Startup Indonesia

Startup Indonesia Ini Memanjakan Kehidupan Anda

Startup Indonesia semakin berkembang pesat. Bagaimana tidak, kini, masyarakat sudah terbiasa menggunakannya. Di ponsel-ponsel banyak orang, pasti ada setidaknya satu jenis aplikasi startup yang digunakan. Keberadaan startup-startup ini memang dianggap bisa memudahkan kehidupan sehari-hari.

Beberapa Jenis Startup Indonesia yang Memudahkan Masyarakat

Startup Indonesia

Startup di Indonesia memiliki kaitan erat dengan teknologi. Mereka menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah startup-startup tersebut.

1. Startup Marketplace

Salah satu jenis startup yang sedang laris di Indonesia adalah marketplace. Beberapa nama besar seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain tentu sering kita dengar. Bahkan, di ponsel Anda, pasti ada setidaknya salah satu aplikasi dari marketplace tersebut.

Ketiga marketplace tersebut bisa memanjakan masyarakat. Tepatnya bagi mereka yang malas untuk keluar rumah untuk berbelanja. Cukup dengan menggunakan ponsel, barang yang dibutuhkan bisa dicari. Bahkan, untuk pembayaran, pilihannya juga banyak dan memudahkan. Ada yang bisa dibayar secara langsung via COD, ada juga yang bisa ditransfer. Bahkan, kini ada semacam dompet digital yang semakin memudahkan pembayaran.

Sayangnya, berbelanja di startup marketplace memiliki risiko tersendiri. Cukup banyak kasus penipuan yang tercatat di sini. Sebagai contoh, ada banyak toko online palsu. Demi mencegahnya, Anda tentu harus mengecek nomor rekening/telepon tersebut di sini terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu mencegah kemungkinan terjadinya penipuan.

2. Startup di Bidang Layanan Transportasi

Di Indonesia, kita mengenal beberapa startup layanan transportasi. Yang cukup terkenal adalah Gojek, Grab, dan Uber. Ketiganya memiliki konsep yang mirip, yakni menawarkan transportasi bagi mereka yang membutuhkan.

Tak hanya pelayanan mengantar penumpang, startup layanan transportasi ini juga memberikan layanan lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa memesan makanan, mengirimkan barang, hingga layanan kebersihan.

Cara membayar layanan ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukan top up atau seperti mengisi rekening di sebuah dompet digital. Dengan uang di dalamnya, Anda pun bisa memesan layanan apapun dari startup tersebut asalkan cukup.

3. Startup di Dunia Wisata

Anda pasti mengenal nama-nama seperti Traveloka, Pegi-pegi, Tiket, dan lain-lain. Mereka adalah startup yang bergerak di dunia wisata. Dengan menggunakan aplikasinya, Anda bisa memesan tiket transportasi umum seperti kereta, pesawat, kapal, dan lain-lain. Bahkan, Anda juga bisa memesan penginapan di tempat yang akan Anda kunjungi nantinya.

Cara pembayaran pemesanannya juga sangat mudah. Anda bisa memakai ATM, melakukan transfer bank, hingga membayar di minimarket.

4. Startup di Dunia Kuliner

Di Indonesia, ada beberapa jenis startup yang bergerak di dunia kuliner. Sebagai contoh, ada kulineran.com. Situs ini sebenarnya mirip dengan fitur Gojek, yakni Gofood. Anda bisa mencari tahu soal informasi tempat makan atau makanan yang dibutuhkan. Setelahnya, Anda bisa memesan makanan yang diinginkan. Makanan pun akan diantar ke tempat tinggal Anda.

5. Startup di Bidang Pendidikan

Anda pasti pernah mendengar Ruangguru, bukan? Startup ini bergerak di bidang pendidikan. Hanya dengan membayar sejumlah uang, Anda bisa menikmati berbagai video dan tutorial pendidikan. Anak-anak atau siapa saja yang ingin mendapatkan pengetahuan baru pun bisa dengan mudah memakainya.

Selain itu, ada startup lain bernama Nulisbuku.com. Memang, startup ini tak terkait langsung dengan pendidikan. Namun, Anda bisa menerbitkan buku yang anda tulis secara mandiri di sini. Jika Anda memiliki hobi menulis, startup ini tentu akan sangat membantu.

Ada contoh startup lain yang memudahkan kehidupan sehari-hari Anda, tidak? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya. Tetap waspada, semoga bermanfaat, dan terima kasih.