ATM sangatlah penting karena ada sejumlah uang di dalamnya yang harus diamankan. Meski begitu, Anda harus tetap tenang agar bisa segera mengatasinya dengan baik.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Ada beberapa hal yang bisa membuat kartu ATM sampai tertelan. Seringkali, hal ini disebabkan oleh faktor di luar kendali penggunanya. Berikut adalah penyebab-penyebab tersebut.

1. Kerusakan pada Mesin ATM

Penyebab paling sering dari kartu ATM yang tertelan adalah kerusakan pada mesin ATM. Saat Anda memakainya, tiba-tiba saja di layarnya keluar tanda bahwa mesin ATM sedang error. Masalahnya, hal ini membuat kartu ATM terjebak di dalamnya dan tidak bisa dikeluarkan.

Selain dari faktor mesin ATM yang dipakai, seringkali kerusakan mesin ini juga dipicu oleh gangguan sinyal dari satelit. Meski begitu, kebanyakan mesin ATM sudah didesain akan segera memuntahkan kartu ATM jika terjadi kerusakan. Transaksi yang sebelumnya Anda lakukan juga akan dibatalkan. Jadi, kasus ATM tertelan karena hal ini juga sudah cukup jarang terjadi.

2. Listrik Mati

Jika listrik tiba-tiba padam, maka mesin ATM juga tidak akan bisa berfungsi. Otomatis, kartu ATM di dalam mesin akan terjebak. Apalagi jika mesin tidak dilengkapi dengan penyedia daya cadangan.

3. Berturut-turut Salah Memasukkan PIN

Kasus ini sebenarnya juga jarang terjadi, namun, ada ATM yang tertelan gara-gara salah memasukkan PIN hingga berturut-turut. Hanya, seringkali jika Anda salah memasukkan PIN, kartu ATM hanya terblokir. Anda bisa segera mengurusnya kembali di kantor cabang bank terdekat.

Solusi ATM Tertelan yang perlu Anda Lakukan

Tak perlu panik, terdapat beberapa solusi ATM tertelan yang bisa Anda lakukan jika sampai mengalaminya. Berikut adalah cara-caranya.

Segera Hubungi Call Center Bank untuk Meminta Bantuan Solusi ATM Tertelan

Jika sampai kartu ATM tertelan, jangan sembarangan meninggalkannya. Segera hubungi Call Center tempat Anda memiliki rekening. Ceritakan tentang masalah Anda agar kartu ATM ini diblokir. Setidaknya, dengan cara ini, isi rekening tabungan Anda akan aman. Jika ATM keluar atau bisa dipakai lagi, tidak ada orang yang bakal bisa menyalahgunakannya.

Nomor Call Center bank bisa Anda cari lewat ponsel pintar. Hanya, pastikan Anda mengetahui nomor rekening Anda, identitas Anda, serta ibu kandung Anda. Call Center akan memastikan bahwa Anda memang pemilik asli dari rekening tersebut.

Datang Ke Kantor Cabang Bank untuk Membuat Kartu ATM yang Baru

Kartu ATM yang tertelan tidak bisa Anda ambil kembali. Mau tidak mau, Anda harus membuatnya yang baru. Alhasil, Anda harus datang ke bank untuk mengurusnya.

Siapkan surat keterangan kehilangan kartu ATM dari polisi, buku rekening, dan buku tabungan. Setelah sampai di gerbang, beritahukan kepada satpam keperluan Anda. Biasanya, Anda akan langsung diarahkan ke Customer Service.

Jika sudah dipanggil CS, biasanya Anda akan diberikan formulir pengajuan kartu ATM baru. Serahkan semua data yang diperlukan untuk mengurus hal ini. Biasanya, Anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi penerbitan kartu ATM. Jadi, siapkan sejumlah uang, ya?

Selain berhati-hati saat memakai ATM agar kartu tidak mudah tertelan, Anda juga harus berhati-hati sebelum mentransfer uang. Pastikan bahwa nomor rekening tujuan bukanlah milik penipu. Hal ini penting, apalagi jika Anda melakukan bisnis secara daring.

Cek nomor rekening tujuan di sini untuk memastikan Anda mengirim uang ke nomor rekening yang aman. Anda pun tidak akan mudah jadi korban penipuan.

Apakah Anda sudah pernah mengalami masalah ATM tertelan? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya? Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Baca juga: Waspada! Hindari 58 Toko Online Berikut yang Terindikasi Penipu